Comscore Tracker

Ruang Isolasi Virus Corona di Siantar, Bekas Ruangan Pasien Flu Burung

Penanganan pasien tetap seperti biasa

Pematangsiantar, IDN Times - Kementerian Kesehatan mengeluarkan daftar rumah sakit yang menjadi rujukan bagi penanganan pasien virus corona. Di Sumatera Utara terdapat 5 rumah sakit, salah satunya Rumah Sakit Umum (RSU) Pematang Siantar atau RSUD dr. Djasamen Saragih. 

Wakil Direktur RSUD dr. Djasamen Saragih, dr. Harlen Saragih mengatakan, pihaknya baru saja menggelar rapat bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Siantar. Kepala Dinkes, kata dia telah mengintruksikan seluruh puskesmas dan RSUD dr. Djasamen Saragih untuk siap menangani pasien corona.

1. Ruang isolasi virus corona bekas ruang pasien flu burung

Ruang Isolasi Virus Corona di Siantar, Bekas Ruangan Pasien Flu BurungWadir RSU Pematang Siantar dr. Harlen Saragih (IDN Times/Gideon Aritonang)

Wakil Direktur yang membidangi pelayanan ini mengaku sudah menyiapkan ruang isoladi untuk pasien yang diduga terpapar virus corona. Ruangan itu terdiri dari 3-5 kamar pasien, yang sebelumnya juga digunakan penanganan pasien virus flu burung dan virus lainnya. 

"Ruangan nya sudah kita siapkan, ini lagi kita benahi ulang. Dulu kan sudah ada. Tetapnya kita punya (ruang isolasi) itu," ujarnya saat ditemui di RSUD dr. Djasamen Sargih, Selasa (3/3). 

Nantinya, pasien yang positif terpapar virus corona akan dirujuk ke Rumah Sakit Adam Malik Medan. "(RS Adam Malik) kan kelas B, kita kelas A. Adam malik pun nanti bila perlu penanganan khusus, (pasien) dikirim ke Jakarta itu, rumah sakit khusus infeksi," jelasnya. 

Baca Juga: [BREAKING] Ini 5 RS di Sumut yang Disiapkan untuk Pasien Virus Corona

2. Persiapan penanganan pasien corona tetap seperti biasa

Ruang Isolasi Virus Corona di Siantar, Bekas Ruangan Pasien Flu BurungIlustrasi Virus Corona (IDN Times/Reja Gussafyn)

RSUD dr. Djasamen saragih, lanjut Harlen telah menyiapkan sedikitnya 20 orang petugas medis, termaksud dokter untuk penanganan pasien virus corona. Setiap petugas juga disiapkan APD (Alat Pelindung Diri). 

"Kalau tenaga medis kita ada, siap. Kalau alat medis sebenarnya, sama dengan pengobatan biasanya ini. Kebetulan (corona) ini virus yang baru, obatnya belum ada," lanjutnya. 

Halen Sarahih mengaku, penanganan virus bukan hal baru lagi bagi RSUD dr. Djasamen Saragih. Maka dari itu, penanganan pasien virus corona pun akan sama seperti biasa. 

"Karena ini bukan yang baru lagi, mulai dari flu burung, SARS kan ingat dulu. Ya kita seperti biasa aja persiapannya tetap. Kita persiapkan APD (Alat Perlindungan Diri), petugas kita," terangnya.

3. Jalur evakuasi khusus disiapkan bagi pasien corona

Ruang Isolasi Virus Corona di Siantar, Bekas Ruangan Pasien Flu BurungRuang isolasi virus corona RSU Pematang Siantar (IDN Times/Gideon Aritonang)

Ruang isolasi yang nantinya digunakan untuk penanganan pasien virus corona berada di ujung lorong rumah sakit. Ruang itu tepat berada di depan ruang isolasi pasien tuberkulosis. 

Ruangan itu terdiri dari sejumlah kamar, westafel dan kamar mandi. Tiap kamar pasien dipisahkan tembok. "Tiap kamar, tiap pasien. Tidak digabung," pungkas Harlen menunjuk kamar yang dimaksud. 

Di dalam kamar rawat pasien hanya terdapat satu tempat tidur yang tampak masih berantakan. Satu jemuran kain yang terbuat dari besi, meja dan perawat. Tidak ada satu pun alat kesehatan di dalamnya. 

Sementara untuk jalur pasien, dr. Harlen menjelaskan telah menyiapkan jalur khusus yang langsung menuju pintu samping ruang isolasi. Jalurnya sama seperti pasien virus flu burung, yang tidak akan melalui ruang rawat inap pasien umum. 

Baca Juga: Sudah Masuk Indonesia, Ini Masker yang Digunakan untuk Hindari Corona

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya