PPKM Level 4 Lanjut, Komunitas Satu Hati Bantu Warga Medan

Buka dapur umum untuk siapkan 1.200 nasi bungkus per hari

Medan, IDN Times- Dalam upaya membantu masyarakat yang terdampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 atau dulu disebut darurat, Komunitas SATU HATI membuka dapur umum dengan menyiapkan 1.200 paket nasi bungkus per hari. Selain itu juga menyalurkan bantuan beras bagi warga yang terdampak pandemik COVID-19, beberapa waktu lalu. 

Bantuan ini, digelar dengan berkolaborasi bersama 4 komunitas lainnya; HAO XIONG DI, KITA (Komunitas Indonesia Tionghoa), KOMPAK (Komunitas Masyarakat Peduli Amal Kebajikan), dan FKMN (Forum Kerukunan Masyarakat Nusantara).

1. Melihat banyak warga yang mengalami kesulitan akibat dampak pandemik COVID-19

PPKM Level 4 Lanjut, Komunitas Satu Hati Bantu Warga MedanDok.Istimewa/IDN Times

Ketua Umum Komunitas Satu Hati, Sartjipto King mengatakan, dapur umum ini merupakan bentuk kepedulian untuk membantu warga di masa pelaksanaan PPKM Darurat untuk menekan penyebaran COVID-19.

“Harapan kita melalui kegiatan ini, warga yang terkena dampak PPKM bisa sedikit terbantu,” kata Sartijpto King yang didampingi Wakil Ketua Susilo dan Sekretaris Wendy Tanjung SH. 

Menurutnya, sangat banyak warga yang mengalami kesulitan akibat dampak dari kebijakan pemerintah untuk memutus rantai penyebaran COVID-19 ini.

“Banyak pelaku UMKM yang harus menutup usahanya untuk sementara, sementara mereka juga harus menghidupi keluarga. Selain itu banyak juga warga yang kehilangan pekerjaan,” ujarnya.

Baca Juga: WHO Sebut Sumut COVID-19 di Sumut Melonjak 238 Persen Sepekan Terakhir

2. Bantuan juga diberikan kepada ratusan wartawan di beberapa pos liputan

PPKM Level 4 Lanjut, Komunitas Satu Hati Bantu Warga MedanDok.Istimewa/IDN Times

Bantuan ini juga diberikan kepada ratusan wartawan di Medan dari berbagai pos liputan seperti wartawan unit DPRD Medan, wartawan Medan Utara, Pewarta dan Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI).

Ketua KITA, Bunliong didampingi pendiri KITA, Edy Sugandhy, menambahkan pembukaan dapur umum ini sebutnya sudah berlangsung lima hari, sejak Sabtu (17/7/2021) di Kompleks Asia Mega Mas dan akan berlangsung hingga PPKM Darurat berakhir.

Bantuan paket nasi bungkus ini sebutnya, diberikan bagi warga yang tersebar di 21 kecamatan di Kota Medan. Bahkan untuk menghindari kerumunan, panitia dapur umum telah berkoordinasi dengan Tim Gugus Tugas COVID-19.

“Jadi tugas kami hanya menyediakan nasi bungkus, sementara pembagiannya akan dilakukan di bawah koordinasi tim Gugus Tugas COVID-19,” ujarnya.

3. Dukungan diberikan untuk bisa membantu meringankan beban warga yang terdampak kebijakan PPKM Darurat ini

PPKM Level 4 Lanjut, Komunitas Satu Hati Bantu Warga MedanDok.Istimewa/IDN Times

Ia juga berharap adanya dukungan dari pengusaha yang lainnya, untuk bisa membantu meringankan beban warga yang terdampak kebijakan PPKM Darurat ini.

Untuk bantuan beras sebutnya, juga diberikan bagi warga terdampak. Dengan langsung memberikannya ke rumah-rumah. "Untuk bantuan beras ini, setidaknya ada 200 paket perhari, dan ini sudah berlangsung dua minggu," ujarnya.

Baca Juga: Imbas PPKM, Pedagang Kuliner Malam Pasang Bendera Putih: Kami Nyerah!

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya