Comscore Tracker

Tips Menjaga Keamanan Anak di Dunia Digital

Perlu batasan usia untuk memberikan gadget pada anak

Tanjung Balai, IDN Times - Ada empat ancaman di internet, antara lain konten negatif, kecanduan, bullying, dan child predator. Tips yang bisa dilakukan seperti memperhatikan agar anak tidak melihat konten pornografi, mengkonfirmasi informasi yang didapatkan, selektif dalam memercayai informasi, dan menghindari situs perjudian.

“Faktor pendukung terciptanya keamanan anak pada saat menggunakan internet sebagai antisipasi di dunia digital, yaitu orangtua harus tetap mendampingi anaknya ketika mereka bereksplorasi dengan internet rumah dan senantiasa membimbing,” ujar Wali Kota Tanjungbalai, Waris saat menjadi pembicara pada Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital dengan mengusung tema “Tips Menjaga Keamanan Anak di Dunia Digital” 28 Juni 2021.

1. Orang tua perlu memberi batasan usia untuk memberikan gadget kepada anak

Tips Menjaga Keamanan Anak di Dunia Digitalunsplash.com/alexanderdummer

Psikolog, Sulastry Pardede menjelaskan orang tua perlu memberi batasan usia untuk memberikan gadget kepada anak, membatasi screen time dan orang tua juga harus mendampingi anak-anak. Jadi para orang tua harus konsisten memberi peraturan kepada anak-anak dalam bermain internet.

Dosen Ilmu Komunikasi, Rasianna B. Saragih mengatakan orang tua bisa menanamkan 3 hal untuk mengantisipasi keamanan di dunia digital seperti, mengembangkan kreativitas, kolaborasi dan kritis dalam berpikir.

Sedangkan Dosen Unisba Bekasi, Dr. Akmal Rizki Gunawan menuturkan ketika kita bermedia sosial kita harus tahu etika berkomunikasi. Pengarahan orang tua sangat penting untuk para anak, sehingga membuat anak memakai digital dengan baik.

2. Ada keterbatasan orangtua dengan teknologi

Tips Menjaga Keamanan Anak di Dunia Digitalunsplash.com/Jelleke Vanooteghem

Para peserta mengikuti dengan antusias seluruh materi yang disampaikan dalam webinar ini, terlihat dari banyaknya tanggapan dan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada para narasumber.

Salah satunya dari Rachmad Fuji memberikan pertanyaan kepada Sulastry Pardede tentang bagaimana cara mengedukasi digital skill orang tua siswa agar dapat mendukung dan mendampingi kegiatan belajar daring anak di rumah sehingga kegiatan pembelajaran dapat berlangsung lebih maksimal?

Sulastri mengakui ada keterbatasan orangtua dengan teknologi yang sekarang, di ibu kota orangtua lebih terampil tapi tidak semua untuk orang tua yang ada di pelosok mengenal teknologi.

"Orang tua bisa sosialisasi terlebih dahulu dengan tugas anak, penting juga untuk orang tua sabar saat mengajari anak-anak dalam mengerjakan tugasnya, dan orangtua mengajari anak untuk mensubmit tugas, jadi ketika orangtua tidak ada di samping anak, anak sudah paham," ujarnya

Baca Juga: Ini Perbedaan Ketentuan Penerapan PPKM Level 3 dan 4

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya