5.272 Jemaah Haji asal Sumut Telah Pulang ke Tanah Air

Saat ini sudah masuk kloter 15 di Debarkasi Medan

Medan, IDN Times - Sebanyak 5.272 jemaah Haji asal Sumatra Utara sudah selesai menunaikan ibadah haji di tanah suci Makkah dan Madinah. Mereka sudah kembali ke tanah air.

Hal ini dikatakan oleh Imam Mukhair sebagai Humas PPIH Debarkasi Medan, pada Rabu (10/7/2024).

1. Sebanyak 61,48 persen jemaah haji yang sudah tiba ke asal Sumut

5.272 Jemaah Haji asal Sumut Telah Pulang ke Tanah AirSuasana sampai jemaah Haji ke Debarkasi Medan (Dok. Humas Kemenag Sumut)

Data ini belum termasuk data 25 petugas Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI), 24 Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI), dan 72 Tenaga Kesehatan Haji Indonesia (TKHI).

Jika ini termasuk, maka berjumlah 5.347 jemaah Haji yang terakhir di update pada Kelompok Terbang (Kloter 15) dari total keseluruhan 8.697 jemaah Haji dan petugas yang berangkat.

Diketahui total jumlah jemaah Haji yang berangkat termasuk 8.697 dan telah tiba 5.347 dengan rincian jenis kelamin pria 2.166 jemaah dan perempuan 3.188 jemaah.

Sedangkan jemaah Haji yang belum pulang sebanyak 3.350 jemaah. Jika dipresentasikan ada 61,48 persen yang sudah tiba dan belum tiba 38.52 persen.

2. Tanda kemabruran haji terlihat dari jemaah haji yang sopan dan santun

5.272 Jemaah Haji asal Sumut Telah Pulang ke Tanah AirSuasana sampai jemaah Haji ke Debarkasi Medan (Dok. Humas Kemenag Sumut)

Saat ini, sudah masuk Kelompok Terbang (Kloter) 15 asal Mandailing Natal tiba lebih awal dari jadwal sebanyak 356 jemaah Haji dari Pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 3215 tiba dengan selamat di Bandara Kualanamu Deli Serdang, pada Rabu (10/7/2024) sekitar pukul pukul 12.22 lebih awal dari jadwal yakni pukul 13.35 WIB.

Ketua PPIH Debarkasi Medan, Ahmad Qosbi, merasakan letihnnya melaksanakan ibadah haji selama 40 hari di tanah suci, memohon ampun atas kesalahan dan dosa, semoga segala amal ibadah diterima Allah SWT dan meraih predikat haji mabrur.

Lanjutnya, tanda kemabruran haji sudah terlihat dari jemaah haji yang sopan dan santun, tertib dan teratur dalam mengikuti rangkaian kepulangan jemaah haji.

3. Diharapkan jemaah menjaga kemabruran dengan menjaga sikap dan perkataan

5.272 Jemaah Haji asal Sumut Telah Pulang ke Tanah AirSuasana sampai jemaah Haji ke Debarkasi Medan (Dok. Humas Kemenag Sumut)

Diharapkan jemaah haji menjaga kemabruran haji dengan menjaga sikap dan perkataan, melaskanakan solat berjamaah di masjid terutama bagi laki-laki, menjadi sosok yang selalu dirindukan dan menjadi contoh teladan bagi masyarakat.

"Kami atas nama PPIH Debarkasi Medan mengucapkan permohonan maaf jika ada salah dan khilaf dalam pelayanan baik saat keberangkatan dan pemulangan. Panitia melaksanakan tugas dengan tulus dan Ikhlas semata-mata mengharap ridho dari Allah SWT, namun sebagai manusia biasa tentu tidak lepas dari dosa dan khilaf,” ucapnya.

Ketua PPIH Debarkasi Medan mengucapkan selamat jalan kembali ke Mandailing Natal, selamat berkumpul kembali bersama keluarga dan senantiasa selalu memelihara kemabruran haji.

Baca Juga: Jemaah Haji Labuhanbatu Gunakan Kereta Api Luar Biasa untuk Pulang

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya