Lebih 200 Ribu Orang Ikut Vaksinasi Lantatur di Medan

Vaksinasi di Sumut terus digeber

Medan, IDN Times – Angka kasus COVID-19 di Sumatra Utara terus mengalami peningkatan setiap harinya. Peningkatan kasus harian dalam sepekan terakhir di atas 150-an kasus.

Hari ini Sabtu (26/6/2021) bahkan, kasus COVID-19 kembali meroket. Peningkatan kasus nya mencapai 220 dari hari sebelumnya. Peningkatan ini membuat akumulasi kasus COVID-19 Sumut mencapai 35.610 kasus. Kemudian, sudah 31.443 orang sembuh dan 1.175 orang meninggal dunia. Dari jumlah kasus itu, Medan menjadi daerah penyumbang terbanyak dengan 18.009 kasus.

Vaksinasi terus digeber di tengah peningkatan kasus yang cukup masif. Sejumlah tempat di Medan menjadi lokasi vaksinasi masal. Salah satunya di Lanud Soewondo.

Untuk efisiensi dan mencegah kerumunan, di Lanud Soewondo juga digelar vaksinasi dengan Layanan Tanpa Turun (Lantatur) atau Drive thru. Vaksinasi Lantatur ini dilaksanakan oleh Halodoc. Salah satu aplikator layanan kesehatan daring.

1. Lebih dari 200 ribu dosis vaksin sudah disuntikkan di Kota Medan

Lebih 200 Ribu Orang Ikut Vaksinasi Lantatur di MedanVaksinasi Lantatur di Lanud Soewondo, Kota Medan, Selasa (6/4/2021). (IDN Times/Prayugo Utomo)

VP Government Relations and Corporate Affairs Halodoc Adeline Hindarto menjelaskan, sejak awal pihaknya membantu pemerintah dalam melakukan percepatan vaksinasi. Pertama kali mereka menggelar vaksinasi di Kemayoran.

“Kita memang lebih banyak membantu untuk vaksinasi prioritas lansia,” ungkap Adeline, Jumat (26/6/2021) malam.

Kemudian, vaksinasi pun digelar di Medan. Lantaran saat itu kebutuhan di Kota Medan juga cukup urgent. “Saat ini kita sudah melakukan vaksinasi kepada sekitar 200 ribu dosis vaksin di Kota Medan,” ungkapnya.

Baca Juga: Satu Jutaan Warga Sumut Sudah Vaksinasi, Baru 45 Persen Target Awal

2. Halodoc target suntikkan vaksin kepada 1.000 orang

Lebih 200 Ribu Orang Ikut Vaksinasi Lantatur di MedanVaksinasi Lantatur di Lanud Soewondo, Kota Medan, Selasa (6/4/2021). (IDN Times/Prayugo Utomo)

Halodoc punya target melakukan vaksinasi terhadap 1.000 orang per hari. Sampai saat ini, peserta baru mencapai 700-800 orang per hari.

Selama ini, Halodoc menarget mulai dari Lansia, pra lansia, tenaga pendidik dan lainnya. Sesuai arahan pemerintah, saat ini pihaknya juga sudah membuka layanan untuk usia 18 tahun ke atas.

Sosialisasi pun terus digalakkan supaya masyarakat punya minat untuk melakukan vaksinasi. Selama menggelar vaksinasi lantatur di Lanu Soewondo, cuaca menjadi tantangan tersendiri.

“Mmemang lebih ke cuaca. Kalau ekstrim cuacanya, kita harus berhenti dulu. Kita selalu mengikuti arahan pemerintah. Kita dari swasta hanya bisa membantu untuk pelaksanaannya,” ungkapnya.

3. Vaksinasi dosis pertama di Sumut sudah mencapai 45 persen dari target 2,2 juta orang

Lebih 200 Ribu Orang Ikut Vaksinasi Lantatur di MedanVaksinasi Lantatur di Lanud Soewondo, Kota Medan, Selasa (6/4/2021). (IDN Times/Prayugo Utomo)

Data yang dihimpun dari laman vaksin.kemkes.go.id per Sabtu (26/6/2021), saat ini Sumut sudah mencapai 45,05 persen (dosis pertama) atau 1.004.631 orang dari target awal 2,2 juta orang dari kalangan Lansia, petugas publik hingga SDM kesehatan.

Sementara untuk dosis kedua, jumlahnya baru menyentuh angka 503.011 orang atau 22,56 persen.

Baca Juga: Daftar RS untuk Vaksinasi Tanpa Syarat Domisili, Cek Lokasi di Medan!

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya