Comscore Tracker

Pemulangan Jemaah Haji asal Sumut Tuntas, 4 Meninggal Dunia

Jemaah haji yang telah tiba berjumlah 3.795 orang

Medan, IDN Times- Kepala Kanwil Kementerian Agama Wilayah Sumatra Utara yang juga Ketua Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Medan, Amri Siregar mengatakan pemulangan jemaah haji debarkasi Medan sudah tuntas.

Ia menyebutkan, jemaah haji kelompok terbang (kloter) 10 asal Sumatra Utara tiba di Debarkasi Medan pada Selasa (2/8/2022).

"Kloter 10 berjumlah 276 jemaah, artinya Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Medan telah menuntaskan seluruh kepulangan jemaah ke Tanah Air," ujarnya, Rabu (3/8/2022).

1. Jemaah haji yang telah tiba berjumlah 3.795 orang

Pemulangan Jemaah Haji asal Sumut Tuntas, 4 Meninggal DuniaIlustrasi (IDN Times/Umi Kalsum)

Amri menyebutkan, jemaah haji yang pada kloter terakhir itu berasal dari Tapanuli Selatan, Padanglawas Utara, Medan, dan Binjai, Deli Serdang, Mandailing Natal, serta Labuhanbatu Utara.

"Proses pemulangan jemaah haji berjalan dengan lancar tanpa hambatan, yang dimulai sejak tangal 23 Juli yang lalu. Dengan pulangnya 276 jemaah haji ini, maka keseluruhan jemaah haji yang telah tiba berjumlah 3.795 orang,” tuturnya. 

Baca Juga: Lima Jemaah Haji Aceh Meninggal, Satu Masih Dirawat di Rumah Sakit

2. Proses pemulangan jemaah haji berjalan

Pemulangan Jemaah Haji asal Sumut Tuntas, 4 Meninggal DuniaJamarat, Tempat Jemaah Haji Melempar Jamrah (IDN Times/Umi Kalsum)

Ia juga mengatakan, kesuksesan penyelenggaraan ibadah haji tahun ini tidak terlepas atas kerja sama seluruh pihak baik pemerintah provinsi, pemerintah daerah, PPIH, PPPIH, dan seluruh pihak lainnya yang terlibat. 
 
“Kita ketahui bersama kita telah mengalami absen memberangkatkan haji selama dua tahun. Dengan persiapan yang singkat, tahun ini kita dapat melaksanakannya. Ini karena dukungan seluruh pihak yang menjalankan peran masing-masing dan terlibat baik secara langsung maupun tidak langsung," ujarnya.

3. Jemaah haji yang meninggal dunia sebanyak 4 orang

Pemulangan Jemaah Haji asal Sumut Tuntas, 4 Meninggal DuniaIDN Times/Masdalena Napitupulu

Kepala Humas Kementerian Agama Sumatra Utara, Yunus menyampaikan adapun total jemaah haji asal Sumut yang berangkat ke tanah suci berjumlah 3798 orang, namun jemaah yang pulang ke tanah air sebanyak 3795 orang. Tiga jemaah meninggal dunia di tanah suci dan satu jemaah meninggal dunia di Rumah Sakit Haji Medan.
 
“Satu orang meninggal dunia di Rumah Sakit Haji Medan atas nama Arbaiah Jamal Hasibuan yang berasal dari Labuhanbatu. Sehingga jumlah jemaah haji yang meninggal dunia sebanyak 4 orang," katanya. 

Baca Juga: 3 Jemaah Haji asal Sumut Meninggal, Dimakamkan di Makkah

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya