Comscore Tracker

Tanam Pohon di Langkat, Kapolda Sumut Tempuh 74 Km dengan Bersepeda

Galakkan penanaman pohon untuk cegah banjir

Medan, IDN Times - Kapolda Sumut yang baru, Irjen Pol Martuani Sormin melakukan kegiatan positif jelang akhir pekan. Bersama istrinya Risma Martuani Sormin mereka melakukan penanaman pohon di Sekolah Polisi Negara (SPN) Hinai Polda Sumut, Jumat (10/1) pagi. Kegiatan ini dilakukan untuk mencegah banjir dan menjaga kelestarian alam.

Kegiatan ini dihadiri jajaran Polda Sumut termasuk Wakapolda Sumut Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto beserta istri serta jajaran dan para siswa di SPN Hinai Polda Sumut.

1. Diawali naik sepeda 74 kilometer ke SPN Hinai

Tanam Pohon di Langkat, Kapolda Sumut Tempuh 74 Km dengan BersepedaKapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin tanam pohon di SPN Hinai (Dok.IDN Times/istimewa)

Uniknya Kapolda Sumut dan rombongan berangkat dari rumah dinas menuju SPN Hinai dengan cara bersepeda. Cukup jauh karena Hinai berada di Kabupaten Langkat. Dia  menempuh jarak sekitar 74 kilometer.

Namun lulusan Akpol 1987 itu terlihat sangat bersemangat meski usia sudah gak muda. Mereka mulai start pukul 06.00 WIB pagi.

Semangat itu tertular kepada rombongan sehingga jauhnya jarak tempuh tak terasa. Sesampainya di lokasi, Martuani dan jajaran langsung menggelar kegiatan tanam pohon.

Baca Juga: Perayaan Natal di Sumut Aman, Kapolda Sumut: Semoga Membawa Berkah

2. Penanaman pohon akan terus dilakukan untuk membantu menanggulangi banjir

Tanam Pohon di Langkat, Kapolda Sumut Tempuh 74 Km dengan BersepedaIbu Bhayangkara Sumut Risma Martuani Sormin (Dok.IDN Times/istimewa)

Ada 1.500 bibit pohon yang ditanam dan terdiri dari jenis tanaman keras dan produksi. Martuani mengatakan penanaman pohon akan rutin dilakukan di lahan-lahan kritis dan tandus. Menurutnya, hal ini adalah salah satu cara membantu menanggulangi bencana alam khususnya banjir.

"Kita melihat sudah begitu banyak daerah yang dilanda bencana banjir. Oleh karena itu, kegiatan ini akan terus kita galakkan. Ini juga wujud kepedulian terhadap lingkungan yang nantinya berguna untuk generasi di masa depan," ungkap Mantan Asisten Operasi Kapolri itu.

3. Polda Sumut akan berkoordinasi dengan semua pihak untuk mencari berbagai inovasi penanggulangan bencana di Sumut

Tanam Pohon di Langkat, Kapolda Sumut Tempuh 74 Km dengan BersepedaKapolda Sumut dan Ibu Bhayangkari Sumut beserta jajaran memegang bibit pohon (Dok.IDN Times/istimewa)

Pria asal Tapanuli Utara itu mengatakan pihaknya, menjalin kerja sama dengan semua stakeholder serta instansi terkait untuk inovasi penanggulangan bencana.

Selain itu di tempat yang sama, Martuani juga meresmikan kolam ikan 'Laju' Lubuk Larangan di SPN Hinai Polda Sumut. Ribuan benih ikan ditabur di kolam tersebut.

"Harapannya ikan-ikan ini dapat berguna bagi personel maupun masyarakat sekitar SPN Hinai Polda Sumut," harap ayah tiga anak ini.

Baca Juga: Natal Perdana di Sumut, Kapolda Martuani Sormin ke Gereja Lau Dendang

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya