Comscore Tracker

Gunakan Jaket Ulos di AKI 2021, Sandiaga: Kekinian dan Nyaman Banget

Sandi puji bahan jaket yang dipakainya nyaman

Medan, IDN Times - Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) Medan 2021 berlangsung di Deli Park Mall Medan, Senin (8/11/2021). Dalam acara tersebut, Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) terlihat menggunakan jaket denim yang dipadukan dengan kain ulos.

Kata Sandi, jaket tersebut merupakan rancangan pekerja kreatif asal Medan bernama Zul. Ia adalah salah seorang pekerja kreatif binaan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Medan, Kahiyang Ayu.

"Kalau dulu kain tradisional sekarang adaptasi ke fashion. Tak hanya kekinian tapi ready to wearnya nyaman banget," ucap Sandi.

Baca Juga: Delica Eatery Delipark Mall Diresmikan, Yuk Intip Promonya di Sini

1. Kahiyang mendorong desainer lokal untuk menjadikan kain ulos menjadi cantik yang ready to wear

Gunakan Jaket Ulos di AKI 2021, Sandiaga: Kekinian dan Nyaman BangetKetua PKK kota Medan, Kahiyang Ayu hadiri syukuran HUT Ke-41 Rakernas Dekranas tahun 2021 secara virtual (instagram @ayanggkahiyang)

Pada kesempatan itu, Kahiyang juga menyampaikan terkait perkembangan sektor ekonomi kreatif di Kota Medan. "Kalau dari segi kuliner Kota Medan gak usah diragukan lagi ya pak," ujar Kahiyang.

Namun untuk fashion, katanya, ia mendorong desainer lokal untuk menjadikan kain ulos menjadi cantik yang ready to wear. Selain itu, ia juga membantu para UMKM dalam memasarkan produk secara online.

2. Para pelaku UMKM di Kota Medan mengeluhkan terkait pengemasan produk

Gunakan Jaket Ulos di AKI 2021, Sandiaga: Kekinian dan Nyaman Bangethttps://www.aliexpress.com/

Namun dalam proses itu, Kahiyang menuturkan para pelaku UMKM di Kota Medan mengeluhkan terkait pengemasan produk. "Keluhan dalam packaging pak. Bagaimana untuk packaging yang bagus," ucap Kahiyang.

3. Kemenparekraf akan berkolaborasi bersama Dekranasda Kota Medan untuk mengemas produk yang bagus

Gunakan Jaket Ulos di AKI 2021, Sandiaga: Kekinian dan Nyaman BangetIDN Times/Masdalena Napitupulu

Menanggapi hal itu, Sandiaga menyampaikan Kemenparekraf akan berkolaborasi bersama Dekranasda Kota Medan untuk mengemas produk yang bagus, melalui program Bedakan (Bedah desain kuliner dadakan). Nantinya, para pelaku UMKM akan dibina untuk mengemas produk yang menarik. 

"Content is King but Packaging is Queen. Jadi kalaupun produk kita bagus tapi packaging kurang baik itu gak akan bisa bersaing," katanya.

Baca Juga: Delica Eatery Delipark Mall Jadi New Icon di Kota Medan

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya