Comscore Tracker

Cory Sebayang-Theo Ginting Menangi Persaingan Ketat Pilkada Karo

Cory-Theo unggul tipis dari dua rivalnya

Medan, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karo Umumkan Cory Sriwaty Sebayang dan Theopilus Ginting dipastikan meraih suara terbanyak Pilkada Karo 2020. Pada rapat pleno rekapitulasi suara yang berakhir Selasa (15/12/2020) pukul 01.00.WIB, Cory-Theo meraih total 59.608 suara.

Pilkada Karo sendiri juga cukup ketat karena diikuti 5 paslon. Cory-Theo mengalahkan empat rival lainnya. Jusua Ginting/Saberina Tarigan, Cuaca Bangun/Agen Purba, Iwan Depari/Budianto Surbakti, dan Yus Felesky Surbakti/Paulus Sitepu.

"Berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan suara hari ini, paslon yang meraih suara terbanyak adalah Paslon nomor urut 5, yakni Calon Bupati Cory Sriwaty Sebayang dan wakil Bupati Karo Theopilus Ginting," ujar Ketua KPU Karo Gemar Tarigan.

1. Persaingan suara cukup ketat antar tiga paslon

Cory Sebayang-Theo Ginting Menangi Persaingan Ketat Pilkada KaroPilkada Karo 2020 (Dok.IDN Times/istimewa)

Cory-Theo hanya unggul tipis dari dua paslon lainnya. Mereka unggul 7.589 suara dari rivalnya Jusua Ginting/Saberina Tarigan yang meraih 52.019 suara.

Sementara Iwan Depari/Budianto Surbakti dengan perolehan 51.103 suara. Dua paslon lainnya Cuaca Bangun/Agen Purba meraih 21.349 suara dan Yus Felesky Surbakti/Paulus Sitepu dengan 3.158 suara.

Baca Juga: Asli Karo, 10 Potret Memesona Femila Sinukaban Peserta Indonesian Idol

2. Cory/Theo unggul di 9 kecamatan

Cory Sebayang-Theo Ginting Menangi Persaingan Ketat Pilkada KaroCory Sebayang-Theo Ginting memenangi Pilkada Kabupaten Karo 2020 (Facebook Theopilus Ginting)

Cory/Theo unggul di 9 kecamatan. Sementara Iwan/Budianto unggul di 5 kecamatan. Sedangkan Jusua Ginting/Saberina Tarigan 3 kecamatan.

"Berdasarkan ketentuan yang ada, pasangan masih dapat mengajukan sengketa hasil pilkada ke Mahkamah Konstitusi (MK). Apabila dalam tiga hari tidak ada sengketa yang diajukan, maka KPU dapat menetapkan bupati dan wakil bupati terpilih 2020 -2024,"ujar Gemar.

3. Cory berstatus Wakil Bupati Karo petahana dan didukung 2 partai

Cory Sebayang-Theo Ginting Menangi Persaingan Ketat Pilkada KaroCory Sebayang-Theo Ginting memenangi Pilkada Kabupaten Karo 2020 (Facebook Theopilus Ginting)

Cory adalah wakil Bupati Karo yang sebelumnya mendampingi Terkelin Brahmana. Cory menggandeng pengusaha Theopilus. Theo juga adalah manajer klub Liga 3Karo United. Cory-Theo yang diusung Partai Gerindra dan Perindo.

Sementara rivalnya Jusua/Saberina diusung Partai NasDem, Hanura dan PKPI. Sementara Iwan Depari dan Budianto Surbakti diusung PDIP. Paslon lainnya Yus Felesky Surbakti dan Paulus Sitepu, yang diusung Partai Golkar, Demokrat, dan PAN. Sementara Cuaca Bangun/Agen Purba maju dari jalur perseorangan. 

Baca Juga: Sah! Juliadi-Amir Hamzah Menang Pilkada Kota Binjai

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya