Comscore Tracker

Cegah Hepatitis Misterius Masuk, Pemko Medan Lakukan Edukasi ke Warga

Pemko Medan akui belum ada warganya terpapar 

Medan, IDN Times - Pemerintah Kota Medan mengambil langkah awal dengan memberikan edukasi kepada warga terkait penyakit hepatitis misterius yang kini menjadi sorotan dunia kesehatan. Hal ini sebagai langkah antisipasi penyebaran hepatitis misterius di Medan.

"Pastinya kita pertama kali akan memberikan edukasi atau informasi baaimana cara penularannya (hepatitis misterius)," ucap Bobby Nasution sebagai Wali Kota Medan.

"Dan bagaimana cara pencegahan, dan ciri-cirinya. Itu pengetahuan awal yang akan kita berikan kepada masyarakat Kota Medan," jelasnya.

1. Bobby: Belum bentuk satgas khusus

Cegah Hepatitis Misterius Masuk, Pemko Medan Lakukan Edukasi ke WargaIlustrasi virus HBV penyebab hepatitis (songofnaturalmedicine.com)

Dirinya mengaku belum membentuk satgas khusus untuk merespon penyakit hepatitis misterius. Lanjutnya, Pemko Medan masih melihat perkembangan terbaru terkait kasus hepatitis misterius.

"Nanti kita lihat perkembangan berikutnya," katanya.

Baca Juga: Dinkes Sumut Pastikan Belum Ada Kasus Hepatitis Misterius

2. Dinas Kesehatan akui belum temui warganya terpapar hepatitis misterius

Cegah Hepatitis Misterius Masuk, Pemko Medan Lakukan Edukasi ke Wargawebmd.com

Sebelumnya, pihak Dinas Kesehatan belum menemukan adanya warga Medan yang terpapar hepatitis misterius.

Kepala Dinas Kesehatan Medan, Taufik Ririansyah mengakui bahwa saat ini belum ada warga Medan yang terpapar penyakit hepatitis misterius.

Dirinya juga merespon data Dinkes Sumut terkait adanya dua anak yang terinfeksi penhakit hepatitis misterius. Dikatakannya bahwa, ia belum menerima data dua anak yanh dimaksud merupakan warga Medan.

"Belum tahu saya, nanti coba saya tanya ke Dinkes Sumut. Belum ada saya dapat datanya," ucapnya.

3. Taufik ingatkan warga terkait cara pencegahan anak dari hepatitis misterius

Cegah Hepatitis Misterius Masuk, Pemko Medan Lakukan Edukasi ke Wargailustrasi virus hepatitis (scientificanimations.com)

Taufik pun mengingatkan warga terkait cara mencegah anak dari hepatitis akut yang kini menjadi sorotan dunia kesehatan.

Seperti mencuci tangan dengan sabun, memastikan makanan dalam keadaan bersih dan matang, tidak bergantian alat makan dengan oranh lain, hindaru kontak dengan orang sakit, dan menjaga keersihan rumah serta lingkunhan.

Selain itu juga mengurangi mobilitas, menggunakan masker jika berpergian, jaga jarak dengan orang lain, dan hindari kerumunan.

Baca Juga: Anak yang Diduga Tertular Hepatitis Misterius di Sumut Meninggal 

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya