Bobby Buka Ramadan Fair ke-17, Ini Berbagai Kegiatan Selain Bazar UMKM

Apresiasi dari para wali kota terdahulu

Medan, IDN Times - Setelah hampir tiga tahun ditiadakan menyusul pandemi Covid-19, Ramadan Fair kembali dibuka mulai Selasa (28/7) malam. Dalam edisi ke-17 ini, Ramadhan Fair digelar di dua lokasi yakni Taman Sri Deli Jalan Sisingamangaraja, Kelurahan Masjid, Kecamatan Medan Maimun dan Lapangan Sepakbola Jalan Rahmat Budín, Kelurahan Rengas Pulau, Kecamatan Medan Marelan.

Ada yang menarik saat Wali Kota Medan Bobby Nasution membuka Ramadan Fair. Dua mantan Wali Kota Medan dan seorang mantan Gubernur Sumut turut bersamanya membuka event menunjang sektor kebudayaan dan mengembangkan potensi pasar dan UMKM pada bulan Ramadhan tersebut.

Ada pun kedua Wali Kota itu yakni Abdillah (Wali Kota Medan ke-14) sekaligus penggagas lahirnya Ramadan Fair dan Rahudman Harahap (Wali Kota Medan ke-15), serta Syamsul Arifin Gubernur Sumut ke-15). Pembukaan Randhan Fair yang sangat dinanti dan dirindukan masyarakat ini ditandai dengan pemukulan bedug.

Didampingi Wakil Wali Kota Aulia Rachman, Bobby Nasution yang hadir bersama Ketua TP PKK Kota Medan Kahiyang Ayu dalam sambutannya mengatakan, dirinya dan Wakil Wali Kota sangat bangga bisa membuka kembali Ramadan Fair ke-17. Sebab, event ini dinilai sangat baik efeknya bukan hanya bagi umat Muslim tapi juga umat lainnya yang ada di Kota Medan.

"Kami memandang Ramadan Fair ini digagas dengan memikirkan bagaimana dalam bulan Ramadan untuk memerkuat hubungan Hablum Minnallah (hubungan baik Allah SWT) dengan) dan Hablum Minannas (hubungan baik dengan sesama manusia). Di samping itu bagaimana kita bisa membantu sesama, terutama perekonomian masyarakat sekitar sekaligus ekonomi Kota Medan," kata Bobby Nasution.

Oleh karenanya, ungkap Bobby Nasution, setiap bulan Ramadan yang merasakan kegembiraan tidak hanya umat Muslim tapi juga umat lainnya yang ada di Kota Medan. Artinya, semua umat merindukan kehadiran Ramadan Fair tersebut.

1. Abdillah: Tiga tahun menunggu, turut senang Ramadan Fair dibuka lagi

Bobby Buka Ramadan Fair ke-17, Ini Berbagai Kegiatan Selain Bazar UMKMWali Kota Medan, Bobby Nasution saat meresmikan Ramadan Fair (Dok. Istimewa)

Sebelum Ramadan Fair dibuka secara resmi, Bobby Nasution memberikan kesempatan kepada dua mantan Wali Kota Medan dan mantan Gubernur Sumut untuk memberikan sambutan.

Abdillah mengatakan dirinya mengapresiasi dan rasa bangga dengan digelarnya kembali Ramadan Fair setelah hampir tiga tahun ditiadakan menyusul Pandemi COVID-19.

"Saya merasa sangat bangga dan memberikan apresiasi. Tiga tahun menunggu, baru kali ini dibuka. Semoga Ramadan Fair ke depan lebih baik lagi," ungkap Abdillah.

Baca Juga: Meriahnya Ramadan Fair Medan 2023 Setelah Absen 3 Tahun 

2. Syamsul Arifin: Saya berharap agar di tahun 2024, namanya tidak lagi Ramadan Fair Kota Medan tapi Ramadan Fair Sumut

Bobby Buka Ramadan Fair ke-17, Ini Berbagai Kegiatan Selain Bazar UMKMWali Kota Medan, Bobby Nasution saat meresmikan Ramadan Fair (Dok. Istimewa)

Ungkapan senada juga disampaikan Gubernur Sumut ke-15, Syamsul Arifin. Rasa bangga disampaikannya atas digelarnya kembali Ramadan Fair. Apalagi Ramadan Fair yang digelar ini merupakan yang ke-17. Artinya sudah 17 tahun menemani warga Medan.

"Saya berharap agar di tahun 2024, namanya tidak lagi Ramadan Fair Kota Medan tapi Ramadan Fair Sumut karena yang merasakan kehadirannya tidak hanya warga Kota Medan tetapi juga Sumut," harapnya.

3. Rahudman Harahap: Apa yang dilakukan Wali Kota dan Wakil Wali Kota ini patut kita acungi jempol

Bobby Buka Ramadan Fair ke-17, Ini Berbagai Kegiatan Selain Bazar UMKMWali Kota Medan, Bobby Nasution saat meresmikan Ramadan Fair (Dok. Istimewa)

Sedangkan Rahudman Harahap mengajak ribuan warga yang hadir untuk memberikan aplaus kepada Bobby Nasution atas digelarnya kembali Ramadhan Fair.

"Saya bangga dengan undangan yang datang kepada saya untuk menghadiri pembukaan Ramadan Fair ini. Apa yang dilakukan Wali Kota dan Wakil Wali Kota ini patut kita acungi jempol," ujar Rahudman.

Sebelumnya, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kota Medan dalam laporannya yang disampaikan langsung dari lokasi Ramadan Fair dari Lapangan Sepakbola Rengas Pulau dalam laporannya menjelaskan, selain mempererat ukhuwah Islamiah, tujuan Ramadan Fair digelar juga untuk memperkenalkan produk UMKM baik kuliner dan non kuliner. Selain itu juga sebagai media syiar guna meningkatkan sekaligus menguatkan kehidupan beraga di Kota Medan

Berbagai kegiatan diisi dengan pameran bazar UMKM baik kuliner dan non kuliner, tausiah menjelang berbuka puasa serta menyediakan ruang untuk konsultasi agama yang dibuka untuk umum. Selain itu juga akan digelar perlombaan azan, busana Muslim, fahfiz Al Qur'an tingkat anak-anak 1 juz, pildacil, lomba mewarnai dan kaligrafi.

"Insya Allah pada malam 17 Ramadhan, kita akan melaksanakan Nuzulul Qur'an dengan menghadirkan penceramah dari Jakarta. Selain itu kita juga menghadirkan hiburan bernuansa Islami baik menghadirkan artis lokal maupun ibukota," katanya. 

Usai pembukaan, Bobby Nasution bersama Ketua TP PKK Kota Medan beserta unsur Forkopimda Kota Medan, selanjutnya meninjau sejumlah stand UMKM yang disediakan untuk membantu meningkatkan penghasilan selama bulan Ramadhan.

Baca Juga: Pengunjung Ramadan Fair Kecewa Parkir Motor Dikutip Rp5 Ribu

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya