May Day 2019, Ada Hiburan untuk Buruh di Lapangan Merdeka Medan 

Kapolda Sumut : Saya ini buruh juga ya...

Medan, IDN Times – Perayaan May Day 2019 biasanya disimbolkan dengan unjuk rasa penyampaian aspirasi buruh. Namun sebagian buruh ada yang memilih ikut merayakan May Day dalam acara yang dibuat oleh pemerintah.

Dalam May Day di Kota Medan, Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara sudah menyiapkan acara hiburan untuk buruh. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, sebagian buruh akan diakomodir ke dalam beberapa acara.

1. Polda Sumut siapkan hiburan buruh di Lapangan Merdeka Medan

May Day 2019, Ada Hiburan untuk Buruh di Lapangan Merdeka Medan Pegawai pabrik (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Kapolda Sumut Irjen Agus Andrianto mengatakan, polda akan menyediakan pentas hiburan untuk buruh. Acara digelar di Lapangan Merdeka Medan, Rabu (1/5) mendatang.

“Saya ini kan buruh juga sih, buruhnya negara. Mari sama-sama kita upayakan hari ulang tahun buruh secara bersama-sama. Nanti pada tanggal 1 May, mari kita sama-sama ngumpul untuk berpesta merayakan Hari Buruh pada 1 mei nanti di Lapangan Merdeka,” ujar Agus, Senin (29/4).

Selain Polda Sumut, Polrestabes Medan juga akan membuat acara serupa. Kegiatan bersama Pemko Medan itu akan digelar di Lapangan Benteng.

Baca Juga: May Day 2019, Buruh Tolak Joget Bareng Pemerintah

2. Polda ingin perayaan May Day bisa berjalan tertib

May Day 2019, Ada Hiburan untuk Buruh di Lapangan Merdeka Medan Dok. IDN Times/ Istimewa

Agus menyampaikan apresiasinya kepada masyarakat Sumut. Selama ini, keamanan Sumut bisa terwujud karena partisipasi masyarakat. Dia berharap, perayaan May Day nanti bisa berjalan damai.

"Tentunya akan sangat berbahagia sekali. Kita akan bikin perayaan yang sama (dengan aksi demo). Yang mau unjuk rasa kita minta tertib, kalau boleh jangan lagi ditunggang-tunggangi. Karena itu kan hari libur, harusnya gak boleh. Lebih bagus kita kumpul merayakan pesta merayakan Hari Buruh Internasional. Kita akan ada kuliner makanan rakyat," sebutnya. 

3. Kelompok FSPMI tolak acara joget dengan pemerintah

May Day 2019, Ada Hiburan untuk Buruh di Lapangan Merdeka Medan Reuters/Stringer

Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Sumut menolak tegas acara May Day yang diselenggarakan oleh pemerintah provinsi ataupun kabupaten kota. Kegiatan seperti itu dianggap hanya menghabiskan uang pemerintah.

“Itu adalah kegiatan hura-hura seperti berjoget dengan musik dan iming-iming pembagian hadiah untuk para buruh. Ini sangat tidak pantas dilakukan di hari buruh yang memiliki sejarah kelam dalam meraih kesejahteraan buruh,” kata Willy Agus Utomo, Ketua FSPMI Sumut.

Rencananya, buruh dari FSPMI akan mengepung Kantor Gubernur Sumut. Mereka akan menyampaikan aspirasi terkait keluhan buruh selama ini. Mulai dari upah murah hingga penolakan terhadap PP Nomor 78 tahun 2015.

Sejauh ini, ada beberapa titik unjuk rasa buruh. Aksi unjuk rasa buruh bakal digelar di Bundaran Jalan Gatot Subroto dan Kantor Gubernur Sumut.

Baca Juga: Tabrak Pohon, Polisi Pengawal Logistik Pemilu di Siantar Meninggal

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya