Sumut Bakal Punya Sport Center, Jadi Kota Baru di Deliserdang

Kapan pembangunannya rampung ya?

IDN Times, Deliserdang - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR BPN) Sofyan Djalil bersama Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meninjau langsung rencana proyek sport center di Batangkuis, Deli Serdang, Rabu (29/7/2020).

Rencana pembangunan akan dilaksanakan di dua lahan yakni lahan seluas 92,8 hektar untuk sarana sport center dan lahan 7,02 hektar untuk bisnis center. 

"Ini akan menjadi kota baru di Deliserdang, dan kami juga telah berkordinasi dengan Wakil Bupati Deliserdang dalam menyiapkan Rencana Umum Tata Ruang (RUTR)," jelas Edy.

1. Edy: Kereta Api dan Moda Raya Terpadu (MRT) akan melalui jalur di kawasan sport center

Sumut Bakal Punya Sport Center, Jadi Kota Baru di DeliserdangInstagram/@humassumut

Dalam pembangunan sport center nantinya, kata Edy, Kereta Api dan Moda Raya Terpadu (MRT) akan melalui jalur di kawasan sport center. Pelebaran jalan juga akan dilakukan untuk menghindari kemacetan jalan umum.

Sofyan Djalil, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR BPN) mendukung pembangunan sport center ini. Ia meminta Edy Rahmayadi untuk melakukan pengawasan. 

"Saya pastinya sangat mendukung pembangunan dan wacana kota baru pak Gubernur ini. Yang utama harus diawasi dalam pembangunan nantinya, agar seluruh bangunan kokoh dan kuat untuk yang waktu lama," ucap Sofyan Djalil.

Baca Juga: E-Sport Jadi Cara Honda Ajak Komunitas Berkontribusi untuk Negeri

2. Menteri Sofyan meminta Kepala BPN Sumut Dadang Suhendi untuk segera menyelesaikan administrasi serah terima lahan

Sumut Bakal Punya Sport Center, Jadi Kota Baru di DeliserdangInstagram/@humassumut

Menteri Sofyan meminta Kepala BPN Sumut Dadang Suhendi untuk segera menyelesaikan administrasi serah terima lahan tersebut. Hal ini pun dijawab Dadang Suhendi, "Kita telah melakukan pendataan seluruhnya dan akan berkordinasi dengan Pemprov Sumut," katanya.

3. Nantinya akan dibangun stadion utama berkapasitas 75 ribu penonton dengan desain gedung stadion berbentuk kelapa sawit

Sumut Bakal Punya Sport Center, Jadi Kota Baru di DeliserdangInstagram/@humassumut

Baharuddin Siagian, Kepala Dispora Sumut menjelaskan dalam 4 tahun ini Pemprov Sumut akan menyelesaikan pembangunan di sport center. Nantinya akan dibangun stadion utama berkapasitas 75 ribu penonton dengan desain gedung stadion berbentuk kelapa sawit.

"Langkah yang akan kita lakukan adalah melakukan sosialisasi untuk mengganti tanaman dan bangunan yang ada di atasnya karena ada penggarap selanjutnya kita akan melaksanakan pembangunan-pembangunan secara bertahap dimulai dari 2021 tapi dalam waktu dekat kita Insya Allah," ucap Baharrudin.

4. Kepala Dispora Sumut: Pada 14 Agustus 2020 akan segera dilaksanakan tahap pelaksanaan ground breaking

Sumut Bakal Punya Sport Center, Jadi Kota Baru di DeliserdangInstagram/@humassumut

Kata Baharrudin, pada 14 Agustus 2020 akan segera dilaksanakan tahap pelaksanaan ground breaking. Katanya, percepatan pembangunan ini untuk mengejar rencana Sumut menjadi tuan rumah PON ke-21 tahun 2024 bisa terwujud.

"Bisa sukses dan kita memiliki kawasan olahraga yang representative yang bisa menjadi kebanggaan masyarakat Sumut," tuturnya.

Baca Juga: 5 Fakta Fansur, Kota Tua Islam di Aceh yang Hilang Diterjang Tsunami

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya