Janji Hasanuddin usai Dilantik Jadi Pj Gubernur Sumut

Mendagri berpesan agar minta masukan gubernur

Medan, IDN Times – Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian resmi melantik Hassanudin menjadi penjabat Gubernur Sumatra Utara, Selasa (5/9/2023). Mantan Panglima Kodam I Bukit Barisan itu resmi menggantikan Edy Rahmayadi yang berakhir masa jabatannya.

Hasanuddin resmi memimpin Sumut sampai gubernur baru terpilih pada Pemilu 2024. Hassanudin mengatakan, dirinya akan melanjutkan kerja-kerja Edy Rahmayadi.

“Sebagaimana yang telah disampaikan Mendagri tadi, melanjutkan apa yang sudah baik, demi kesejahteraan Sumut. Harapannya kita tidak jadi golongan yang merugi, kita harus senantiasa melakukan yang terbaik, demi kesejahteraan Sumut,” katanya di Gedung Sasana Bahkti Praja, Kemendagri, Jakarta.

1. Penjabat harus minta masukan ke gubernur sebelumnya

Janji Hasanuddin usai Dilantik Jadi Pj Gubernur SumutGubernur Edy Rahmayadi pamit ke jajarannya, Jumat (2/9/2023). Masa jabatan Edy sebagai gubernur berakhir pada 5 September 2023. (Dok Diskominfo Sumut)

Sementara itu Mendagri Tito Karnavian mengatakan, para Penjabat Gubernur sangat menentukan masa depan daerah yang dipimpin. Ia pun meminta para penjabat yang baru dilantik agar terus meminta masukan dari pejabat yang lama.

“Hal positif dari pejabat yang lama diteruskan, kalau ada yang kurang lakukan koreksi, dan terus lakukan hubungan dengan pejabat yang lama,” kata Tito.

Baca Juga: Edy Akui Gagal Wujudkan Visi Misinya 100 Persen Sebagai Gubernur

2. Mendagri ingatkan soal netralitas di tahun politik

Janji Hasanuddin usai Dilantik Jadi Pj Gubernur SumutHassanudin resmi dilantik menjadi Penjabat Gubernur Sumatra Utara, Selasa (5/9/2023). (Dinas Kominfo Sumut)

Tito berharap, amanah sebagai penjabat kepala daerah bisa dijaga. Para penjabat gubernur pada dasarnya pengisi kekosongan pimpinan. Dia juga berpesan sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) harus terus mengambil posisi netral pada tahun politik.

“Saya minta di tahun politik mengambil posisi netral, tidak politik praktis, tapi membangun daerahnya masing-masing,” ujar Tito.

3. Selain Sumut, Tito juga melantik penjabat daerah lainnya

Janji Hasanuddin usai Dilantik Jadi Pj Gubernur SumutHassanudin resmi dilantik menjadi Penjabat Gubernur Sumatra Utara, Selasa (5/9/2023). (Dinas Kominfo Sumut)

Tito juga menyebut, pelantikan Pj Gubernur hari ini merupakan hari bersejarah. Menurutnya, penjabat gubernur yang dilantiknya akan memimpin daerah-daerah yang penting dan strategis. Secara khusus, Tito juga menyebut Sumut sebagai provinsi terbesar di Sumatera.

Selain Hasanudin, ada sejumlah penjabat gubernur yang dilantik hari ini. Dia antaranya Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin,  Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, Gubernur Kalbar Harrison Azroi,  Pj Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya, Pj Gubernur Sulsel Bachtiar Baharuddin, Pj Gubernur Sulawesi Tenggara Andap Budhi, Pj Gubernur NTT Ayodhia Kalake dan Pj Gubernur Papua Ridwan Rumasukun.

Baca Juga: Pensiunan TNI Hasanuddin Pj Gubernur Sumut, Edy: Takutlah Dia Samaku

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya