Perindo Buka Penjaringan, 16 Tokoh di Tapteng Ambil Formulir

Salah satunya Wakil Wali Kota Sibolga

Sibolga, IDN Times - Menjelang Pilkada serentak tahun 2020, sejumlah partai di Kota Sibolga, Sumatera Utara tengah mempersiapkan diri untuk menghadapi pesta demokrasi. Persiapan itu dimulai dengan melakukan penjaringan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

Salah satu partai yang melakukan penjaringan itu yakni Partai Perindo Kota Sibolga. Diketahui, pada pemilu kemarin partai ini berhasil melenggang ke Senayan dengan perolehan sekitar 3 persen suara nasional.

Melalui pencapaian bagus itu, partai Perindo Kota Sibolga juga berhasil mendudukkan 3 kadernya di legislatif.

1. Sebanyak 16 tokoh telah mendaftar ke Partai Perindo Kota Sibolga

Perindo Buka Penjaringan, 16 Tokoh di Tapteng Ambil FormulirIDN Times/Isidorus Rio Turangga

Sejak tahapan dibuka 1 Oktober lalu, diketahui ada 16 tokoh menjemput formulir pendaftaran di Kantor DPD Perindo yang terletak di Jalan SM Raja Sibolga.

Dari data yang diterima, para tokoh itu di antaranya Darwin Pohan, Taruli Asi Parlagutan Sipahutar, Bahdinur Tanjung, Ahmad Kennedy Simanullang, Jamaluddin Pohan, termasuk petahana Wakil Wali Kota Sibolga Edi Polo Sitanggang.

"Soal siapa mau jadi balon wali kota dan balon wakil nanti akan ketahuan saat mengembalikan formulir sampai tgl 15 Oktober nanti, sampai hari ini belum ada yang kembalikan formulir," kata Ketua Penjaringan Henry Sinaga, Rabu (9/10).

Baca Juga: Ungkap Peredaran Narkoba 3 Bulan, Polres Tapteng Tangkap 36 Tersangka

2. Uji kelayakan dan kepatutan akan dilakukan November

Perindo Buka Penjaringan, 16 Tokoh di Tapteng Ambil FormulirANTARA/Akbar Nugroho Gumay

Henry menyebut, tahapan penjaringan dan pelengkapan berkas bakal calon akan dilakukan bertahap sepanjang bulan Oktober.

Sementara untuk tahap selanjutnya, kata Henry akan dilakukan uji kepatutan dan kelayakan yang akan digawangi DPW Perindo Sumatera Utara.

"Uji kelayakan dan kepatutan balon itu dilaksanakan November di DPW Perindo Sumut. Kalau tanggal menyusul setelah rapat penjaringan," kata dia.

3. Belum ada kader Perindo tunjukkan untuk maju pada Pilkada Kota Sibolga

Perindo Buka Penjaringan, 16 Tokoh di Tapteng Ambil FormulirIDN Times/Hendra Simanjuntak

Henry mengaku pihaknya optimis dilirik para bakal calon termasuk partai-partai politik untuk disanding sebagai koalisi di Pilkada nanti.

Namun meski optimisme itu muncul, kata Henry hingga hari ini belum ada kader partai besutan Hary Tanosoedibjo itu yang menunjukkan gestur akan maju.

"Belum, belum ada kalau dari kader yang menunjukkan gestur ingin (maju), iya termasuk Ketua DPD Perindo Sibolga, Maykel Fuater," ucap Henry

Wakil Sekretaris Penjaringan Lusi Panggabean menimpali, jikapun ada kader partai yang akan maju, menurutnya kewenangan itu merupakan penunjukan dari DPP Perindo.

"Mekanisme di Perindo, kader yang ingin ikut tidak musti mendaftar, tapi jika itu ada maka penunjukan dari DPP, dan itu pembahasan internal," ungkap Lusi.

Baca Juga: Dua Perusahaan di Tapteng Terancam Tutup, Ini Reaksi GM PT Toba Surimi

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya