Comscore Tracker

Angin Kencang Merusak Puluhan Rumah di Serdang Bedagai

Beberapa fasilitas umum juga rusak

Serdangbedagai, IDN Times – Cuaca ekstrem menerjang Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatra Utara, Kamis (23/7/2021). Puluhan rumah penduduk di sana mengalami kerusakan setelah dihempas angin kencang.

Sejumlah fasilitas umum juga dilaporkan mengalami kerusakan. Ada lima kecamatan yang terdampak. Mulai dari Kecamatan Tebingtinggi, Sipispis, Serbajadi, Dolokmasihul dan Pegajahan.

1. Curah hujan juga sangat tinggi

Angin Kencang Merusak Puluhan Rumah di Serdang BedagaiIlustrasi Hujan. IDN Times/Sukma Shakti

Kepala BPBD Serdang Bedagai Henry Suharto menjelaskan, angin kencang yang terjadi juga seiring degancurah hujan yang tinggi di kawasan tersebut sejak Kamis siang. Akibatnya, selain rumah, gedung fasilitas umum juga mengalami rusak.

"Terjadi curah hujan tinggi disertai angin kencang yang berdampak rusaknya rumah penduduk dan gedung fasilitas umum. Total kerusakan rumah penduduk berjumlah 53 dan fasilitas umum 3 unit," tulis Henry dalam keterangan tertulisnya, Jumat (23/7) pagi.  

Baca Juga: 80 Rumah Rusak Diterjang Angin Kencang, Seorang Anak Tewas

2. Puskesmas hingga sekolah dasar rusak

Angin Kencang Merusak Puluhan Rumah di Serdang BedagaiAngin kencang yang melanda Kabupaten Serdangbedagai, merusak rumah warga. (IDN Times/Istimewa)

Fasilitas umum yang mengalami kerusakan di antaranya adalah Puskesdes dan sekolah dasar. Sekolah dasar yang rusak adalah SD Negeri 104328.

3. Tidak ada laporan korban jiwa sampai saat ini

Angin Kencang Merusak Puluhan Rumah di Serdang BedagaiAngin kencang yang melanda Kabupaten Serdangbedagai, merusak rumah warga. (IDN Times/Istimewa)

BPBD melaporkan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Warga yang rumahnya rusak berat sementara mengungsi di tempat sanak keluarga dan tetangga.

Saat ini BPBD Sergai dan pihak terkait mendirikan dapur umum dan juga posko. Termasuk melakukan pendataan para warga yang rumahnya menjadi korban angin kencang. 

Baca Juga: Bupati Madina dan Labusel Dilantik, Gubernur Edy: Akrab lah!

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya