Warga Langkat Temukan Kerangka Manusia, Identitas Masih Misterius

Ditemukan kartu identitas KIS, tapi bukan milik korban

Langkat, IDN Times - Pihak kepolisian Polres Langkat, masih terus melakukan penyelidikan temuan tengkorak kepala beserta tulang belulang manusia di Dusun Durian Mulo, Desa Besadi, Kecamatan Kuala, Kabupaten Langkat, Sumatra Utara. Jasad manusia yang sudah menjadi kerangka ini sendiri ditemukan pada 6 Agustus 2022 sore kemarin di lembah Bukit Pikir-pikir.

"Kita masih terus melakukan penyelidikan, tengkorak kepala dan tulang belulang ini sudah kita bawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Medan untuk diautopsi. Namun sejauh ini identitasnya masih belum kita ketahui," kata Kepala Satuan Reserse dan Kriminal (Kasat Reskrim) Polres Langkat, Selasa (9/8/2022).

1. Gemparkan warga, tengkorak kepala dan tulang belulang ditemukan di lembah perbukitan

Warga Langkat Temukan Kerangka Manusia, Identitas Masih MisteriusSekitar lokasi penemuan tengkorak dan kerangka manusia di Langkat (IDN Times/ istimewa)

Tengkorak dan tulang belulang manusia ini ditemukan oleh salah satu warga di sana Julheri Sembiring, bersama rekannya yang baru pulang berladang. Ketika menuruni bukit, dirinya mencium bau tak sedap dan mencari asal bau yang sangat menyengat itu. Merekapun dikejutkan dengan adanya tengkorak kepala dan juga ditemukan tulang belulang manusia di lembah bukit.

Tentunya temuan ini menggemparkan warga sekitar yang mulai mendatangi lokasi. Petugas kepolisian dan TNI juga turun ke lokasi guna melakukan penyelidikan dan evakuasi. Kerangka manusia ini sendiri diketahui mengenakan pakaian (kaos) warna merah putih dan celana jeans warna biru serta menggunakan sendal jepit  warna hijau. "Kita masih menunggu hasil autopsi dari rumah sakit," jelas Kasat.

Baca Juga: Karhutla Danau Toba, Polda Sumut Selidiki Dugaan Kesengajaan

2. Warga temukan identitas korban sesuai kartu KIS yang ditemukan di lokasi

Warga Langkat Temukan Kerangka Manusia, Identitas Masih MisteriusSelembar kertas yang ditemukan disekitar lokasi temuan kerangka manusia di Langkat (IDN Times/ istimewa)

Tidak hanya itu, di sekitaran lokasi juga ditemukan selembar kertas bertuliskan angka-angka dan Kartu Indonesia Sehat (KIS). Di kartu itu bertuliskan identitas atas nama Muhammad Pahmi warga Jalan Satria, Kecamatan Helvetia, Kota Medan Sumatra Utara. Disinyalir kuat, awalnya korban adalah sesuai dengan identitas yang ditemukan.

Namun setelah ditelusuri, ternyata identitas yang ada di kartu KIS bukanlah korban. "Sudah diperiksa ke alamat Kartu Indonesia Sehat. Namun pemilik kartu atas Muhammad Fahmi masih hidup dan kartu tersebut sudah dilaporkan hilang beberapa bulan lalu," papar Kasat.

3. Kartu KIS hilang saat hendak mendaftar menjadi anggota Polri

Warga Langkat Temukan Kerangka Manusia, Identitas Masih MisteriusWarga yang memadati lokasi penemuan tengkorak kepala dan tulang belulang kerangka manusia di Langkat (IDN Times/ istimewa)

Menurutnya, tengkorak kepala beserta tulang belulang manusia yang ditemukan bukanlah orang yang ada dalam kartu KIS yang ditemukan. "Sejauh ini bisa kita pastikan demikian. Karena yang identitas yang ada di kartu KIS masih tinggal bersama orangtuanya," ungkap dia.

Kartu itu sendiri hilang pada bulan Mei 2022 kemarin saat yang bersangkutan hendak melamar Polri. Untuk mendalami kasus ini, jelasnya, beberapa saksi juga sudah diperiksa.

"Kepada warga jika ada yang merasa kehilangan keluarga, diharapkan melapor ke pihak kita (kepolisian) agar identitas korban segera terungkap," pungkasnya.

Baca Juga: Karhutla Danau Toba, Nenek 62 Tahun dan Remaja Jadi Tersangka

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya