Comscore Tracker

Karhutla di Tapteng, Bupati: Warga Jangan Lagi Bakar Lahan

Diperkirakan 5 hektare lahan terbakar

Tapanuli Tengah, IDN Times - Bupati Tapanuli Tengah, Bakhtiar Ahmad Sibarani meninjau lokasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Desa Kampung Sebelah, Kecamatan Badiri, Sumatera Utara, Selasa (17/9) malam. Bakhtiar yang mengenakan kaos merah terlihat menaiki bukit menuju lokasi kebakaran. Jarak yang ia tempuh mencapai 200 meter dari tepi jalan.

"Saya sudah tinjau langsung lokasi kebakaran, dan hingga kini, upaya pemadaman masih terus dilakukan," kata Bakhtiar saat dikonfirmasi.

Soal pemicu kebakaran itu, Bakhtiar memastikan akan melakukan penelusuran lebih lanjut. Ia menyebut kebakaran terjadi di lahan warga.

"Soal pemicu masih dicari tahu ya, tapi yang terpenting sekarang kebakaran sudah kita tangani dengan baik, dan kita berharap tidak lagi berdampak luas," ujarnya.

Melihat kondisi yang terjadi di Riau dan Kalimantan, Bakhtiar pun mengimbau agar masyarakat jangan lagi membakar lahan atau hutan.

"Kita sudah lihat bagaimana dampak kebakaran, asap telah menjadi malapetaka di banyak daerah di Indonesia, jangan sampai itu terjadi di Tapteng. Karena itu saya mengimbau seluruh warga, agar jangan melakukan pembakaran sembarangan, apalagi membiarkannya meluas," ujarnya.

Diperkirakan, ada sekitar 5 hektare lahan dan hutan terbakar di perbukitan Desa Kampung Sebelah. Sebanyak 7 unit mobil Pemadam Kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api.

"Sekitar 3 hektare lahan yang terbakar sudah ditangani. Yang sulit dijangkau itu di puncak bukit akibat alat yang terbatas," kata Kabid Damkar Tapteng, Lukman Situmeang.

Baca Juga: [BREAKING] Kebakaran Hutan & Lahan di Tapteng, 7 Damkar Diturunkan

Topic:

  • Doni Hermawan

Just For You