Comscore Tracker

Lebaran, Lapas Tanjunggusta Medan Sediakan Layanan Kunjungan Virtual

Untuk mencegah penyebaran COVID-19 di Lapas

Medan, IDN Times - Pandemik COVID-19 yang masih terjadi di Indonesia khususnya Kota Medan, membuat layanan kunjungan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas 1 Tanjunggusta Medan, masih belum dapat dilakukan pada hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

Namun, pihak lapas sendiri membuka layanan pengantaran makanan bagi keluarga yang ingin memberikan makanan untuk wargabinaan di Lapas Tanjunggusta.

Selain itu, ada juga fasilitas layanan secara virtual, video call untuk wargabinaan yang telah lama tidak pernah dibesuk keluarga lantaran adanya larangan kunjungan pembesukan secara langsung di masa Pandemik COVID-19 ini.

Baca Juga: Kisah Haru Nelayan Alim, Divonis Mati karena Dijebak Bawa Narkoba

1. Tetap melayani keluarga yang akan mengantarkan makanan bagi wargabinaan

Lebaran, Lapas Tanjunggusta Medan Sediakan Layanan Kunjungan VirtualLapas Klas I Tanjunggusta Medan menyiapkan layanan kunjungan virtual selama lebaran (Dok. IDN Times/Istimewa)

Untuk memaksimalkan pelayanan yang ada, Kepala Lapas Klas 1 Tanjunggusta Medan, Erwedi Supriyatno meninjau langsung kesiapan petugas dan fasilitas yang ada di layanan kunjungan agar dapat melayani masyarakat, Rabu (12/5/2021). 

Erwedi juga mengingatkan, untuk petugas harus melakukan prosedur operasi standar protokol kesehatan saat melayani keluarga yang akan mengantarkan makanan bagi wargabinaan. "Serta dapat melayani dengan penuh kesabaran dan secara humanis," ucapnya.

2. Disediakan layanan video call bagi wargabinaan yang ingin berbincang dengan keluarga

Lebaran, Lapas Tanjunggusta Medan Sediakan Layanan Kunjungan VirtualPembagian masker dan vitamin pada Narapidana di Lapas Tanjunggusta Medan (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Tak hanya itu, untuk memaksimalkan pelayanan juga disediakan berupa layanan video call bagi wargabinaan yang ingin berbincang dengan keluarganya.

"Kita sediakan juga layanan berupa video call bagi wargabinaan yang ingin bertatap muka kepada keluarganya, dan layanan ini kita pastikan harus berjalan dengan baik tanpa ada kendala apapun saat digunakan oleh wargabinaan kita," jelasnya.

3. Sebanyak 14.906 narapidana di Sumut yang menerima remisi lebaran

Lebaran, Lapas Tanjunggusta Medan Sediakan Layanan Kunjungan VirtualPembagian masker dan vitamin pada Narapidana di Lapas Tanjunggusta Medan (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Pada lebaran kali ini, ada 14.906 narapidana di Sumut yang menerima remisi pada Idul Fitri 2021. Tak hanya itu, kata Imam, ada 60 wargabinaan langsung bebas pada lebaran nanti. 

Kepala Kantor Wilayah Kemenkuham Sumatera Utara, Imam Suyudi mengatakan per tanggal 6 Mei 2021, penghuni lapas dan rutan se-Sumatera Utara berjumlah 33.142 orang.

Mereka di antaranya, narapidana pria berjumlah 24.657 orang dan narapidana wanita berjumlah 1.153 orang.

"‎Tahanan pria berjumlah 7.089 orang dan tahanan wanita berjumlah 243 orang. Sedangkan, narapidana beragama islam berjumlah 28.198 orang," ucapnya.

Baca Juga: Kisah Haru Agom, Tukang Becak Medan yang Dijebak Bawa Sabu 45 Kg

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya