Prajurit Yonif 8 Marinir Renovasi Masjid dan Pasang Penerangan Jalan

Gelar berbagai kegiatan perlombaan tradisional di Langkat

Langkat, IDN Times - Prajurit Yonif 8 Marinir bersama masyarakat melaksakan berbagai kegiatan dalam rangka Pekan Kegiatan Potensi Maritim Korps Marinir.

Kegiatan di antaranya renovasi Masjid Al Kautsar di Besitang, Renovasi TPQ di Teluk Meku, pemasangan penerangan jalan di Desa Payamala Sei Lepan dan Latsarplin Pramuka Saka Bahari Kabupaten Langkat di Kesatrian Yonif 8 Marinir Tangkahan Lagan Pangkalan Brandan, Sumatera Utara, Senin (8/7).

Selain itu, berbagai acara perlombaan dan bakti sosial lain juga dilaksanakan dalam penutupan.

Kegiatan diantaranya lomba panjat pinang, lomba tarik tambang perahu karet, sunatan massal, donor darah, pengobatan gratis, bazar pasar murah dan monza, pameran alutsista, fashion show, reptile show, penanaman bibit mangrove, demonstasi kolone senapan, beladiri, eksersisi perahu karet oleh anggota pramuka saka bahari. 

1. Aspotmar Kasal menutup acara kegiatan pembinaan potensi Maritim Korps Marinir

Prajurit Yonif 8 Marinir Renovasi Masjid dan Pasang Penerangan JalanIDN Times/Handoko

Pekan Kegiatan Potensi Maritim Korps Marinir, sendiri dimulai pada tanggal 24 Juni kemarin dengan terlebih dahulu dilakukan upacara. Diharapkan kegiatan ini dapat membantu masyarakat sekitar.

Acara penutupan dimulai dengan sambutan Tarian selamat datang oleh Ibu-ibu Jalasenastri Ranting B Cab. 7 PG. Kormar. Lalu dilanjutkan dengan penanaman mangrove, peninjauan Bhakti Kesehatan, Pelantikan anggota Saka Bahari, Penutupan acara Pekan Kegiatan Pembinaan Potensi Maritim Korps Marinir TNI AL TA. 2019 dan foto bersama. 

Aspotmar Kasal Mayjend TNI Marinir Bambang Suswantono menyampaikan terima kasih kepada Pemda Langkat dan khususnya warga masyarakat pesisir atas partisipasi dalam pelaksanaan kegiatan pembinaan potensi maritim. 

Dengan pelaksanaan kegiatan ini, harap dia, dapat menjalin kemanunggalan masyarakat pesisir dengan anggota Marinir untuk Pertahanan Kemananan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dirinya merasa bangga dengan anggota Pramuka Saka Bahari yang ikut dalam kegiatan pembinaan potensi maritim lewat latihan dasar kedisiplinan. 

Dimana pada kesempatan penutupan itu, Pramuka Saka Bahari, menampilkan keterampilan Bela Negara  dan peragaan kegiatan kemaritiman yang hanya dilatih selama dua minggu. 

"Baru saja dilatih sudah bisa menampilkan yang terbaik, dengan pelatihan tersebut bisa menumbuhkan Cinta Tanah Air dan tetap menjaga keutuhan NKRI. Lewat kegiatan Latsarplin Saka Bahari, kita dapat menyiapkan generasi muda dalam menghadapi asimetris warfare," kata Mayjend TNI Marinir Bambang Suswantono.

Baca Juga: Pakai Caping, Belasan Bule Menanam Padi di Langkat

2. Pemkab Langkat ucapkan terima kasih

Prajurit Yonif 8 Marinir Renovasi Masjid dan Pasang Penerangan JalanIDN Times/Handoko

Bupati Langkat Terbit Rencana PA diwakili Wakil Bupati Syah Afandin mengatakan sangat berterima kasih kepada Korps Marinir. Sebab kegiatan tersebut sangat membantu masyarakat sekitar.

"Kami selaku pemerintah Kabupaten Langkat, mengucapkan banyak terimakasih. Sebab kegiatan sangan membantu masyarakat sekitar," kata dia dalam kata sambutan.

Selain itu, jelasnya, kegiatan yang dilaksanakan sangat bernilai positif. Untuk itu, pemerintah Kabupaten Langkat, akan sangat mensuport dan mendukung kegitan serupa apa bila kembali dilaksanakan.

"Tentunya kegiatan ini sangat memiliki nilai positif. Dengan kegiatan ini, masyarakat sekitar khusunya pemuda akan bisa terjun langsung turut membantu dan terhindar dari kegiatan negatif," tegasnya.

3. Masyarakat banjiri acara penutupan Pekan Kegiatan Potensi Maritim Korps Marinir

Prajurit Yonif 8 Marinir Renovasi Masjid dan Pasang Penerangan JalanIDN Times/handoko

Masyarakat Kabupaten Langkat, tampak membanjiri acara penutupan Pekan Kegiatan Potensi Maritim Korps Marinir ini. 

Acara yang dilaksanakan kali ini cukup berbeda, karena secara bersamaan dilaksanakan secara terbuka untuk masyarakat umum yang melibatkan unsur dari semua pihak pemerintah daerah maupun aparat terkait. 

Sehingga tercipta sinergitas yang solid. Diharapkan berdampak diwaktu yang akan datang untuk meningkatkan animo dari masyarakat pesisir akan pentingnya Potensi Maritim di setiap wilayah NKRI.

Baca Juga: Gara-gara Tidak Diberi Uang, Anak di Langkat Nekat Bakar Rumahnya

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya