Comscore Tracker

Jalan Umar Baki Rusak Parah, Ketua DPRD: Anggaran Perbaikan Rp20 M

Anggaran perbaikan sudah disahkan dalam APBD 2022

Binjai, IDN Times - Aksi protes warga Jalan Letnan Umar Baki, Kelurahan Payaroba, Kecamatan Binjai Barat, Kota Binjai, Sumatera Utara, direspon Pemerintah Kota (Pemko) Binjai.

Karena jalan yang rusak parah, warga di sana sempat melakukan pemblokiran jalan dengan menanam pohon pisang dan menduduki badan jalan.

Respon Pemko Binjai dengan anggaran Milliaran Rupiah, guna memperbaiki jalan itu juga telah disetujui bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Binjai. Hal ini tertuang dalam rapat paripurna dengan agenda pengesahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2022 pada akhir pekan lalu.

1. Masyarakat diminta bersabar, anggaran perbaikan sudah disetujui

Jalan Umar Baki Rusak Parah, Ketua DPRD: Anggaran Perbaikan Rp20 MWarga Jalan Umar Baki, Kecamatan Binjai Barat, Kota Binjai, yang sempat memblokir badan jalan dan mengakibatkan kendaraan tidak bisa jalan (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Ketua DPRD Binjai, H Noor Sri Syah Alam Putra, saat dikonfirmasi membenarkan penganggaran perbaikan jalan tersebut. Dirinya juga menyikapi protes masyarakat dan meminta warga untuk bersabar.

"Ya, sudah disetujui anggaran perbaikannya. Memang kondisi jalan semakin parah karena cuaca buruk yang terjadi pada seminggu belakangan," ujar politisi Partai Golkar yang akrab disapa Haji Kires ini.

Baca Juga: Pilkades di Dairi Ricuh, Calon Kepala Desa Ditangkap Polisi

2. Perbaikan jalan dianggarkan Rp20 Miliar

Jalan Umar Baki Rusak Parah, Ketua DPRD: Anggaran Perbaikan Rp20 MIlustrasi Uang (IDN Times/Arief Rahmat)

Dia menjelaskan, menggunakan uang negara tentunya butuh proses. Karenanya, dia menyerukan agar masyarakat bersabar terkait perbaikan ruas jalan tersebut.

"Persoalan anggaran ini ada prosesnya. Itu sudah dianggarkan Rp20 miliar (untuk perbaikan), anggaran multiyears pada 2022 dan 2023," ujar Ketua DPD Partai Golkar Kota Binjai ini.

3. Agar dapat bertahan, nantinya jalan akan di beton

Jalan Umar Baki Rusak Parah, Ketua DPRD: Anggaran Perbaikan Rp20 MIlustrasi anggaran (ladypinem.com)

Menurut dia, perbaikan jalan akan melanjutkan redemik atau beton. Artinya, Pemko Binjai pernah melakukan perbaikan pada tahun sebelumnya dengan beton di ruas jalan yang rusak disana.

"Untuk teknis lebih lanjut coba ke Dinas PUPR ya. Untuk saat ini, sudah dilakukan penimbunan pada badan jalan yang rusak sebagai tahap awal perbaikan," pungkasnya.

4. Ini aksi yang dilakukan warga agar jalan diperbaiki

Jalan Umar Baki Rusak Parah, Ketua DPRD: Anggaran Perbaikan Rp20 MSekdako Binjai Irwansyah Nasution, saat menenangkan warga yang melakukan pemblokiran Jalan Umar Baki, Kecamatan Binjai Barat, beberapa waktu lalu (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Diketahui, akibat jalan yang rusak masyarakat sekitar resah dan kesal. Sebab, mereka menilai kondisi jalan bak kubangan kerbau ketika hujan deras mengguyur. Kekesalan merekapun diluapkan dengan turun ke jalan melakukan aksi protes dengan menanam pisang dan menduduki badan jalan pada, Jumat (26/11/2021) lalu.

Setelah dijelaskan oleh Sekertaris Daerah Kota (Sekdako) Binjai Irwansyah Nasution, warga akhirnya memboka pemblokiran. Tanpak pihak kepolisian dipimpin Kapolsek Binjai Barat AKP Siswanto Ginting, mengatur arus lalu lintas yang awalnya terhenti. Truk dan kendaraan lain yang sempat dihambat, akhirnya bisa kembali melintasi jalan

Baca Juga: Ketua DPRD Binjai: Pembinaan Kebudayaan Daerah Penting Dilakukan

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya