BNNK Binjai Razia Kos-kosan, 17 Orang Positif Narkoba

Ada juga remaja perempuan yang masih di bawah umur

Binjai, IDN Times - Badan Nakotika Nasional Kota (BNNK) Binjai, dibantu Satuan Polisi Pamong praja (Satpol PP) melakukan razia kos-kosan. Sebanyak 17 orang diboyong dari dua lokasi berbeda di Kecamatan Binjai Kota, Kota Binjai, Sumatra Utara.

"Dua lokasi yang dirazia berada di Jalan T. Imam Bonjol, Kelurahan Setia dan Jalan Tamtama, Kelurahan Satria, Kecamatan Binjai Kota," kata Kepala BNN Kota Binjai Ucok Derry Sembiring, Selasa (26/9/2023).

1. Tekan peredaran, razia dilakukan secara berkesinambungan

BNNK Binjai Razia Kos-kosan, 17 Orang Positif NarkobaRazia kos kosan yang dilakukan BNNK Binjai (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Ironisnya, dari belasan yang ditangkap tiga diantaranya remaja wanita diduga positif narkoba. Diketahui dalam rapat terbatas (ratas) dengan beberapa petinggi Polri, BNN dan TNI bersama Presiden Jokowi Dodo, beberapa waktu lalu.

Sumatra Utara, menjadi salah satu provinsi terbesar peredaran narkotika dari total provinsi di Indonesia. "Razia dilakukan secara berkesinambungan, ini menyusul usai rapat terbatas dengan Presiden Jokowi Dodo," terang dia.

Baca Juga: Pengedar Sabu di Binjai Disergap Polisi saat Tunggu Pembeli

2. Dari 17 orang yang ditangkap, 3 orang anak di bawah umur

BNNK Binjai Razia Kos-kosan, 17 Orang Positif NarkobaRazia kos kosan yang dilakukan BNNK Binjai (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Ucok Derry Sembiring merincikan, dari dua lokasi kos-kosan yang dilakukan razia. Di Jalan Imam Bonjol, dari 9 orang yang dilakukan tes urine 5 diantaranya positif narkoba. Sementara di Jalan Tamtama, dari 21 orang yang dilakukan tes urine 12 di antaranya positif.

"Dari dua lokasi ini awalnya kita amankan 30 orang untuk dilakukan tes urine. Hasilnya, ada 17 orang positif mengkonsumsi narkoba jenis sabu dan inek.  Dengan jumlah 5 pria cowok dan 12 wanita. Bahkan 3 diantaranya wanita yang positif masih kategori masih di bawah umur usia 15 sampai 17 dan putus sekolah," papar dia.

3. BNNK Binjai sudah dua kali melakukan razia kos-kosan September ini

BNNK Binjai Razia Kos-kosan, 17 Orang Positif NarkobaRazia kos kosan yang dilakukan BNNK Binjai (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Untuk ke-17 orang yang diamankan karena positif narkoba, dijelaskan Ucok, pihaknya melakukan asesmen dan dilakukan pembinaan serta akan diberikan edukasi tentang bahaya penyalahgunaan narkoba. Pihaknya juga akan terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait khusunya Pemerintah Kota Binjai.

"Terkait kos-kosan yang kerap dilakukan razia dan ditemuakan penghuni pengguna narkoba. Kita akan menindakalnjuti dan terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah," ungkap dia.

Ucok mengatakan, pihaknya sudah dua kali melakukan razia di kos-kosan selama September ini.

Baca Juga: Kasus Rempang Berlanjut ke Meja Hijau, BP Batam dan Presiden Digugat

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya