Perdana, Terdakwa Pembunuh Eks DPRD Langkat Hadir di Persidangan

Para terdakwa pembunuh lain kemungkinan dihadirkan juga

Langkat, IDN Times - Untuk pertama kali, satu dari lima terdakwa pembunuh eks anggota DPRD Langkat Paino, hadir langsung di Pengadilan Negeri (PN) Stabat, Kabupaten Langkat, Sumatra Utara, Rabu (7/6/2023) kemarin.

Terdakwa Sulhanda Yahya alias Tato, hadir menjalani persidangan yang dipimpin Ketua Majelis Hakim, Ledis Meriana Bakara, dengan agenda mendengarkan keterangan saksi. Padahal dipersidangan sebelumnya, kelima terdakwa hanya menjalani sidang melalui video teleconfrence (daring).

Dalam kasus pembunuhan ini Tato, yang juga saksi mahkota berperan sebagai penghadang kendaraan korban Paino. Dirinya juga yang sempat membuka tabir kematian korban sehingga disebut sempat mendapat ancaman dari terdakwa lain Luhur Sentosa Ginting (Tosa Ginting) terduga otak pelaku pembunuhan dengan penembakan.

Baca Juga: Gubernur Edy Rahmayadi Kalah dalam Gugatan di PTUN Medan

1. Saksi akui sama duduk di warung melihat terdakwa Tio makan sebelum pembunuhan terjadi

Perdana, Terdakwa Pembunuh Eks DPRD Langkat Hadir di PersidanganTerdakwa Tato, yang hadir perdana dipersidangan pembunuhan eks DPRD Langkat (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Dalam persidangan kali ini saksi yang dihadirkan Joshua Sembiring. Dirinya diperiksa polisi karena sebelum Paino tewas, Joshua mengaku sempat bertemu dengan terdakwa Heriska Wantenero alias Tio.

"Saya diperiksa polisi pada, Minggu (29/1/2023). Saya ada bertemu dengan terdakwa Tio di warung Fresti, pada Kamis (26/1/2023) diantara pukul 21-22.00 WIB," kata Joshua.

Pada saat itu, Joshua mengaku berada di warung Fresti, hendak membeli mie goreng. "Saya beli mie goreng dan makan di rumah yang mulia. Sedangkan Tio memesan dua mie dan dua air mineral," jelas Joshua, dalam persidangan.

2. Tio sempat berbincang dengan saksi di warung mengaku mobil sawit terpacak

Perdana, Terdakwa Pembunuh Eks DPRD Langkat Hadir di PersidanganSidang pembunuhan eks DPRD Langkat digelar di Desa Besilam Bukut Lambas (BL), Kecamatan Wampu, Kabupaten Langkat, Sumatra Utara, Rabu (24/5/2023). (IDN Times/Bambang Suhandoko)

Tak hanya itu, di hadapan majelis hakim Johsua dan Tio sempat berkomunikasi. "Saya komunikasi berhadap-hadapan dengan Tio. Hanya nanyak dia dari mana ke mana, katanya Tio dia dari dalam (Dusun Bukit Dinding) mobil sawit terpacak katanya. Saya tanyak juga Tio bersama siapa, katanya sama bos," ujar Joshua.

Kemudian, Joshua pun pulang ke rumah setelah makanan pesanannya siap. "Saya pulang, saya lihat Tio sendiri duduk di joglo depan warung. Tio datang dengan kendaraan Suzuki Ertiga, turun dari pintu penumpang," ujar Joshua.

Sedangkan itu, Joshua juga mengaku warung Fresti dengan rumahnya hanya berjarak lebih kurang 500 meter. Disinggung soal mobil Suzuki Ertiga, Joshua menegaskan tidak ada warga sekitar yang memiliki mobil merek tersebut.

3. Saksi akui korban orang baik dan memiliki usaha jual beli buah kelapa sawit

Perdana, Terdakwa Pembunuh Eks DPRD Langkat Hadir di PersidanganPara tersangka pembunuh mantan anggota DPRD Langkat, yang dirilis Polda Sumut (IDNTimes/ istimewa)

Jaksa Penuntut Umum (JPU) mempertanyakan kedekatan Joshua dengan Paino. "Saya pernah bekerja dengan Pak Paino pada tahun 2020. Dan saya tau Pak Paino ditembak dari masyarakat. Pak Paino orangnya baik, dia pun memiliki usaha jual beli buah kelapa sawit," terang Joshua.

Sementara itu, Penasihat Hukum Tato menyinggung apakah Joshua kenal dengan Tosa Ginting.

"Saya sudah tiga tahun tinggal di Dusun Bukit Dinding. Kenal dengan Tosa ginting dari wajahnya, orang pun sering manggil Bos Tosa," ungkap Joshua.

"Kalau terdakwa Tato saya tidak kenal," timpal Joshua.

Setelah mendengarkan keterangan saksi, majelis hakim pun kembali menunda persidangan. Dan kembali dilanjutkan pada, Rabu (14/6/2023) pekan depan.

Kelima terdakwa yakni Luhur Sentosa Ginting alias Tosa (26) yang disangkakan polisi sebagai otak pelaku, Dedi Bangun (38) sebagai eksekutor penembakan, Persadanta Sembiring (43), Heriska Wantenero alias Tio (27), dan Sulhanda Yahya alias Tato (27).

Baca Juga: Otak Pelaku Pembunuhan Eks DPRD Langkat Ancam Bunuh Terdakwa Lain

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya