Ini 7 Pelabuhan yang Ada di Sekitar Danau Toba

Ada juga empat kapal motor penyeberangan

Medan, IDN Times - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) meresmikan tujuh pelabuhan dan empat kapal motor penyeberangan untuk Kawasan Danau Toba di Pelabuhan Ajibata pada tahun 2022.

Jokowi mengatakan pelabuhan dan kapal motor sangat penting bagi masyarakat kawasan tersebut. Jika pelabuhan penting untuk konektivitas, peluncuran kapal motor bertujuan untuk menyediakan sarana yang sesuai dengan standar keselamatan.

"Pemerintah meluncurkan kapal motor ini, karena untuk membantu masyarakat yang selama ini menggunakan kapal yang standar keselamatannya kurang bisa diandalkan," ujarnya.

Baca Juga: Deretan Motor Tunggangan Jokowi dan Menterinya saat Ngaspal di Toba

1. Ini daftar tujuh pelabuhan yang diresmikan

Ini 7 Pelabuhan yang Ada di Sekitar Danau TobaIstimewa/IDN Times

Tujuh pelabuhan yang diresmikan yakni Pelabuhan Penyeberangan Ajibata dan Balige di Kabupaten Toba, Pelabuhan Tigaras di Kabupaten Simalungun, Pelabuhan Simanindo di Kabupaten Samosir, Pelabuhan Baktiraja di Kabupaten Humbang Hasundutan, Pelabuhan Muara di Kabupaten Tapanuli Utara, dan Pelabuhan Tongging di Kabupaten Karo.

2. Kapal Motor yang diresmikan bisa menampung ratusan orang

Ini 7 Pelabuhan yang Ada di Sekitar Danau TobaIDN Times/Masdalena Napitupulu

Sementara itu, untuk Kapal Motor yang diresmikan adalah Kapal Motor Pora-pora berkapasitas 180 penumpang dan 15 kendaraan, Kapal Motor Kaldera Toba berkapasitas 150 penumpang dan 15 kendaraan, Kapal Motor Asa Asa berkapasitas 150 penumpang, dan Kapal Motor Jurung-jurung berkapasitas 150 penumpang.

3. Pelabuhan dan kapal motor ini akan mendukung konektivitas di kawasan wisata Danau Toba

Ini 7 Pelabuhan yang Ada di Sekitar Danau TobaDanau Toba (IDN Times/Masdalena Napitupulu)

Fasilitas ini penting bagi Kawasan Danau Toba. Karena pelabuhan dan kapal motor ini akan mendukung konektivitas di Kawasan Danau Toba, ini juga akan membantu kegiatan masyarakat sehari-hari warga.  

Secara otomatis keberadaan pelabuhan dan kapal motor tersebut akan meningkatkan perekonomian masyarakat. Selain itu juga mendukung Destinasi Wisata Super Prioritas Danau Toba. Tentunya akan meningkatkan perekonomian masyarakat yang juga memengaruhi pertumbuhan ekonomi di Sumut.

Topik:

  • Arifin Al Alamudi
  • Mayang Ulfah Narimanda

Berita Terkini Lainnya