Badko HMI Sumut Gelar Mudik Gratis untuk Mahasiswa yang Mau Nyoblos  

Hasbi Silalahi : Milenial jangan golput yah....

Medan, IDN Times – Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam Sumatera Utara (Badko HMI Sumut) membuat gebrakan. Mereka memberangkatkan mahasiswa untuk mudik ke kampung halaman, Senin (15/4), agar bisa menyalurkan hak suaranya pada Pemilu 17 April nanti.

Para mahasiswa begitu antusias untuk ikut mudik gratis. Targetan mudik gratis adalah untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada pemilu di Sumatera Utara.

1. Mudik gratis diharapkan tekan angka Golput di kalangan milenial

Badko HMI Sumut Gelar Mudik Gratis untuk Mahasiswa yang Mau Nyoblos  IDN Times/Prayugo Utomo

Ketua Umum badko HMI Sumut, Alwi Hasbi Silalahi mengatakan, mudik gratis yang diselenggrakan setidaknya bisa menekan angka Golongan Putih (Golput) di kalangan milenial.

Menurutnya, saat ini  apatisme dalam pemilu cenderung tinggi khususnya milenial. Banyak faktor yang mempengaruhi. Salah satunya adalah, karena pemilih tidak bisa pulang ke kampung halaman karena kesibukan.

“Targetnya para milenial yang didominasi mahasiswa dari Kota Medan. Kita berharap, mereka ini juga bisa mengajak orang-orang di kampung halamannya untuk memilih. Kalau pilihannya itu terserah. Tapi mereka harus ikut berpartisipasi dalam pesta demokrasi,” ujar Hasbi.

2. Total 9 bus akan berangkat dalam dua gelombang

Badko HMI Sumut Gelar Mudik Gratis untuk Mahasiswa yang Mau Nyoblos  IDN Times/Prayugo Utomo

Hasbi memberangkatkan langsung para mahasiswa yang akan mudik. Gelombang pertama pada Senin (15/4), ada tiga bus yang berangkat dari Komplek MMTC, Kota Medan.

Gelombang pertama ada 120 mahasiswa dari berbagai kampus di Kota Medan. Sedangkan gelombang kedua lebih  dari 300 mahasiswa yang akan diberangkatkan.

Bus akan menempuh rute Pantai Timur dengan tujuan akhir Kecamatan Gunungtua,  Kabupaten Padanglawas Utara, Sumut.

“Untuk gelombang kedua akan berangkat, Selasa (16/4) sore. Jadi mahasiswa yang rutenya ke arah sana akan  turun di kabupaten yang akan dilintasi,” ujarnya.

3. Mahasiswa sangat antusias dengan program mudik gratis

Badko HMI Sumut Gelar Mudik Gratis untuk Mahasiswa yang Mau Nyoblos  IDN Times/Prayugo Utomo

Soal mudik ini memang sudah disiapkan sejak lama ke para mahasiswa. Sehingga antusiasnya begitu tinggi.

“Jadi kami memang taunya udah lama. Dan sangat membantu juga. Jadi kami bisa mencoblos di kampung halaman sekaligus mengajak sanak keluarga,” kata Nurman boru Ritonga, mahasiswa asal Rantauprapat, Kabupaten Labuhanbatu.

4. Partisipasi pemilih di Sumut terus meningkat sejak Pilkada serentak 2018

Badko HMI Sumut Gelar Mudik Gratis untuk Mahasiswa yang Mau Nyoblos  ANTARA FOTO/Akbar Tado

Data yang dihimpun, Partisipasi pemilih pada Pilkada serentak di Sumatera Utara 2018 melonjak tinggi dibandingkan pada dua pilgub sebelumnya. Partisipasi pemilih pada Pilkada 2018, melampaui angka 64 persen dari Daftar Pemilih Tetap (DPT).  Pada Pilgub sebelumnya partisipasi pemilih hanya 48 persen.

Berdasarkan hasil pleno rekapitulasi penghitungan suara yang dilakukan KPU Sumut, terdapat 5.806.867 total suara pada Pilgub 2018. Jumlah itu sekitar 64,2 persen dari 9.050.483 jiwa yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Pada Pilkada 2013, tercatat 5.001.430 orang yang menggunakan hak suaranya. Angka ini hanya 48,5 persen dari total 10.310.872 pemilih pada DPT Sumut.

Bahkan partisipasi pemilih pada Pilgub 2018 lebih tinggi dibandingkan Pilgub 2008. Saat itu, hanya terdapat 5.011.377 pemilih yang menggunakan hak politiknya atau hanya 59,1 persen dari total daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 8.475.026 pemilih.

5. Berharap Pemilu 2019 aman dan damai

Badko HMI Sumut Gelar Mudik Gratis untuk Mahasiswa yang Mau Nyoblos  ANTARA FOTO/Rahmad

Hasbi berharap pada Pemilu 2019 ini angka partisipasi pemilu bisa lebih tinggi dari partisipasi sebelumnya. Dia juga berharap Pemilu berjalan tanpa hambatan berarti.

“Kita berharap pada Pemilu kali ini angka partisipasi melampaui 75 persen. Intinya, demokrasi itu harus berjalan dengan baik. Kita juga berharap Pemilu 2019 berlangsung aman, damai dan menghasilkan para pemimpin yang memperjuangkan kepentingan rakyat. Milenial jangan Golput yah,” pungkas Hasbi.

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya