Comscore Tracker

Patuhi Protokol Kesehatan, KPU Medan Rapid Test Para Calon PPDP

Ada PPDP mengundurkan diri karena tak bersedia di-rapid test

Medan, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan melakukan rapid test kepada seluruh calon Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) di lima zona. Salah satunya berlokasi di lapangan depan kantor Camat Helvetia Medan, Selasa, (7/7). Hal ini guna memastikan para PPDP nonreaktif dari COVID-19 dalam persiapan Pilkada Kota Medan pada 9 Desember mendatang.

Ketua KPU kota Medan, Agussyah Damanik menjelaskan kegiatan tersebut dilakukan untuk memenuhi protokol kesehatan dalam melaksanakan tahapan Pilkada Medan 2020.

“Hari ini kita lakukan Rapid Test kepada seluruh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) di lima zona seperti di RS Pringadi, lapangan sepak bola tanah 600, lapangan depan kantor Camat Medan Area, Cadika, dan lapangan Helvetia itu dilakukan agar memudahkan PPDP mengakses ke lokasi,” ujarnya.

1. Rapid test akan dilanjut besok di Rumah Sakit Pirngadi

Patuhi Protokol Kesehatan, KPU Medan Rapid Test Para Calon PPDPKPU Medan lakukan Rapid Test untuk Para Calon PPDP (IDN Times/Indah Permata Sari)

Dari 4.294 hanya 727 orang yang masih berlangsung melakukan rapid test. Sisanya para PPDP diharapkan akan melakukan rapid test pada esok hari di Rumah Sakit Pirngadi Medan, agar dapat mengetahui hasil tersebut.

“Dan ini kita lakukan sampai besok, untuk besok mengcover jika ada misalnya yang reaktif atau petugas PPDP tidak datang, tidak mau diperiksa. Jumlah PPDP kita 4.294 dan ini tanggal 15 Juli sampai 13 Agustus mereka akan kita tugaskan dan sebelum itu kita Rapid Test setelah itu bimtek dan sebelum mereka ke lapangan kita pasti kan mereka sehat dan di lapangan mereka dilengkapi dengan APD sehingga masyarakat tidak khawatir,” ungkap Agussyah.

Baca Juga: Diperiksa Sebagai Saksi Pembunuhan, Sarpan Pulang dengan Wajah Lebam

2. Ada PPDP yang undurkan diri karena tak ingin Rapid test

Patuhi Protokol Kesehatan, KPU Medan Rapid Test Para Calon PPDPKPU Medan lakukan Rapid Test untuk Para Calon PPDP (IDN Times/Indah Permata Sari)

Menurutnya, ada PPDP yang ingin mengundurkan diri karena tidak mau lakukan rapid test. Namun, belum dapat dipastikan, rekapitulasi akan dilakukan usai pelaksanaan rapid test.

“Informasi nya ada PPDP yang mengundurkan diri karena tidak mau di-Rapid Test dan nanti kita lihat berapa jumlahnya nanti malam kita lihat datanya,” tambahnya.

3. KPU siap untuk lakukan Pemilu di tengah pandemik COVID-19

Patuhi Protokol Kesehatan, KPU Medan Rapid Test Para Calon PPDPKPU Medan lakukan Rapid Test untuk Para Calon PPDP (IDN Times/Indah Permata Sari)

Ia juga menambahkan bahwa pelaksanaan pemilu nantinya KPU kota Medan sudah mencapai ditahap persiapan, walaupun adanya pandemik COBID-19, persiapan tersebut seperti pembentukan PPK, PPS, dan pemeriksaan kesehatan PPDP. Selanjutnya, KPU akan melakukan sosialisasi dan lakukan coklit data pemilih.

“Pelaksana kita saat ini kan dalam tahap persiapan dan secara umum persiapan kita lancar, dari sisi anggaran kita dicover dari dana APBD dan APBN dari segi personel sudah dibentuk PPK dan PPS dan sekarang PPDP dan kita juga telah lakukan sosialisasi dan tahapan selanjutnya kita lakukan coklit data pemilih dari DPS sampai DPT dari segi semuanya sudah aman dan kita juga melakukan protokol kesehatan dalam penyelenggaraan nantinya,” ungkap Agussyah.

Baca Juga: Gawat! Jenazah PDP COVID-19 Dibawa Kabur dari RS Pirngadi Medan

Topic:

  • Indah Permatasari Lubis
  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya