65 Persen Calon Haji Sumut Sudah Divaksinasi Meningitis 

Pengecekan kesehatan akan dilakukan secara berkala

Medan, IDN Times- Sebelum pemberangkatan ke Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji, seluruh jamaah calon haji tahun ini telah dipastikan melakukan vaksinasi meningitis.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Alwi Mujahit Hasibuan mengatakan vaksinasi meningitis untuk jamaah calon haji di Sumatra Utara mencapai 65 persen saat ini. 

 

1. Sebanyak 5.061 jamaah calon haji asal Sumut peroleh vaksin meningitis

65 Persen Calon Haji Sumut Sudah Divaksinasi Meningitis Suasana Jamaah Haji di depan Ka'bah, Masjidil Haram, Makkah (IDN Times/Umi Kalsum)

Alwi menjelaskan vaksinasi meningitis menjadi syarat wajib untuk bertolak ke Arab Saudi, kita pastikan sebelum berangkat, sudah semua yang melakukan vaksinasi meningitis. 

"Sebanyak 5.061 jamaah calon haji asal Sumut yang telah memperoleh vaksin meningitis dan 2.610 jamaah yang belum mendapatkan vaksin meningitis. per tanggal 18 Mei," katanya, Selasa (23/5/2023).

Baca Juga: Kakek Abbas, Calon Haji 96 Tahun asal Madina Menabung dari Bertani

2. Pengecekan kesehatan akan dilakukan secara berkala

65 Persen Calon Haji Sumut Sudah Divaksinasi Meningitis Suasana Masjid Nabawi, Madinah yang dipenuhi oleh Jamaah di tengah musim haji (IDN Times/Umi Kalsum)

Tidak hanya itu, sebelum diberangkatkan ke Arab Saudi, jemaah calon haji akan dilakukan pengecekan kesehatan secara berkala.

“Semua jamaah diperiksa kesehatannya sebelum berangkat, makanya di dalam kloter ada tenaga kesehatan yang mengawal mereka,” ujarnya.

3. Calhaj kloter pertama Sumut akan bertolak ke Madina pada 24 Mei

65 Persen Calon Haji Sumut Sudah Divaksinasi Meningitis Ilustrasi (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Selain itu, Alwi mengatakan pihaknya harus menyesuaikan dengan tahapan pelunasan yang harus dilakukan oleh jemaah calon haji 2023. “Kenapa ini masih ada yang belum, memang ada keterlambatan pelunasan dan administrasi lainnya, itu kan kita harus menyesuaikan dengan itu,” katanya.

Untuk diketahui, pada tanggal 23 Mei 2023, jemaah calon haji kelompok terbang (kloter) pertama asal Sumatra Utara akan bertolak dari Bandara Internasional Kualanamu menuju Madina pada 24 Mei sekira pukul 07.25 WIB.

Baca Juga: Kakek Abbas, Calon Haji 96 Tahun asal Madina Menabung dari Bertani

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya