Calon Haji Kloter Pertama asal Madina Masuk Asrama Haji Besok

Calhaj asal Madina tempuh jalur darat melalui Rantauprapat

Medan, IDN Times- Sebanyak 360 jamaah calon haji (Calhaj) asal Mandailing Natal (Madina) yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) pertama akan masuk Asrama Haji mulai Selasa (23/5/2023) pagi sekira pukul 08.00 WIB.

“Insya Allah calon Dhuyufurrahman Madina lewat jalur darat melalui Rantauprapat dan tidak lewat jalur Batu Jomba,” kata Kepala Kantor Kementerian Agama Wilayah Provinsi Sumatra Utara, H. Ahmad Qosbi dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Senin (22/5/2023).

1. Madina dipilih sebagai Kloter 1 karena semua keperluan telah terpenuhi

Calon Haji Kloter Pertama asal Madina Masuk Asrama Haji BesokIlustrasi jamaah calon haji mengikuti pemeriksaan kesehatan ulang. (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe))

Ahmad menyebutkan Madina dipilih sebagai Kloter 1 pada pemberangkatan musim haji tahun ini, karena semua keperluan dan kelengkapan yang dibutuhkan untuk pemberangkatan telah terpenuhi.

"Kedatangan jamaah akan diterima oleh petugas PPIH dan seluruhnya menjadi tanggung jawab panitia, sehingga pengantar jamaah tidak lagi dibolehkan masuk ke aula," ujar Ahmad yang juga Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Medan 1444 H.

Oleh karena itu, ia berharap agar para petugas PPIH tetap berkordinasi dalam melaksanakan tugas-tugasnya, sehingga proses penerimaan dan pemberangkatan berjalan lancar.

2. Pada penerimaan calhaj akan menerapkan one stop service

Calon Haji Kloter Pertama asal Madina Masuk Asrama Haji BesokCalhaj laki-laki asal PPU tahun 2022 (IDN Times/Ervan)

Sebelumnya, Ahmad usai rapat pemantapan tugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Medan tahun 2023 dan simulasi di Aula Jabal Nor Ahmed, Minggu (21/5/2023), menyebutkan penyambutan jamaah akan dipusatkan di satu tempat dan jamaah antara laki-laki dan perempuan dipisahkan. Pada penerimaan jamaah calon haji ini akan menerapkan one stop service.

3. 67 kuota dikembalikan ke pusat

Calon Haji Kloter Pertama asal Madina Masuk Asrama Haji BesokANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Dalam kesempatan yang sama, Ahhmad juga menyebutkan hingga batas perpanjangan tahap dua pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji, pada 19 Mei lalu, ada 67 seat yang dikembalikan ke pusat. 

"Dari 8.328 kuota jamaah untuk Sumatra Utara, 67 di antaranya dikembalikan ke pusat. Jadi setelah ditutup pelunasan ada 67 seat yang belum terpenuhi. Jadi kurang yang melunasi," ucapnya.

"Jadi yang 67 ini secara nasional, yang melunasi sudah melebih kuota nasional. Jadi kita Sumut, kuota yang 67 jadi kuota nasional," tambahnya.

Baca Juga: Tips Kesehatan untuk Jemaah Haji yang akan Jalani Penerbangan Panjang

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya