Pemprov Sumut Akan Beri Bantuan Rp14,7 M untuk Warga, Cek Syaratnya! 

Pangkas anggaran rapat hingga perjalanan dinas

Medan, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatra Utara akan menyalurkan bantuan kepada masyarakat terkena imbas langsung kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Bantuan akan disalurkan dalam waktu dekat sebesar Rp14,7 miliar.

Hal itu, disampaikan oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi, Keuangan, Pembangunan, Aset, dan SDA Sumut, Agus Tripriyono saat diwawancarai di Kantor Gubernur Sumut, Kota Medan.

1. Salah satu yang terdampak harus menengah ke bawah

Pemprov Sumut Akan Beri Bantuan Rp14,7 M untuk Warga, Cek Syaratnya! ilustrasi memberi dan menerima uang (IDN Times/Aditya Pratama)

Saluran bantuan uang Rp 14,7 miliar berasal transfer umum sebesar 2 persen dari APBD Sumut Rp 735 miliar. Bantuan ini, akan disalurkan seluruh sektor yang terdampak kenaikan BBM di Sumut.

"Ya, karena salah satu yang terdampak itu adalah mereka, harusnya menengah kebawah," ucap Agus.

Hal ini menjadi salah satu syarat untuk para penerima bantuan dari Pemerintah Provinsi Sumut, agar dapat memanfaatkan dengan baik.

Baca Juga: Polda Aceh Tangkap 30 Pelaku dan Sita 8 Ton BBM Subsidi di Aceh

2. Dampak kenaikan diperkirakan akan sangat dirasakan masyarakat tiga bulan kedepan

Pemprov Sumut Akan Beri Bantuan Rp14,7 M untuk Warga, Cek Syaratnya! Ilustrasi Pendapatan Daerah (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Agus mengungkapkan dampak kenaikan diperkirakan akan sangat dirasakan masyarakat tiga bulan kedepan. Sehingga Pemerintah harus memberikan bantuan agar tidak imbas secara signifikan kepada masyarakat.

"Itu akan berdampak semua yang lebih parah, nanti 3 bulan yang akan datang. Dampak dari kenaikan ini akan mempengaruhi keuangan pendapatan masyarakat khususnya menengah ke bawah," tutur Agus.

Begitu juga, Agus menjelaskan dampak dirasakan masyarakat dengan ekonomi ke atas, akan menarik dan pribadinya dari Bank untuk memenuhi kebutuhan. Sehingga Pemprov Sumut, harus menyiapkan langkah-langkah antisipasi dampak terburuk.

"Tapi, kalau menengah ke atas ini juga menjadi persoalan. Karena dia akan mengambil dananya di bank-bank karena dia butuh hidup juga. Jadi, kalau ini sampek terjadi. Tidak segera kita atasi ini, akan menyulitkan kita kedepan," ucap Agus.

3. Bantuan ini akan pangkas sejumlah anggaran dan alihkan terkena dampak naik BBM

Pemprov Sumut Akan Beri Bantuan Rp14,7 M untuk Warga, Cek Syaratnya! Warga menerima uang baru yang ditukarkan pada mobil kas keliling (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Agus menyebutkan tidak sampai disitu saja memberikan bantuan. Pemprov Sumut akan memangkas sejumlah anggaran dan mengalihkan untuk membantu masyarakat terkena dampak langsung kenaikan BBM.

"2 persen dari APBN dana transfer umum ada kita menyiapkan belum dihitung. Tetapi, seperti dana-dana rapat, kunjungan, insentif, perjalanan dinas. Ini semua kita hentikan, kita programkan untuk kepentingan kepentingan rakyat. Dari tingkat yang sangat tersentuh akibat kenaikan BBM," tutur Agus.

Baca Juga: Mencuri Uang Hasil Penggeledahan, 4 Polisi di Medan Akhirnya Dibui

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya