Comscore Tracker

Bawaslu Kota Binjai Perpanjang Pendaftaran Panwascam hingga 8 Oktober 

Kekurangan kuota perempuan

Binjai, IDN Times - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Binjai, Sumatra Utara, memperpanjang masa pendaftaran Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), usai melakukan pemeriksaan, verifikasi dan evaluasi terkait hasil pendaftaran calon anggota.

"Dari lima kecamatan yang ada di Kota Binjai, ada dua kecamatan yang belum memenuhi persyaratan keterwakilan 30 persen perempuan yaitu, Kecamatan Binjai Selatan dan Kecamatan Binjai Barat. Sehingga dibutuhkan perpanjangan masa pendaftaranya," kata Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Bawaslu Binjai, Syainul Irwan, Senin (3/9/2022).

1. Pendaftaran diperpanjang untuk seminggu ke depan

Bawaslu Kota Binjai Perpanjang Pendaftaran Panwascam hingga 8 Oktober Bawaslu dan Kapolres Binjai berkoordinasi jelang Pilkada Binjai (IDN Times/Bambang Suhandoko)

Pendaftaran sendiri sebelumnya telah resmi ditutup pada tanggal 27 September 2022 kemarin. Untuk dua kecamatan yang diperpanjang sudah diumumkan pendaftaran dimulai per tanggal 1 Oktober 2022 kemarin. "Pengumuman dilaksanakan serentak dan pendaftarannya resmi dibuka pada 2 sampai 8 Oktober 2022, jadi sekitar satu minggu," jelas Syainul.

"Total keseluruhan yang sudah mendaftar sebagai peserta Panwascam sebanyak 154 pendaftar. Tetapi data ini belum bisa dikatakan jumlah yang lulus administrasi," timpal prian yang juga menjabat sebagai Koordinator Divisi Organisasi dan Sumber Daya Manusia (OSDM) Bawaslu Kota Binjai.

Baca Juga: Seleksi Calon Anggota Panwascam Binjai Terapkan Sistem CAT

2. Ada 15 orang nantinya yang akan dilantik menjadi anggota panwascam

Bawaslu Kota Binjai Perpanjang Pendaftaran Panwascam hingga 8 Oktober Ilustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Dari 154 yang mendaftar, jelas dia, ada 106 pendaftar laki-laki dan 48 pendaftar perempuan. Sedangkan itu, jumlah yang akan diterima disetiap kecamatan ada tiga orang. Untuk di Kota Binjai, ada lima kecamatan dan jadi totalnya ada 15 orang Panwascam yang akan dilantik nantinya.

"Hal ini menjadi perhatian bagi kami untuk lebih mensosialisasikan lagi dan berharap peran aktif masyarakat untuk menjadi pengawas pemilu khususnya kecamatan yang kurang kouta perempuannya," terang Syainul.

3. Berikut jumlah total pendaftat panwascam se-Kota Binjai

Bawaslu Kota Binjai Perpanjang Pendaftaran Panwascam hingga 8 Oktober Logo Bawaslu (tangerangselatankota.bawaslu.go.id)

Adapun jumlah pendaftar di setiap kecamatan se-Kota Binjai yakni, Kecamatan Binjai Barat sebanyak 20 laki-laki dan enam perempuan. Kecamatan Binjai Selatan 20 laki laki dan enam perempuan.

Sementara untuk Kecamatan Binjai Kota 15 laki-laki dan sembilan perempuan, menyusul Kecamatan Binjai Timur 22 laki-laki dan 13 perempuan dan Kecamatan Binjai Utara 29 laki laki dan 14 perempuan.

Baca Juga: KPU Binjai Sosialisasikan Tahapan Pemilu, Polisi Petakan Daerah Rawan

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya