Comscore Tracker

1640 Pemilih akan Mengikuti Pemungutan Suara Ulang di Tapteng

KPPS yang melakukan kecurangan telah dinonaktifkan

Tapanuli Tengah, IDN Times - KPU Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara telah siap menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU) di empat Kecamatan Tapanuli Tengah, Sabtu (27/4). Berbagai persiapan telah dilakukan untuk PSU di kecamatan Manduamas, Andam Dewi, Sosorgadong, dan Sibabangun.

Ketua KPU Tapanuli Tengah, Timbul Panggabean menyebut, PSU di 4 Kecamatan itu akan dilakukan untuk 6 TPS yang ditemukan terjadi kecurangan. "Akan dilakukan PSU besok mulai pukul 07:00 WIB sampai pukul 13:00 WIB, sesuai ketentuan," kata Timbul dalam konfrensi pers di kantor KPU Tapteng, Jalan Marison, Pandan, Jumat (26/4).

Timbul mengatakan, masyarakat diharapkan datang dan menyalurkan hak suaranya. Dia juga meminta peran awak media untuk ikut memantau pelaksanaan PSU tersebut.

"Karena di TPS (yang melaksanakan PSU) ini patut diduga terjadi pelanggaran pemilu. Pengawasan dan monitoring seluruh pihak dibutuhkan, peran kita sangat diharapkan," tambahnya.

1. Ini lokasi TPS untuk PSU

1640 Pemilih akan Mengikuti Pemungutan Suara Ulang di TaptengIDN Times/Hendra Simanjuntak

Timbul mengatakan lokasi 6 TPS yang melaksanakan PSU tersebut yakni TPS 3 di Desa Tumba Jae, Kecamatan Manduamas, TPS 1 dan 2 Desa Sigolang, Kecamatan Andam Dewi, TPS 6 Desa Muara Sibuntuon, Kecamatan Sibabangun, TPS 2 Desa Unte Boang dan TPS 3 Desa Sibintang Kecamatan Sosorgadong.

"Setelah PSU dilanjut perhitungan dan selesai dihitung dilanjut rekapitukasi di kecamatan tanggal 18-19 Mei, dan berlanjut ke Kabupaten, mengacu jadwal yang ada," ujar Timbul.

PSU ini akan diikuti 1640 pemilih. Untuk mendorong partisipasi pemilih pada PSU yang akan dihelat, Timbul juga mengaku telah memerintahkan petugas PPK dan PPS untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat. "C6 yang kita distribusikan sesuai dengan jumlah DPT itu sebanyak 1.640," jelasnya.

2. KPU mulai distribusikan logistik

1640 Pemilih akan Mengikuti Pemungutan Suara Ulang di TaptengIDN Times/Hendra Simanjuntak

Terkait kesiapan Logistik di 6 TPS yang akan melaksanakan PSU, Timbul memastikan sedang dipersiapkan. Distribusi logistik sudah mulai dilakukan.

"Logistik juga sudah disiapkan, dibawah supervisi KPU Provinsi, logistik akan di distribusikan ke Sibabangun pertama dan berlanjut terus ke kecamatan lain," ungkap Timbul.

3. KPPS yang melakukan kecurangan telah dinonaktifkan

1640 Pemilih akan Mengikuti Pemungutan Suara Ulang di TaptengIDN Times/Hendra Simanjuntak

Timbul mengatakan, kendati tidak memiliki wewenang untuk melakukan pemecatan terhadap KPPS yang melakukan kecurangan, Timbul mengaku telah melakukan penonaktifan.

"Petugas KPPS yang akan melaksanakan PSU, adalah KPPS yang baru. Kita sudah keluarkan penonaktifan KPPS di semua TPS yang PSU," tukasnya.

4. KPU Sumut akan melakukan pengawasan

1640 Pemilih akan Mengikuti Pemungutan Suara Ulang di TaptengIDN Times/Hendra Simanjuntak

Sementara itu, Anggota Komisioner KPU Sumut Herdensi Adnin mengaku akan terus melakukan pengawasan pelaksanaan PSU di Tapanuli Tengah hingga selesai.

"Kita juga sudah meminta pengawasan dari pihak aparat kepolisian untuk mengawal pelaksanaan PSU agar berjalan dengan lancar," jelasnya. 

5. Tapteng menjadi kabupaten dengan jumlah TPS terbanyak untuk PSU

1640 Pemilih akan Mengikuti Pemungutan Suara Ulang di TaptengIDN Times/Prayugo Utomo

Dengan jumlah 6 TPS yang melakukan PSU, Herdensi mengaku Kabupaten Tapanuli Tapanuli tercatat paling banyak melakukan PSU.

"Di Sumut sejauh ini hanya Tapanuli Tengah yang jumlah TPS-nya paling banyak melakukan PSU, untuk daerah lain hanya melakukan penghitungan suara ulang," ungkapnya.

Topic:

  • Doni Hermawan

Just For You