Diresahkan Penampakan Harimau, Warga Tongging Takut ke Kebun

BBKSDA sedang mencari kebenaran informasi tersebut

Medan, IDN Times - Warga yang bermukim di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, dihebohkan dengan penampakan hewan yang diduga Harimau, Minggu (28/7). Kemunculan hewan buas ini membuat masyarakat enggan beraktivitas jauh dari perkampungan.

Mereka takut menjadi mangsa hewan pemakan daging (Karnivora) ini. Aktivitas warga pun menjadi terganggu.

Baca Juga: 5 Harimau Berkeliaran di Hutan Sosopan, Warga Jangan Picu Konflik

1. Desa Tongging berbatasan dengan hutan

Diresahkan Penampakan Harimau, Warga Tongging Takut ke Kebundailymaverick.co.za

Menurut data yang diperoleh, kemunculan 'si belang' itu pertama kali berdasarkan informasi dari warga di Desa Tongging. Desa perbatasan dengan hutan ini berjarak sekitar 110 kilometer dari Kota Medan.

"Benar, kita menerima informasi dari warga sekitar pada Minggu (28/7). Kita langsung merespon dan melakukan upaya pembuktian," kata Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Utara, Hotmauli Sianturi, ketika dikonfirmasi, Selasa (30/7).

2. Tim gabungan memverifikasi kebenaran informasi penampakan Harimau

Diresahkan Penampakan Harimau, Warga Tongging Takut ke Kebunid.pinterest.com

Hotmauli mejelaskan, petugas gabungan yang diturunkan terdiri dari tim Seksi Konservasi Wilayah I Sidikalang, Bidang Konservasi Wilayah I Kabanjahe dan BBKSDA Sumatera Utara, sudah berada di lokasi.

"Mereka masih memverifikasi kebenaran dari laporan tesebut," sambung Hotmauli.

Terpisah, Kepala Seksi Konservasi Wilayah I Sidikalang, Tuahman Raya Tarigan menuturkan, menurut laporan yang diterimanya, waktu itu saksi mata sedang berada di atas pohon mangga. Sedangkan hewan buas itu hanya berjarak 50 meter dari pohon.

"Temuan itu seketika membuat warga panik dan resah. Akibatnya mereka gak berani ke kebun. Keresahan ini yang sedang kita redam," kata Tarigan.

3. Penampakan yang sama pernah juga terlihat di Desa Paropo

Diresahkan Penampakan Harimau, Warga Tongging Takut ke Kebunworldwildlife.org

Tarigan menyebut, menurut keterangan warga, kemunculan binatang pemburu itu di Desa Tongging merupakan kali pertama selama lima dekade terakhir. Sedangkan kabar kemunculan hewan yang sama pernah diketahui ada di Desa Paropo, Kecamatan Silalahi Sabungan, Kabupaten Dairi, yang berjarak sekitar 25 kilometer dari Tongging.

"Kalau tak salah sekitar bulan Juni lalu warga Paropo ada yang melihat. Kemudian warga melakukan pembakaran untuk mengusir harimau itu. Ada dugaan harimau itu berpindah ke Tongging, tapi hal ini masih spekulatif," ujarnya.

Untuk sementara, lanjut Tarigan, hasil temuan mereka di Tongging, baru sebatas mendapati jejak babi hutan di tempat Harimau muncul. Pun begitu, pelacakan masih terus dilakukan. Langkah selanjutnya, tergantung pada temuan yang diperoleh di lapangan.

"Kalau memang ada. Kita pasti melakukan antisipasinya," jelas Tarigan.

Baca Juga: Serang Warga Padang Lawas, Seekor Harimau Ditangkap Tim Gabungan

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya