Antisipasi Penyakit Rabies, Ratusan Hewan Peliharaan Disuntik Vaksin

Diharapkan ada suntik rabies berkelanjutan

Medan, IDN Times - Pemerintah Kota Medan melalui Dinas Ketahanan Pangan bidang Peternakan menggelar vaksinasi rabies secara gratis selama dua hari di dua lokasi.

Vaksinasi hari pertama dilakukan pada Selasa (25/7/2023) di Jalan Flamboyan 1 Komplek Polda (lapangan badminton), dan hari kedua Rabu (26/7/2023) berlokasi di Jalan Flamboyan, Komplek Polri, Kelurahan Tanjung Selamat Kecamatan Medan Tuntungan.

Ada sekitar 78 ekor untuk hari pertama dan hari kedua tercatat seratusan ekor yang telah divaksinasi rabies yang terdiri dari monyet, kucing dan anjing.

1. Suntik vaksinasi ini dilakukan sebagai antisipasi adanya penyakit rabies

Antisipasi Penyakit Rabies, Ratusan Hewan Peliharaan Disuntik VaksinDinas Ketahanan Pangan bidang Peternakan menggelar vaksinasi rabies (IDN Times/Indah Permata Sari)

Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Medan, Dokter hewan Dara Keumala menjelaskan dilakukan kegiatan suntik rabies di wilayah ini karena mengantisipasi adanya penyakit rabies.

“Ini adalah wabah yang masih terus ada di Medan. Makanya kita selalu melakukan vaksinasi beberapa tempat, pilihannya apakah populasi terbanyak atau terdapat kasus gigitan,” ucapnya.

Menurutnya, beberapa hari atau beberapa lama ini sudah ada laporan terkait kasus gigitan anjing rabies.

“Jadi, dari laporan masyarakat setelah kita respon kita lakukan vaksinasi. Kalau positif terpapar berdasarkan uji lab belum ada. Tapi dari gejala yang kita amati atau berdasarkan dari laporan yang disampaikan pemiliknya anjingnya mengarah kesana,” ujarnya.

Dirinya mengatakan sebelum melakukan penyuntikan vaksinasi rabies, seluruh anjing dipastikan dalam kondisi sehat.

“Yang datang ini mudah-mudahkan setelah kita amati dan kita tanyak sedang sehat dan kota menganjurkan posisi vaksinasi yang dilakukan anjingnya dalam keadaan sehat,” kata Dara.

Penyuntikan vaksinasi rabies ini dianjurkan baiknya seumur hidup hewan peliharaan tersebut dengan jangka waktu 6 bulan sekali.

Baca Juga: Hari Rabies Sedunia, Mengapa Rabies Sangat Mematikan?

2. Suntik rabies dilakukan mengingat adanya kasus gigitan anjing rabies

Antisipasi Penyakit Rabies, Ratusan Hewan Peliharaan Disuntik VaksinDinas Ketahanan Pangan bidang Peternakan menggelar vaksinasi rabies (IDN Times/Indah Permata Sari)

Sekretaris Lurah Tanjung Selamat, Bajora Siregar mengatakan latar belakang dilakukannya suntik rabies ini karena ada kasus gigitan anjing yang diduga berpenyakit rabies.

“Yang pertama kemaren ada beberapa warga kami yang kena gigit anjing. Kemudian setelah diobservasi anjingnya ada yang mati. Satu pegawai kantor lurah, dan anak anggota dewan kita. Tapi anjingnya masih sehat,” ungkapnya.

“Itu latar belakang kami kemudian membuat surat ke Ketapang untuk diadakan vaksin tadi saat ini total anjingnya ada dua, satu mati satu lagi masih dalam pantauan,” tambahnya.

3. Pemilik hewan peliharaan berharap ada suntik rabies berkelanjutan

Antisipasi Penyakit Rabies, Ratusan Hewan Peliharaan Disuntik VaksinDinas Ketahanan Pangan bidang Peternakan menggelar vaksinasi rabies (IDN Times/Indah Permata Sari)

Terlihat para pemilik anjing, kucing dan seekor kera sedang sibuk mengantri untuk dipanggil namanya dalam penyuntikan vaksinasi rabies hewan peliharaan masing-masing.

Seluruh pemilik hewan peliharaan di Kelurahan Tanjung Selamat ini rata-rata masih kali pertama melakukan penyuntikan vaksinasi rabies.

Rasa khawatir diungkapkan Husna oleh salah satu pemilik kucing berjenis Himalaya.

“Ya takut karena kita juga punya anak, takut anak kena kan bahaya,” ucapnya.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Tobing, dengan melakukan vaksinasi rabies yang pertama kali pada hewan peliharaan kesayangannya.

Ia memiliki 8 ekor anjing kampung, terdiri dari 2 ekor induk dan 6 ekor anak.

“Sekarang udah gak khawatir lagi kita. Senang ada program begini. Jadi rabies itu bisa kita hilangkan,” tutur Tobing.

Dirinya berharap pelaksanaan suntik rabies akan dilakukan secara bertahap kedepannya.

“Semoga ada kelanjutannya, karena suntik rabies ini harus berkelanjutan,” harapnya.

Baca Juga: Marak Kasus Rabies, Pemko Medan Gelar Vaksinasi Hewan Peliharaan

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya