Comscore Tracker

Sebanyak 2.131 Siswa Lolos SNMPTN di Universitas Sumatera Utara

USU peringkat 5 peminat terbanyak tingkat nasional

Medan, IDN Times - Jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun akademik 2021/2022 sudah digelar. Sebanyak 3.631 siswa lulus di dua Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Sumatra Utara.

Data yang dihimpun, sebanyak 2.131 siswa berhasil lulus di Universitas Sumatra Utara (USU). Kemudian 1.500 mahasiswa baru di Universitas Negeri Medan.

Baca Juga: Cara Mudah Mengembalikan Chat WhatsApp yang Terhapus

1. USU tempati posisi lima peminat terbanyak

Sebanyak 2.131 Siswa Lolos SNMPTN di Universitas Sumatera UtaraUniversitas Sumatera Utara (Dok Humas USU)

Universitas Sumatra Utraa menempati peringkat ke-5 di Indonesia untuk PTN dengan jumlah peminat terbanyak. Jumlahnya mencapai 33.966 peserta pada SNMPTN tahun ini. USU juga menduduki peringkat ke sembilan yang menerima calon mahasiswa terbanyak jalur SNMPTN.

Masyarakat bisa menagkses pengumuman mahasiswa baru yang lulus SNMPTN di USU pada laman pengumuman-snmptn.ltmpt.ac.id. Untuk Unimed, para peserta bisa mengaksesnya pada laman pengumuman-snmptn.ltmpt.ac.id dan unimed.ac.id.‎

Rektor USU Muryanto Amin memberikan apresiasi kepada seluruh peserta yang lulus. Dia juga berterima kasih karena masyarakat masih menjadikan USU sebagai salah satu universitas favorit.

“Peningkatan peminat dari jalur SNMPTN mengindikasikan bahwa keinginan untuk memperoleh pendidikan di jenjang perguruan tinggi masih cukup tinggi, dengan memaksimalkan peluang dari jalur yang memberikan kemungkinan untuk mengeluarkan dana kuliah yang tidak terlalu besar. Dan ini merupakan suatu kebanggaan bagi USU, di mana USU masih sangat dipercaya sebagai institusi pendidikan yang memberikan layanan akademik terbaik,” ujar Muryanto dalam keterangan resminya, Senin (22/3/2021).

2. Ada peningkatan peserta SNMPTN di USU

Sebanyak 2.131 Siswa Lolos SNMPTN di Universitas Sumatera UtaraSumber Gambar: primaradio.co.id/

Data dari USU menunjukkan ada peningkatan peserta yang mengikuti SNMPTN di USU. Pada 2020 lalu, jumlah siswa yang mendaftar tercatat 489.601 orang. Sementara pada 2021 terdapat 595.093 siswa pendaftar SNMPTN.

Kepala Kantor Humas, Protokoler dan Promosi USU Amalia Meutia mengatakan jika para peserta yang tidak lulus bisa mengikuti jalur SBMPTN. Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan SBMPTN 2021 akan dilaksanakan pada tanggal 15 Maret hingga 1 April 2021.

"Di mana pelaksanaan UTBK akan digelar pada tanggal 12-18 April 2021 untuk Gelombang I dan tanggal 26 April sampai 2 Mei 2021 untuk Gelombang II. Pengumuman SBMPTN akan disampaikan pada tanggal 14 Juni 2021," jelas Amalia.

Terpisah, Rektor Unimed, ‎Dr. Syamsul Gultom mengatakan terjadi persaingan ketat pada pelaksanaan SNMPTN di Kampus Unimed bagi peserta. Dimana mendaftar 25.780 peserta, sedangkan yang dinyatakan lulus hanya 1500 peserta.

3. Unimed juga ajak peserta yang tidak lulus ikuti SBMPTN

Sebanyak 2.131 Siswa Lolos SNMPTN di Universitas Sumatera UtaraRektor Unimed Syamsul Gultom (dok. Humas Unimed)

Rektor Unimed Syamsul Gultom mengapresiasi para peserta yang lulus di kampusnya.  Syamsul menjelaskan bagi siswa yang belum diterima melalui jalur SNMPTN 2021, masih punya kesempatan untuk bersaing kembali di jalur UTBK-SBMPTN dan Seleksi Mandiri tahun akademik 2021/2022.

"Percayalah, jika saudara nyakin, tetap berusaha, dan serius dalam belajar, mudah-mudahan bisa lulus di antara dua jalur tersebut. Sedangkan bagi yang telah dinyatakan lulus, segeralah persiapkan seluruh dokumen yang dibutuhkan untuk daftar ulang," ujar Syamsul.

Baca Juga: 110.459 Orang Lolos SNMPTN 2021 Hari Ini, Ada Nama Kamu Gak?

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya