Comscore Tracker

Bertemu Wali Kota Bobby, P3KS Promosikan Babura Urban Initiative

P3KS komitmen ubah stigma terhadap Kampung Sejahtera

Medan, IDN Times - Perkumpulan Pemuda Pemudi Kampung Sejahtera (P3KS) terus menggencarkan kegiatan untuk merubah stigma wilayah itu. Dulunya kawasan ini dikenal dengan nama Kampung Kubur. Kawasan yang dikenal sebagai basis peredaran narkoba. Namun perlahan, dengan berbagai kegiatan positif, stigma kampung tersebut perlahan berubah.

P3KS pun menemui Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution, Selasa (15/6/2021). Dalam silaturahmi itu, P3KS banyak berdiskusi tentang bagaimana kondisi Kampung Sejahtera terkini. P3KS-pun memaparkan kegiatan bertajuk ‘Urban Initiative’ yang akan digeber di Kampung Sejahtera.

Baca Juga: Soal Sekolah Tatap Muka di Sumut, Gubernur Edy: Tanya Sama Tuhan!

1. Bobby mendukung berbagai kegiatan P3KS

Bertemu Wali Kota Bobby, P3KS Promosikan Babura Urban InitiativeSilaturahmi P3KS denga Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution, Selasa (15/6/2021). (Dok Pemko Medan)

Wali Kota Bobby mengapresiasi berbagai upaya P3KS. Selama ini, P3KS memang banyak menggelar kegiatan positif dengan menggandeng berbagai komunitas.

Bobby pun mendukung kegiatan pengembangan kebudayaan di Kampung Sejahtera. Salah satunya adalah kegiatan nikah masal antaretnis yang akan digelar di sana. Bobby berharap P3KS bisa menggelarnya bertepatan dengan HUT Kota Medan ke-431 pada Juli mendatang.

"Konsep program yang ditawarkan menarik. Mengusung tema kebudayaan dan ada unsur sosial di dalamnya. Kalau bisa, dilaksanakan lebih awal dari yang dijadwalkan sebelumnya, tepatnya saat HUT Kota Medan, sehingga lebih momentum dan diharapkan jadi ikon baru ke depannya," kata Bobby

2. P3KS juga terus melestarikan lingkungan di kawasan Sungai Babura

Bertemu Wali Kota Bobby, P3KS Promosikan Babura Urban InitiativeSilaturahmi P3KS denga Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution, Selasa (15/6/2021). (Dok Pemko Medan)

Dalam Urban Intiative, P3KS ingin menggalakkan upaya konservasi di Sungai Babura. Upaya ini pun langsung mendapat sambutan positif dari menantu Presiden Joko Widodo itu. Apalagi tujuannya untuk mengoptimalkan potensi Sungai Babura sebagai destinasi wisata air.

“Hal ini sejalan dengan program kita untuk menjadikan sungai sebagai teras depan sehingga manfaatnya bisa dirasakan masyarakat. Sebab, saat ini Pemko Medan fokus untuk membenahi sungai, oleh sebab itu butuh dukungan dari semua pihak termasuk P3KS. Kami juga berharap, inovasi dan semangat kampung sejahtera menjadi contoh bagi kawasan-kawasan lain untuk berbenah. Pada dasarnya, semua akan dapat berubah jika masyarakatnya memiliki semangat yang sama untuk berubah lebih baik," pungkasnya.

3. Urban Initiative menjadi wadah pemberdayaan masyarakat Kampung Sejahtera

Bertemu Wali Kota Bobby, P3KS Promosikan Babura Urban InitiativeSilaturahmi P3KS denga Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution, Selasa (15/6/2021). (Dok Pemko Medan)

Sementara itu Ketua P3KS Ainurasid mengatakan, sampai saat ini komunitasnya tetap berkomitmen untuk mengawal pengembangan Kampung Sejahtera. Dia juga menjelaskan, Babura Urban Initiative akan menjadi wadah pemberdayaan masyarakat sekaligus penataan sungai.

"Kami menilai program ini sejalan dengan semangat Bapak Wali Kota hari ini untuk membenahi sungai. Selain itu, masyarakat juga bisa memanfaatkannya sebagai tempat untuk mencari nafkah dengan cara yang lebih baik. Untuk itu kami mohon dukungan dari Pemko Medan sehingga wajah kampung sejahtera semakin berwarna dan sebagai bentuk kontribusi bagi Kota Medan," terang Aminurasid.

Baca Juga: Guru Sudah Divaksinasi, Wali Kota Bobby: Medan Siap Belajar Tatap Muka

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya