Kuota Haji Sumut 2023 Capai 8.168 Jemaah, Tidak Ada Pembatasan Usia

Sumut harap mendapatkan 100 persen kuota

Medan, IDN Times- Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas dan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F Al Rabiah telah menandatangani kesepakatan mengenai kuota haji Indonesia tahun 1444 Hijriah/2023 Masehi di Kota Jeddah, Arab Saudi, pada Ahad. Situasi ini menjadi harapan pada musim haji tahun 2023, dengan kuota normal.

Untuk itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatra Utara, Amri Siregar berharap Sumatra Utara (Sumut) juga bisa mendapatkan 100 persen kuota.

"Apabila itu tercapai maka Sumut akan memberangkatkan kuota normal dengan jumlah 8.168 jemaah. Di mana kuota normal itu, kita ada 22 kloter di mana 1 kloter digabung dengan Aceh," jelas Amri, Senin (9/1/2023).

1. Saat ini perekrutan atau seleksi petugas haji telah dimulai

Kuota Haji Sumut 2023 Capai 8.168 Jemaah, Tidak Ada Pembatasan UsiaJamaah haji melakukan tawaf, mengelilingi kabah, di Masjidil Haram dengan menjaga jarak pada ibadah haji tahun 2020 di Kota Mekah, Arab Saudi. (ANTARA/REUTERS/Saudi Ministry of Media via / La/pri.)

Amri menyampaikan, saat ini perekrutan atau seleksi petugas haji telah dimulai. Pihaknya juga telah melakukan sosialisasi ke kabupaten/kota se Sumut agar segera melakukan seleksi.

"Untuk petugas itu, dari sekarang sudah dimulai rekrut atau seleksi. Maka kita telah lakukan sosialisasi ke kabupaten/kota agar teman-teman di sana segera melakukan seleksi sesuai dengan persyaratan," ujarnya.

Baca Juga: Ini Perbedaan Tarif dan Layanan Mewah Haji Furoda dan Haji Plus 

2. Kuota haji Indonesia tahun ini sebesar 221.000 jemaah

Kuota Haji Sumut 2023 Capai 8.168 Jemaah, Tidak Ada Pembatasan UsiaMasjidil Haram di Makkah, Arab Saudi (IDN Times/Umi Kalsum)

Sebelumnya, Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas dan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F Al Rabiah menandatangani kesepakatan mengenai kuota haji Indonesia tahun 1444 Hijriah/2023 Masehi di Kota Jeddah, Arab Saudi, pada Ahad.

“Alhamdulillah, misi haji 2023 dimulai. Saya hari ini menandatangani kesepakatan haji dengan Menteri Haji Saudi. Kuota haji Indonesia tahun ini sebesar 221.000,” kata Yaqut sebagaimana dikutip dalam siaran pers kementerian di Jakarta, Ahad.

Kuota tersebut terdiri atas 203.320 jamaah haji reguler dan 17.680 jamaah haji khusus. Adapun untuk petugas, tahun ini kita mendapat 4.200 kuota.

3. Tahun ini tidak ada batasan usia

Kuota Haji Sumut 2023 Capai 8.168 Jemaah, Tidak Ada Pembatasan UsiaSuasana Jamaah Haji di depan Ka'bah, Masjidil Haram, Makkah (IDN Times/Umi Kalsum)

Penandatanganan kesepakatan mengenai kuota haji Indonesia tahun 2023 antara lain dihadiri oleh Ketua Komisi VIII DPR RI Ashabul Kahfi, Direktur Jenderal Penyenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Hilman Latief, serta Kepala Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) Fadlul Imansyah.

Menteri Agama mengatakan, dalam pertemuan dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi disepakati bahwa tidak adanya batasan usia bagi jamaah haji yang diberangkatkan tahun 2023.

Batasan usia jamaah haji di bawah 65 tahun yang diterapkan oleh Pemerintah Arab Saudi dalam pelaksanaan haji tahun 2022, guna meminimalkan penularan COVID-19 tidak diberlakukan lagi.

“Sesuai kesepakatan, tahun ini sudah tidak ada pembatasan usia jamaah haji. Artinya, jemaah 65 tahun ke atas juga dapat berangkat haji tahun ini,” kata Yaqut.

Baca Juga: Cerita Jemaah Haji: Dulu Itu Haji Kelaparan, Sekarang Kekenyangan

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya