Polmed Tampung 3.068 Calon Mahasiswa, 40 Persen dari Jalur SNBT

Polmed punya laboratorium berstandard internasional

Medan, IDN Times - Politeknik Negeri Medan (Polmed), merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Sumut. Politeknik yang letaknya berada di lingkungan Universitas Sumatra Utara (USU), tahun ini dikabarkan akan membuka daya tampung untuk calon mahasiswanya sebanyak 3.068 orang untuk program Sarjana dan Diploma.

Humas Polmed, Sinta Wiridiyah, mengatakan jika kampus yang almamaternya berwarna ungu ini siap menyambut SNPMB (Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru) tahun 2024. Polmed juga dikatakannya telah memiliki laboratorium atau tempat praktikum yang telah berstandard internasional.

1. Tahun 2024 Polmed tampung 3.068 calon mahasiswa, 40 persennya dari SNBT

Polmed Tampung 3.068 Calon Mahasiswa, 40 Persen dari Jalur SNBTIkon Pesawat di kampus Polmed (dok. Tiara Padma Balqis)

Pada seleksi penerimaan mahasiswa baru tahun 2024 ini, Politeknik Negeri Medan melalui jalur SNBP memiliki daya tampung 35 persen, di SNBT daya tampungnya 40 persen, dan jalur mandiri 25 persen. Di mana total penerimaan Polmed dari 26 program studi ini sebesar 3.068 mahasiswa. 

"Yang terbanyak daya tampungnya adalah program studi Teknik Mesin (D3) sebanyak 224, Perbankan dan Keuangan (D3) sebanyak 224, kemudian ada Administrasi Bisnis sebanyak 224 (D3), dan Akuntansi sebanyak (D3) 196," kata Sinta.

Sementara untuk program sarjana yang paling banyak adalah Akuntansi Keuangan Publik yang menerima 150 orang, kemudian ada Teknologi Rekayasa Perangkat Listrik sebanyak 140 orang, dan Teknologi Rekayasa Multimedia Grafis sebanyak 140 orang.

"Oh iya, kami juga punya program open kampus untuk semua siswa-siswi yang ingin berkunjung ke Polmed. Jadi mereka bisa langsung melihat bagaimana proses belajar-mengajar di laboratorium, bengkel, dan semuanya di sini," tambahnya.

2. Polmed merupakan kampus vokasi, lebih banyak praktek dibanding teori

Polmed Tampung 3.068 Calon Mahasiswa, 40 Persen dari Jalur SNBTGedung yang ada di kampus Polmed (dok. Tiara Padma Balqis)

Politeknik Negeri Medan ini dikenal sebagai kampus dengan pendidikan vokasi. Di mana pendidikan vokasi ialah mereka yang berfokus pada pengembangan keterampilan praktik. Calon mahasiswa yang akan berkuliah di Polmed nanti akan lebih ke prakteknya daripada belajar teori.

"Di sini itu praktek 70 persen dan teorinya 30 persen, memang kita dibentuk relevan sesuai dengan kebutuhan industri saat ini," kata Sinta.

Dirinya menyebutkan jika sejauh ini Polmed sendiri telah membina lebih dari 42.000 mahasiswa. Di mana para alumninya telah berhasil dan sukses kerja di ratusan perusahaan dengan SDM terbaik.

"Kami telah bekerjasama dengan ratusan perusahaan, baik pemerintah maupun swasta. Untuk fasilitas sendiri, kami memiliki fasilitas kampus vokasi terbaik di Sumatra Utara," jelas Sinta.

3. Polmed punya laboratorium berstandard Internasional

Polmed Tampung 3.068 Calon Mahasiswa, 40 Persen dari Jalur SNBTKunjungan mahasiswa luar ke kampus Polmed (IDN Times/Eko Agus Herianto)

Polmed mencetak lulusan-lulusan yang siap menjadi entrepreneur dan profesional, hal itu disampaikan langsung oleh Sinta. Polmed sendiri telah memiliki laboratorium, bengkel, dan yang telah bersertifikasi internasional.

"Fasilitas teknik ada bengkel dengan peralatan paling terkini, kami punya laboratorium praktek terbaik dan terlengkap, laboratorium EBT (Energi Baru Terbarukan), laboratorium pengujian material, ada workshop welding standard internasional, hingga laboratorium komputer hi-tech," kata Sinta.

Dirinya mengatakan tak perlu khawatir untuk para pendaftar untuk uang kuliah. Di Polmed, mereka menggunakan sistem UKT berkeadilan.

"Untuk biaya kuliah di polmed juga sama dengan PTN BH, kita sudah menggunakan uang kuliah berkeadilan, mulai dari 500.000 sampai dengan 5 juta sesuai dengan pembagian kelompok-kelompok UKT-nya. Sementara di jalur mandiri, UKT penuhnya adalah 5 juta," pungkasnya.

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya