Untuk Air yang Bersih, PDAM Tirtanadi Medan Inovasi Program Baru

Plt Wali Kota Medan: regulasi dan retribusi harus jelas

Medan, IDN Times - PDAM Tirtanadi Medan akan meresmikan program inovasi sanitasi bersih melalui program Layanan Lumpur Tinja Terjadwal (L2T2) dan program Layanan Lumpur Tinja Tidak Terjadwal (L2T3) Februari mendatang, hal itu disambut baik Pemerintah Kota Medan.

Fauzan Nasution selaku Direktur Air Limbah PDAM Tirtanadi saat berkunjung ke Rumah Dinas Wali Kota Medan, mengatakan program tersebut bertujuan agar masyarakat hidup lebih sehat

"Program ini bertujuan untuk masyarakat dengan harapan agar masyarakat dapat hidup lebih sehat. Sebab, selama ini kita melihat terkadang masyarakat sering abai dengan kondisi septictank rumahnya. Padahal, jika tidak dilakukan penyedotan secara berkala dan tidak sesuai prosedur justru dapat merugikan masyarakat," kata Fauzan, Rabu (22/1)

1. Memiliki sistem perpipaan dan nonperpipaan

Untuk Air yang Bersih, PDAM Tirtanadi Medan Inovasi Program Baruilustrasi pipa (IDN Times/Daruwaskita)

Enam orang jajaran direksi di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi Medan yang datang menghadap Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution, bertujuan melakukan koordinasi untuk mencapai target akses sanitasi yang lebih baik lewat pengolahan air limbah L2T2 dan L2T3.

"L2T2 dan L2T3 merupakan program PDAM Tirtanadi di mana program tersebut memiliki sistem perpipaan dan non perpipaan. Program ini bertujuan untuk masyarakat dengan harapan agar masyarakat dapat hidup lebih sehat," ujarnya.

Baca Juga: Uji Kelayakan di Golkar, Akhyar Tidak Pikirkan Soal Menantu Jokowi

2. Menjamin limbah terbuang tidak mencemari lingkungan

Untuk Air yang Bersih, PDAM Tirtanadi Medan Inovasi Program BaruBalai Pengelolaan Infrastruktur Air Limbah dan Air Minum Perkotaan (PIALAMP). IDN Times/Febriana Sinta

Ia pun menerangkan bila program terlaksana lingkungan tidak akan tercemar dan masyarakat dapat hidup sehat.

"Lewat ini kita menjamin bahwa limbah yang dibuang tidak akan mencemari lingkungan masyarakat dapat hidup sehat dan lingkungan tetap bersih," katanya.

3. Regulasi dan retribusi daerah harus jelas

Untuk Air yang Bersih, PDAM Tirtanadi Medan Inovasi Program BaruPlt Wali Kota Medan, Akhyar Nasution (IDN Times/Prayugo Utomo)

Plt Wali Kota Akhyar Nasution, menyambut baik inovasi kreatif PDAM Medan. Kendati demikian, Akhyar mengingatkan pada pelaksanaan regulasi dan retribusi pembayaran harus jelas.

"Kami senang dengan inovasi ramah lingkungan ini. Apalagi secara keseluruhan ini untuk kebaikan Kota Medan. Namun, terkait hal teknis lainnya seperti sistem keikutsertaan masyarakat sebagai anggota program dan pembayaran, harus benar-benar disosialisasikan agar masyarakat memahami sekaligus meminimalisir adanya keluhan," kata Akhyar.

Baca Juga: Usai Hadiri Sidang Eldin, Plt Wali Kota Medan Marah-marah ke Jurnalis

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya