Comscore Tracker

Apel Pengamanan Nataru di Medan, Panglima TNI: Ingin Silaturahmi

Keterlibatan masyarakat sangat penting

Medan, IDN Times - Biasanya Kapolri dan Panglima TNI menggelar apel gelar pasukan pengamanan Natal dan Tahun Baru di Jakarta. Namun kali ini, apel digelar di Medan, Sumatera Utara, Kamis (19/12).

Apel digelar di Lapangan Benteng. Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Idham Aziz langsung hadir menjadi inspektur upacara.

“Apel yang kita laksanakan memang berbeda dengan tahun sebelumnya. Tahun sebelumnya selalu di pusatkan di Monas dan secara serentak diikuti seluruh wilayah dan tahun ini kita ubah,” ungkap Hadi.

1. Tidak ada alasan tertentu mengapa apel digeser ke Sumut

Apel Pengamanan Nataru di Medan, Panglima TNI: Ingin SilaturahmiPanglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Idham Aziz memimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan Natal dan Tahun Baru di Lapangan Benteng, Kota Medan, Kamis (19/12) (IDN Times/Prayugo Utomo)

Hadi juga mengatakan jika tidak ada alasan tertentu kenapa apel digeser ke Sumut. Apel pengamanan juga dilaksanakan di masing-masing daerah.

“Tidak ada tujuan tertentu, yang ada kita bersilaturahmi dan menyapa wilayah Sumut terkait dengan pengamanan Natal dan Tahun Baru 2020,” ungkapnya.

Baca Juga: Prajurit Kopassus yang Gugur di Papua Berencana Menikah Februari 2020

2. Masyarakat dan pemerintah daerah harus aktif terlibat pengamanan

Apel Pengamanan Nataru di Medan, Panglima TNI: Ingin SilaturahmiPanglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Idham Aziz memimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan Natal dan Tahun Baru di Lapangan Benteng, Kota Medan, Kamis (19/12) (IDN Times/Prayugo Utomo)

Hadi juga mengatakan jika komponen masyarakat dan pemerintah daerah sangat penting dalam upaya pengamanan. Dengan begitu, perayaan Natal dan tahun beru bisa berjalan lancar.

“Manfaatkan komunikasi digital dan media sosial dalam berkoordinasi menggalang jaringan sosial yang kuat. Dengan demikian upaya deteksi dini cegah dini cepat dapat berjalan dengan baik,” ungkap Hadi dalam amanatnya.

3. 120 ribu personel gabungan terlibat pengamanan nasional

Apel Pengamanan Nataru di Medan, Panglima TNI: Ingin SilaturahmiSebanyak 120 ribu personel gabungan disiapkan untuk melakukan pengamanan selama Natal dan Tahun Baru 2020 (IDN Times/Prayugo Utomo)

Kapolri Jenderal Idham Aziz mengatakan jika apel yang digelar di Sumut bertujuan untuk memberi motivasi kepada seluruh jajaran di daerah. Idham juga mengatakan jika pihaknya sudah mendeteksi titik rawan di daerah.

“Operasi lilin tahun ini melibatkan 120 ribu personel gabungan TNI dan polri aparat pemerintah daerah serta organisasi masyarakat. Saya berharap dan berdoa, mari kita kerjasama . Karena pengamanan natal dan tahun baru bukan domain TNI dan Polri tapi harus juga ada peran aktif masyarakat untuk bersama sama menjaga situasi yang kondusif,” pungkasnya.

Baca Juga: Tewas di Papua, Kopassus Erizal Dikenal Ramah oleh Masyarakat Dairi

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya