Comscore Tracker

WOW! Raja dan Ratu Belanda akan Liburan ke Danau Toba

Bisa bantu promosiin Danau Toba nih

Toba Samosir, IDN Times - Danau Toba akan kedatangan tamu istimewa nih. Yakni raja dan ratu dari Belanda: Raja Willem Alexander dan Ratu Maxima.

Sejumlah persiapan digeber agar rampung tepat waktu. Karena raja dan ratu akan berwisata ke sejumlah destinasi.

1. Raja dan Ratu Belanda akan ke Danau Toba pada pertengahan Maret 2020

WOW! Raja dan Ratu Belanda akan Liburan ke Danau TobaDirut BOPDT Arie Prasetyo (tiga dari kiri) saat memberikan keterangan pers terkait progres pembangunan pariwisata Danau Toba, Kamis (27/2) (IDN Times/Prayugo Utomo)

Kunjungan ke Danau Toba adalah rangkaian lawatan Willem dan Maxima ke Indonesia. Mereka akan berkunjung mulai 9 Maret. Sedangkan untuk Danau Toba dijadwalkan pada 13 Maret 2020.

Sebelum ke Danau Toba, mereka akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor. Dilanjutkan ke Kalimantan dan berakhir di Danau Toba.

“Raja dan Ratu Belanda akan mendarat di Silangit. Sampai saat ini kita masih melakukan sejumlah persiapan,” ujar Direktur Utama Badan Otorita Pariwisata Danau Toba (BOPDT) Arie Prasetyo, Selasa (3/3).

Baca Juga: Cerita Raja Belanda Kenang Indahnya Yogyakarta dan Danau Toba

2. Bukit Singgolom dan Siambat Dalan dipilih jadi rute kunjungan

WOW! Raja dan Ratu Belanda akan Liburan ke Danau TobaDuta besar Belanda saat meninjau lokasi Danau Toba (Dok.IDN Times/istimewa)

Sejumlah destinasi akan dikunjungi keduanya. Salah satunya asalah Bukit Singgolom di Kecamatan Tampahan Toba Samosir.

Singgolom memberikan panorama Danau Toba dengan sudut yang luas. Letaknya yang cukup tinggi, membuat panorama Danau Toba begitu indah sejauh mata memandang.

“Disana beliau akan melakukan sesi foto dengan sejumlah media massa dari Eropa,” ujar Arie.

Selain Singgolom, Willem dan Maxima akan bertolak ke Desa Siambat Dalan. Letaknya berkisar lima menit dari Singgolom.

Di sana mereka akan menikmati nuansa peradaban Batak tempo dulu. Lengkap dengan rumah adat yang sudab berusia ratusan tahun. Kini rumah-rumah itu masih dihuni keturunan marga.

“Kemudian ada sejumlah objek wisata di Samosir. Mereka akan menyebrang ke sana, kemudian kunjungan akan berakhir di Parapat  (Simalungun) untuk melakukan jumpa pers secara resmi," jelas Arie.

3. Positif untuk dongkrak angka kunjungan Wisman

WOW! Raja dan Ratu Belanda akan Liburan ke Danau Toba

Danau Toba sempat menjadi destinasi primadona bagi wisatawan asal Negeri Kincir Angin itu. Utamanya apda dekade 90-an.

Kedatangan Raja dan Ratu Belanda, kata Arie, punya dampak positif. Secara tidak langsung mereka akan mempromosikan Danau Toba yang kini ditetapkan menjadi destinasi superprioritas dan masuk dalam Unesco Global Geopark (UGG) .

“Wisman Belanda cukup tinggi waktu Bandara kita di Polonia. Sehingga banyak wisatawan Belanda ke Danau Toba.‎ Karena krisis ekonomi jadinya menurun. Semoga kunjungan ini memberikan dampak yang bagus wisatawan Belanda untuk kembali mengunjungi Danau Toba," ungkapnya.

Belanda merupakan salah satu market wisatawan yang sangat tinggi. Arie berharap dari kunjungan Raja dan Ratu Belanda, Pemerintah Indonesia melalui Garuda Indonesia dapat mendukung dengan mengembalikan penerbangan dari Amsterdam, Belanda-Bandara Kualanamu Internasional Airport (KNIA) Kabupaten Deli Serdang.

"Semoga didukung dengan penerbangan langsung dari Belanda ke Kualanamu. Tapi, kemarin ada Garuda. Tapi, suatu dan lain hal diberhentikan. Semoga dari kunjungan Raja Belanda ini, kembali diaktifkan penerbangan tersebut," pungkasnya.

Baca Juga: Dapat Dana Rp4 Triliun untuk Danau Toba, Pemda Harus Tuntaskan Konflik

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya