Comscore Tracker

Maju Pilkada Simalungun, Ini Visi dan Misi Wagner-Abidinsyah

Paslon independen itu kritik kinerja Pemkab saat ini

Simalungun, IDN Times - Memasuki tahapan penyerahan berkas dukungan bakal calon Bupati-Wakil Bupati Kabupaten Simalungun dari jalur perseorangan, Irjen Pol (Purn) M Wagner Damanik-Abidinsyah Saragih mendeklarasikan dirinya maju di Pilkada. Keduanya adalah pasangan calon independen.

Pada deklarasi ini hadir anggota DPRD DKI Jakarta, Willian Aditya Sarana dari fraksi PSI. Bakal pasangan calon kepala daerah ini mengangkat slogan "Menuju Simalungun unggul dan akselerasi pembangunan bebas Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KKN).

"Mereka menyampaikan kepada masyarakat sebuah janji kelak Kabupaten Simalungun lebih baik dalam pelayanan sesuai dengan visi-misi "Gerbang Simalungun".

1. Tim pemenangan didorong komitmen melawan politik transaksional

Maju Pilkada Simalungun, Ini Visi dan Misi Wagner-AbidinsyahWagner-Abidinsyah deklarasikan diri maju jalur independen untuk Bupati-Wakil Bupati Simalungun (IDN Times/Patiar Manurung))

Sejumlah poin-poin dari misi pasangan ini antara lain mewujudkan kualitas SDM melalui peningkatan mutu pendidikan kesehatan dan kesejahteraan sosial, mewujudkan ekonomi daerah yang berdaya saing dan berkeadilan dan pengelolaan pemerintahan yang bersih, efektif dan terpercaya.

Koordinator tim pemenangan, Janri Damanik dalam sambutannya mendorong seluruh tim untuk komit bergotong-royong memenangkan pasangan Wagner-Abidiansyah dengan menjadi pribadi yang bermartabat  sekaligus tidak kalah dengan gaya politik yang masih kental dengan transaksional.

Dalam kesempatan ini, Wagner Damanik mengatakan ia siap maju independen dan menurutnya inilah sebagai partai rakyat. Tidak dijelaskan alasannya memilih maju dari jalur independen. Namun ia mengkritisi sejumlah pelaksanaan program pemerintah Kabupaten Simalungun yang belum berjalan sesuai harapan masyarakat. Dampaknya adalah, kesejahteraan masyarakat terabaikan.

Baca Juga: Pilkada Simalungun 2020, Kakak Bobby Nasution Ambil Formulir dari PDIP

2. Wagner kritik pelayanan Pemkab Simalungun

Maju Pilkada Simalungun, Ini Visi dan Misi Wagner-AbidinsyahTim pemenangan dan ratusan masyarakat siap mengantarkan Wagner-Abidiansyah maju independen (IDN Times/Patiar Manurung))

Salah satu poin menarik yang disampaikan Wagner  adalah kerusakan infrastruktur yang cukup banyak dari kisaran panjang jalan di Simalungun 1.803,78 Km. Kemudian, pelayanan publik lambat dan tidak transparan dan tata kelola pemerintahan yang kurang baik. Dalam hal mengurus KTP berbeda dengan DKI Jakarta yang bisa di kantor Kelurahan.

Menurutnya, contoh buruk pelayanan yang kerap didengarkan publik adalah pengerjaan proyek yang didahului setoran dan Wagner berjanji akan meniadakan pola setoran sehingga proyek harus gratis. Dan, kelak masyarakat memberi kesempatan menjadi kepala daerah, dirinya bersama Abidinsyah akan meningkatkan daya saing SDM masyarakat unggul dan membangun kesejahteraan.

3. Memilih jalur independen bentuk teguran kepada parpol yang kental dengan mahar

Maju Pilkada Simalungun, Ini Visi dan Misi Wagner-AbidinsyahSeorang pekerja tengah merampungkan pengerjaan kotak suara Pemilu 2019 di Gudang eks Bandara Polonia, Medan (IDN Times/Prayugo Utomo)

Sementara Willian Aditya Sarana mengatakan bahwa permasalahan bangsa dimulai dari beratnya ongkos politik sehingga banyak orang yang mendapatkan kekuasaan atau jabatan berpikir bagaimana mengembalikan ongkos politik tersebut. Ia percaya, ongkos politik akan sulit kembali jika hanya mengandalkan gaji yang didapatkan.

Memberantas korupsi, kata Willian, dimulai dari transparansi pengelolaan pemerintahan, bukan semata-mata karena moral. Oleh karenanya, masyarakat diharapkan memilih pemimpin yang baik, yang memiliki kemampuan dan siap melawan korupsi. Berkaitan dengan pencalonan dari jalur partai, dinilai masih membebani biaya bakal calon karena mahar yang diharapkan pengurus partai politik.

Ia menambahkan, lahirnya pasangan independen akibat kurangnya kepercayaan terhadap parpol dan hal ini merupakan teguran keras kepada parpol. Tentu, dengan pasangan independen dinilai berpeluang untuk bebas korupsi.

Baca Juga: Abang Bupati JR Saragih Mendaftar ke PDIP untuk Pilkada Simalungun

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya