Comscore Tracker

BMKG Ingatkan Gelombang Tinggi di Perairan Sumut-Aceh

Potensi hujan di Sumut masih tinggi

1. Potensi gelombang di perairan Sabang hingga Simeulue diprediksi mencapai 3,5 meter

BMKG Ingatkan Gelombang Tinggi di Perairan Sumut-AcehUnspalsh/Breno Machado

Sugiyono menjelaskan, gelombang dengan ketinggian 1,5 sampai 3,5 meter diperkirakan juga melanda perairan utara Sabang, Selat Malaka dan timur Pulau Simeulue, Aceh.

Kemudian gelombang tinggi juga berpotensi terjadi dari perairan Timur Simeulue Kepulauan Nias di Sumut, lalu barat Simeuleu sampai Kepulauan Mentawai di Sumbar dan Samudera Hindia barat Sumatra.

"Gelombang tinggi ini akibat angin di wilayah perairan Sumatra bagian utara bertiup dari arah timur hingga barat dengan kecepatan sampai 15 knot," terangnya.

Baca Juga: Indonesia Sekarang Terasa Panas? Ini Penjelasan BMKG

2. Transportasi laut diingatkan waspadai risiko keselamatan pelayaran

BMKG Ingatkan Gelombang Tinggi di Perairan Sumut-AcehIlustrasi Kapal Feri (Kapal Penyeberangan) (IDN Times/Sukma Shakti)

Sugiyono mengimbau agar transportasi di laut memperhatikan risiko keselamatan pelayaran, seperti perahu nelayan, kapal tongkang, kapal feri, kapal kargo dan lain sebagainya.

"Kita juga mohon supaya masyarakat yang tinggal, dan beraktivitas di pesisir pantai mewaspadai  gelombang tinggi ini," jelas Sugiyono.

3. Curah hujan di Sumut tinggi

BMKG Ingatkan Gelombang Tinggi di Perairan Sumut-AcehIlustrasi Hujan. IDN Times/Sukma Shakti

BBMKG Wilayah I Medan mengingatkan masyarakat tentang potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di lereng barat, lereng timur, dan pegunungan di Sumatera Utara. Hujan yang deras bisa berpotensi pada banjir.

"Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat tersebut dapat berpotensi mengakibatkan longsor dan banjir," kata Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan, Martha R. Manurung.

Secara umum ia menyebutkan kondisi cuaca di Sumatera Utara pada siang hari berawan dan berpotensi hujan ringan hingga lebat di Kepulauan Nias, Langkat, Tapanuli Utara, Mandailing Natal, Simalungun, Humbang Hasundutan, Samosir, dan sekitarnya.

Pada sore-malam hari berpotensi hujan sedang hingga Lebat di Kepulauan Nias, Medan, Langkat, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Asahan, Labuhan Batu Utara, Labuhan Batu, Mandailing Natal, Tapanuli Utara, Samosir, Humbang Hasundutan, Dairi, Karo, Simalungun, Toba, dan Sekitarnya

Dini hari berawan, berpotensi hingga Hujan ringan di wilayah di Labura, Labuhanbatu, Labusel, Asahan, Batubara, Serdang Bedagai, Deli Serdang, Langkat, Batubara, Medan, dan sekitarnya.

Suhu udara 24.0-31.0 derajat Celcius, kelembapan udara 65-99 persen, angin berhembus dari barat laut-tenggara dengan kecepatan 10-30 km/jam.

Baca Juga: Panas Terik di Medan, Ternyata Ada Gangguan Cuaca di Laut Cina Selatan

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya