Comscore Tracker

Libur Natal dan Tahun Baru, Kunjungan ke Samosir Tembus 35 Ribu Orang

Destinasi wisata di Danau Toba terus membaik

Medan, IDN Times – Danau Toba menjadi salah satu destinasi yang paling diminati saat liburan Natal dan Tahun Baru 2020. Angka kunjungan ke destinasi wisata superprioritas itu terus menunjukkan perbaikan.

Saat libur Natal dan Tahun Baru, Danau Toba disesaki pengunjung dari berbagai daerah. Tingkat hunian hotel pun nyaris 100 persen. Susah mencari hotel yang kosong atau pun belum dibooking.

Lokasi yang paling diminati wisatawan adalah Samosir. Menyusul, sejumlah destinasi di sana yang terus memperbaiki pelayanannya.

1. Tembus 35 ribu wisatawan selama 11 hari libur natal dan tahun baru

Libur Natal dan Tahun Baru, Kunjungan ke Samosir Tembus 35 Ribu OrangDirektur Utama BOPDT Arie Prasetyo (IDN Times/Prayugo Utomo)

Direktur Utama Badan Otorita Pariwisata Danau Toba (BOPDT) Arie Prasetyo menjelaskan jika wisatawan yang datang ke Samosir menembus angka 35.120 orang. Kunjungan itu terhitung sejak tanggal 20 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020.

“Ini merupakan hasil yang baik. Memberikan dampak yang baik juga bagi para pelaku wisata dan masyarakat di seputaran Danau Toba,” ungkap Arie, Jumat (3/1).

Baca Juga: Infrastruktur Danau Toba Rampung 2020, Kunjungan Meningkat Perlahan

2. PAD Samosir terus membaik

Libur Natal dan Tahun Baru, Kunjungan ke Samosir Tembus 35 Ribu OrangPeserta Solu Bolon beradu cepat di Danau Toba, Selasa (10/12). (IDN Times/Prayugo Utomo)

Angka kunjungan itu juga berdampak pada Pendapatan Anggaran Daerah (PAD). Tercatat, Samosir mendapat Rp212.494.000 selama 11 hari. PAD itu didapat dari bea retribusi sejumlah destinasi di Samosir.

"Dari data ini, memberikan gambaran, multiplier effect yang cukup bagus bagi sektor pendapatan pada sektor bisnis yang lain, seperti rumah makan, tingkat hunian hotel dan home stay yang meningkat dan hampir 100 persen untuk tingkat hunian dan  demikian juga sektor-sektor lainnya," tutur Arie.

3. Infrastruktur di Danau Toba terus digeber untuk tingkatkan kunjungan

Libur Natal dan Tahun Baru, Kunjungan ke Samosir Tembus 35 Ribu Oranginstagram.com/@kemenpar

Hingga saat ini pemerintah tengah menggeber pengerjaan sejumlah infrastruktur pendukung di Danau Toba. Infrastruktur yang ditarget rampung di antaranya adalah, jalan tol Tebingtinggi-Pematang Siantar, peningkatan kualitas jalur kereta api Medan – Pematang Siantar, Bandara Silangit (Tapanuli Utara) dan sejumlah pelabuhan.

“Kita juga bicara juga mengenai penyelesaian pelabuhan-pelabuhan di Danau Toba. Totalnya ada sembilan. Termasuk yang baru di kawasan Tongging. Jadi Tongging ini juga baru diputuskan akan diselesaikan di akhir tahun 2020,” ungkap Arie.

Ada sembilan pelabuhan yang direnovasi dan dalam proses pembangunan. Antara lain, Ajibata, Ambarita, Tigaras, Simanindo, Balige, Onanrungu, Muara, Sipinggan dan Tongging.

“Jadi Tongging ini juga relatif baru diputuskan akan diselesaikan di akhir tahun 2020. Bukan hanya platform pelabuhannya, tetapi juga bangunan-bangunan terminal dan akan dikelola secara profesional,” ungkap Arie.

Nantinya, para penumpang juga bisa menikmati teknologi di pelabuhan. Misalnya,  untuk membeli tiket, tidak perlu lagi mengantre. Penumpang bisa melakukan pre-booking tiket via aplikasi.

“Semoga ini menjadi milestone yang baik ya. yang menunjukkan bahwa angka kunjungan kita sudah meningkat," sebut Arie.

Baca Juga: Sport Tourism Bakal Digeber untuk Tingkatkan Wisata di Danau Toba

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya