Jimmy Bernando Panjaitan Dilantik Jadi Direktur Utama BPODT

Jadi angin segar pengembangan Danau Toba

Medan, IDN Times – Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) akhirnya punya pimpinan baru. Kursi Direktur Utama BPODT dipercayakan kepada Jimmy Bernando Panjaitan. Dia baru saja dilantik oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno.

Pelantikan digelar secara hybrid di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Senin (29/3/2021) siang.

Jimmy dilantik bersama tiga orang pejabat Badan Pelaksana Otorita Pariwisata (BPOP) antara lain, Direktur Industri dan Kelembagaan Pariwisata pada Badan Pelaksana Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores, Direktur Destinasi Pariwisata pada Badan Pelaksana Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores, serta Direktur Pemasaran Pariwisata pada Badan Pelaksana Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores.

Menteri Sandiaga juga menjabat 12 orang pejabat fungsional di lingkungan Kemenparekraf/Baparekraf.

Dari informasi yang dihimpun, Jimmy Bernando Panjaitan juga merupakan salah satu direktur (sales director) PT Oracle Indonesia dari grup Oracle Corporation. Sebuah perusahaan pengembang manajemen teknologi informasi (TI) dan perangkat lunak basis data.

1. Menpar Sandi minta para Dirut BPOP gerak cepat

Jimmy Bernando Panjaitan Dilantik Jadi Direktur Utama BPODTPelantikan empat kepala Badan Pelaksana Otorita Pariwisata (BPOP) di Kementerian Pariwisata, Senin (30/3/2021). (Dok Kemenparekraf)

Dalam keterangan resmi Kemenparekraf disebutkan, pelantikan pejabat BPOP merupakan upaya dalam mendorong percepatan penyiapan infrastruktur di lima destinasi super prioritas yang menjadi perhatian Presiden Joko Widodo. Sementara, perubahan birokrasi dari jabatan struktural ke fungsional merupakan wujud birokrasi yang dinamis, adaptif, lincah (agile), dan profesional dalam mendukung kinerja pemerintah terhadap publik..

“Saya mengucapkan selamat kepada para pejabat yang dilantik pada hari ini dan harus siap segera gercep (gerak cepat), geber (gerak bersama), dan gaspol (garap semua potensi lapangan kerja) untuk melaksanakan tugas dan fungsi dalam memajukan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” kata Sandiaga dalam sambutannya.

Baca Juga: Duh Malunya! 10 Status Medsos Ketahuan Comot Gambar dari Internet

2. Sandi berharap koordinasi bisa diperkuat

Jimmy Bernando Panjaitan Dilantik Jadi Direktur Utama BPODTPelantikan empat kepala Badan Pelaksana Otorita Pariwisata (BPOP) di Kementerian Pariwisata, Senin (30/3/2021). (Dok Kemenparekraf)

Sandi berharap, Badan Pelaksana Otorita bisa melaksanakan koordinasi dan sinkronisasi  koordinasi dan sinkronisasi dapat terwujud. Mulai dari perencanaan sampai dengan pengendalian di kawasan pariwisata yang sesuai dengan fungsi koordinasi, serta melakukan perencanan, pengembangan, pembangunan, pengelolaan, dan pengendalian dalam kawasan otoritatifnya. Baik itu di Danau Toba, Borobudur, maupun Labuan Bajo Flores.

Di samping itu, perubahan birokasi dari structural base menjadi functional base akan diikuti dengan pengelolaan jabatan fungsional dan pengembangan karir jabatan fungsional, sehingga dapat meningkatkan produktivitas kerja dan profesionalitas ASN (Aparatur Sipil Negara) organisasi birokrasinya. Karena jabatan fungsional lebih mengedepankan keahlian dan keterampilan pada jabatan.

“Ke depan, jabatan fungsional akan menjadi basis pada pola karir, dimana para pejabat fungsional ini sangat terbuka untuk berkompetisi pada pengisian jabatan pimpinan tinggi,” ujar Sandiaga.

3. Pembangunan infrastruktur Danau Toba terus digeber

Jimmy Bernando Panjaitan Dilantik Jadi Direktur Utama BPODTPanorama Pulau Samosir dilihat dari Toba dari The Kaldera Toba Nomadic Escape, Toba Samosir (IDN Times/Prayugo Utomo)

Sandi berharap, para pejabat yang baru dilantik bisa terus meningkatkan kualitas, dedikasi, higga loyalitas. Sehingga kinerja Kemenparekraf secara keseluruhan dapat meningkat.

“Mari kita saling mendukung satu sama lainnya, karena saya sangat yakin dengan teamwork yang baik untuk suatu organisasi, akan menghasilkan kualitas organisasi yang lebih baik lagi. Para pejabat, ini amanah, mari junjung tinggi dengan penuh integritas. Sekali lagi saya mengucapkan selamat bertugas kepada para pejabat yang dilantik hari ini,” ujar Sandiaga.

Sampai saat ini, pembangunan infrastruktur pendukung kepariwisataan Danau Toba terus digeber. Mulai dari pembangunan jalan tol, kawasan otorita, sejumlah pelabuhan hingga infrastruktur pendukung lainnya. Sandi juga sudah beberapa kali meninjau perkembangan pembangunan di danau terbesar di Asia Tenggara itu.

Baca Juga: Menparekraf Sandiaga Uno Akan Sulap Kesawan Jadi Kitchen Of Asia

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya