Comscore Tracker

Ketua PN Medan Positif COVID-19, Seluruh Pegawai Bakal Swab Massal

Pekan depan Kantor PN Medan akan WFH

Medan, IDN Times - Ketua Pengadilan Negeri (PN) Medan, Sutio Jumagi Akhirno dinyatakan positif COVID-19 melalui hasil swab. Dari hasil tersebut, maka seluruh anggota yang ada di PN Medan akan di rencanakan lakukan rapid test dan swab secara massal pada 27-28 Agustus 2020.

Humas PN Medan, Immanuel Tarigan menyebutkan bahwa, belum akan melakukan penutupan kantor dikarenakan yang positif COVID-19 masih Ketua PN Medan. Selain itu, untuk kantor PN setiap sore akan dilakukan penyemprotan disinfektan.

“Belum lockdown karena yang masih terpapar COVID-19 masih pimpinan, kita baru melakukan swab dan rapidla di tanggal 27  dan 28 mungkin nanti penutupan kebijakan akan dilakukan setelah hasil swab keluar. Namun kita tetap melakukan protokol kesehatan,” tuturnya.

1. Kantor PN tidak lockdown, namun dilakukan penyemprotan disinfektan

Ketua PN Medan Positif COVID-19, Seluruh Pegawai Bakal Swab MassalRuangan Jamaluddin dijaga Satpam selama diperiksa oleh Ketua PN Medan (Prayugo Utomo/IDN Times)

Seluruh anggota ini meliputi, hakim, pejabat struktural fungsional, ASN dan honorer yang diperkirakan berjumlah 200 orang.

"Jadi Pengadilan Negeri Medan saat ini tidak lockdown. Namun setiap sore kita lakukan penyemprotan disinfektan dan nanti tanggal 27 dan 28 Kamis atau Jumat ini kita akan lakukan swab dan rapid test. Diperkirakan sekitar 200 orang," ujarnya, pada Selasa (25/8/2020).

Baca Juga: Ketua Pengadilan Negeri Medan Positif COVID-19, Sidang Dikurangi

2. Seminggu ke depan, PN Medan akan lakukan WFH

Ketua PN Medan Positif COVID-19, Seluruh Pegawai Bakal Swab MassalRuangan Jamaluddin dijaga Satpam selama diperiksa oleh Ketua PN Medan (IDN Times/Prayugo Utomo)

Dalam penjelasannya, keputusan ini diambil setelah berkoordinasi dengan Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 dan Dinas Kesehatan Kota Medan. Sehingga pada tanggal 31 Agustus sampai 4 September akan dilakukan Work From Home (WFH).

“Kemudian untuk ditanggal 31 sampai tanggal 4 kemungkinan sebahagian akan di WFH kan tergantung situasi. Jadi standby di kantor itu yang langsung melayani pelayanan publik seperti BPSP, security, hakim yang bersidang,” jelasnya.

“Jadi persidangan pada saat WFH tetap berlangsung, tapi mungkin nanti pada persidangan itu akan dilakukan penundaan-penundaan dua Minggu kedepannya bagi yang bisa ditunda. Hari ini  masih tetpa berjalan seperti biasa karena masih terjadwal,” tambahnya.

3. Sejumlah pekerja PN yang kontak erat dengan ketua PN telah disarankan lakukan swab

Ketua PN Medan Positif COVID-19, Seluruh Pegawai Bakal Swab MassalRuangan Jamaluddin dijaga Satpam selama diperiksa oleh Ketua PN Medan (Prayugo Utomo/IDN Times)

Menurutnya, orang yang berkaitan atau kontak erat dengan ketua PN sudah melakukan isolasi dari hari Senin lalu (24/8/2020), seperti sopir, ajudan dan asisten. “Jadi sudah kita sarankan untuk swab dan hingga menunggu hasilnya keluar,” ujarnya.

“Sudah berkoordinasi dengan pihak kejaksaan negeri, mulai 7 September persidangan pindana akan dilakukan secara daring. Jadi jaksa nanti bersidang ya di kejaksaan. Hakim nya tetap disini terdakwanya di tempat ditahan untuk mengurangi volume pengunjung yang datang ke PN,” ungkapnya.

Baca Juga: Dokter di Simalungun Meninggal karena COVID-19, Bupati: Dia Pahlawan

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya