Comscore Tracker

Bom di Medan, Polres Binjai dan Langkat Batasi Kendaraan yang Masuk

Jika mencurigakan dilarang masuk

Binjai, IDN Times - Pasca bom bunuh diri yang terjadi di Mapolrestabes Medan, kepolisian-kepolisian resort dan polsek-polsek di Sumatera Utara meningkatkan kesiagaan. Tak terkecuali Polres Binjai dan Polres Langkat yang turut memperketat keamanan markas mereka. Setiap pengunjung yang akan masuk ke dalam diperiksa secara teliti. Terlebih bagi pengendara sepeda motor yang mengenakan jaket dan membawa tas.

Seluruh bawaan akan diperiksa dan dipertanyakan apa keperluan di dalam Polres. Jika mencurigakan, maka pengunjung harus menunggu di pos jaga yang berada di pos depan Polres.

1. Ojol dilarang masuk hingga ke lokasi Mapolres Binjai

Bom di Medan, Polres Binjai dan Langkat Batasi Kendaraan yang MasukPolisi melakukan pemeriksaan pada pengunjung (IDN Times/Handoko)

Pantauan IDN Times di Mapolres Binjai, personil kepolisian langsung dibariskan dan diberi arahan oleh Waka Polres Binjai Kompol Hamdan. Bahkan personil pun dilengkapi laras panjang untuk mengatisifasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Waka Polres Binjai, Kompol Hamdan mengatakan ojek online (Ojol) dilarang masuk hingga ke lokasi Mapolres Binjai. "Mereka (ojol), cukup mengantarkan sampai di halaman depan saja," kata Hamdan, Rabu (13/11).

Selain melarang ojol masuk sampai ke dalam Polres Binjai, Hamdan menambahkan seluruh masyarakat yang akan masuk ke Mapolres Binjai akan diperiksa dengan teliti. "Seluruh barang bawaan akan kita periksa sebelum masuk," ujarnya didampingi Kabag Ops AKP Ngemat Surbakti.

Baca Juga: Buntut Bom di Polrestabes Medan, Ojol Dilarang Masuk ke Polres Siantar

2. Batasi kendaraan roda dua dan empat yang masuk ke Mapolres Binjai

Bom di Medan, Polres Binjai dan Langkat Batasi Kendaraan yang MasukPolisi melakukan pemeriksaan pada pengunjung (IDN Times/Handoko)

Polisi juga akan membatasi kendaraan roda dua dan empat yang masuk ke dalam Mapolres Binjai. "Ada lokasi kita sediakan di depan. Tidak boleh ada kendaraan masuk lagi ke dalam Mapolres," ungkap Hamdan.

Pihak kepolisian katanya, juga akan meningkatkan patroli keliling di seluruh wilayah hukum Polres Binjai. Langkah ini diambil guna memantau dan menjaga kondusivitas wilayah hukum Polres Binjai. "Setiap hari kita tingkatkan patroli khususnya malam hari," tegasnya.

3. Masuk Mapolres Langkat, wajib tinggalkan identitas diri

Bom di Medan, Polres Binjai dan Langkat Batasi Kendaraan yang MasukPolisi melakukan pemeriksaan pada pengunjung (IDN Times/Handoko)

Sementara di Polres Langkat, tidak terlihat penjagaan khusus. Dari pantauan IDN Times, memang tampak beberapa pengunjung yang akan masuk diperiksa. Tepat didepan pos penjagaan, seluruh masyarakat yang akan masuk harus meninggalkan identitas. Pemeriksaan juga dilakukan terhadap bawan yang dibawa pengunjung.

"Memang ada peningkatan pengamanan, tapi tidak terlalu signifikan. Kita memeriksa para pengunjung yang masuk ke Polres Langkat," kata Kasubag Humas Polres Langkat Iptu Rohmat.

Dirinya juga mengatakan, penjagaan dilakukan didepan Mako Polres Langkat dan juga belakang. Untuk tamu, tidak dibenarkan masuk dari pintu belakang dan kita sarankan masuk melalui pintu pos depan. "Personil Shabara, selalu menjaga didepan dan dibelakang, kita juga memasang pagar besi dipintu masuk depan dan belakang," tegasnya.

Baca Juga: Bom Polrestabes Medan, Pelaku Pakai Modus Urus SKCK untuk Tes CPNS

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya