Comscore Tracker

Melihat Gudang Beras Belanda yang Terlupakan di Pinggiran Kota Medan

Saat ini bangunan ditempati masyarakat

Medan, IDN Times - Bangunan atau rumah kuno yang bersejarah semakin langka. Bahkan, sebagian besar telah hancur tergerus oleh pembangunan yang semakin modern dan hampir hilang.

Namun, ada yang tetap bertahan seperti bangunan Belanda yang saat ini menjadi tempat tinggal warga sekitar meskipun bentuknya sudah tak utuh lagi.

IDN Times mencoba mendatangi lokasi yang berada di Jalan Besar Tanjung Selamat, Deli Serdang yang memiliki kisah sejarah yang mungkin belum banyak diketahui oleh orang-orang yang masih terus dilestarikan hingga kini.

1. Bangunan gudang beras jaman Belanda di pinggir kota sekarang jadi rumah warga

Melihat Gudang Beras Belanda yang Terlupakan di Pinggiran Kota MedanSalah satu bangunan peninggalan Belanda (IDN Times/ Indah Permata Sari)

Salah satunya kawasan dipinggir kota yang didapat oleh IDN Times adalah, bangunan yang konon dalam cerita adalah sebagai tempat penyimpanan beras atau gudang. Lokasi berada di Jalan Pendidikan Tanjug Selamat, Dusun III, Kec. Sunggal, Kab. Deli Serdang.

Bangunan ini terlihat masih dalam bentuk aslinya, seperti pintu depan yang memiliki sejarahnya.

Namun, bangunan gudang beras ini sekarang dialihfungsikan menjadi rumah warga.

Salah seorang yang tinggal dirumah tersebut bernama Mardiah. Ia mengatakan sudah tak ingat lagi bagaimana alasan dirinya pindah kerumah tersebut. Karena, sejak orangtuanya memang telah tinggal disitu.

"Gak ingat lagi. Ini dulu gudang beras. Saya tinggal disini sama adik ada 4, gak ada yang banyak dirombak hanya sekat biasa," ucap perempuan 60 tahun ini.

Ada sekitar 4 rumah bergandeng dengan bangunan yang sama. Satu rumah berukuran sekitar 4x5 meter.

Baca Juga: Lapangan Merdeka Diminta Jadi Cagar Budaya, Wali Kota Medan Digugat

2. Warga yang menempati tak ketahui cerita sejarah pada jaman dulunya bangunan tersebut

Melihat Gudang Beras Belanda yang Terlupakan di Pinggiran Kota MedanSalah satu bangunan peninggalan Belanda (IDN Times/ Indah Permata Sari)

Tak jauh dari lokasi, ada bangunan Belanda bersejarah, yang merupakan tempat untuk mencuci baju atau laundri pada jamannya.

Lokasi ini ada di Jalan Besar Tanjung Selamat Gg. Hidayah Dusun II, Kec. Sunggal, Kab. Deli Serdang.

Nek Sumarni merupakan warga asli di daerah Jalan Besar Tanjung Selamat, yang saat ini menempati bangunan tersebut. Ia mengatakan tak banyak mengatahui cerita bangunan Belanda ini.

"Gak tahu. Mendiang kakek sama bapak yang tinggal disini. Saya pindah sekitar 4 tahun lalu," ucap perempuan 67 tahun ini.

Menurut Nek Sumarni, upaya untuk mempertahankan bentuk asli bangunan tersebut ia tak banyak mengubahnya.

Terlihat atap bewarna hitam dan ventilasi yang masih kental dengan bangunan lamanya, satu rumah berukuran 4x5 meter.

3. Warga sekitar akui Pasar Tanjung Selamat dulunya rumah besar peninggalan Belanda

Melihat Gudang Beras Belanda yang Terlupakan di Pinggiran Kota MedanSalah satu bangunan peninggalan Belanda (IDN Times/ Indah Permata Sari)

Asal usul, ternyata bangunan Pasar Tanjung Selamat yang saat ini berdiri juga memiliki sejarah.

Menurut salah seorang warga sekitar, Nata mengatakan bahwa bangunan Pasar Tannung Selamat tersebut dulunya memiliki bangunan Belanda yang sudah punah.

"Setahu saya dulunya itu bangunan besar peninggalan Belanda. Sekitar 5 atau 6 tahun yang lalu baru berdiri Pasarnya," ujarnya.

Dalam ceritanya, sebelum bangunan tersebut punah pernah sempat ada yang tinggal sekeluarga di dalam bangunan yang merupakan asli warga sekitar.

Setelah diruntuhkan bangunannya, juga pernah menjadi pangkalan angkot umum.

Baca Juga: Mengenal Warisan Kota Medan Lewat Medan Heritage

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya