Comscore Tracker

Pamit, Ini Fakta Seputar Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tebing Tinggi

Jabatan Umar dan Oki berakhir pada 22 Mei 2022

Tebing Tinggi, IDN Times - Wali Kota Tebing Tinggi, Umar Zunaidi Hasibuan dan Wakil Wali Kota Oki Doni Siregar pamitan berkaitan dengan berakhirnya masa jabatan dengan segenap jajaran Polres Tebing Tinggi di lapangan apel Polres Kamis (19/5/2022).

Masa jabatan keduanya akan berakhir tiga hari lagi, tepatnya pada tanggal 22 Mei 2022.

"Izinkan kami untuk memberi sedikit wejangan dengan Pak Wakil Wali Kota menjelang masa purna bakti kami per tanggal 22  Mei 2022," kata Umar seperti dilansir ANTARA

Berikut profil dan fakta seputar Umar Zunaidi Hasibuan dan Oki Doni Siregar:

Baca Juga: Jabatan Akan Berakhir, Ini Permintaan Maaf Bupati Bakhtiar Sibarani

1. Umar lulusan S2 Manajemen

Pamit, Ini Fakta Seputar Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tebing TinggiDok Antara Sumut

Umar Zunaidi Hasibuan adalah wali kota Tebing Tinggi yang menjabat pada periode 2017-2022 yang dilantik pada 15 Februari 2017 oleh Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi, Pelantikan ini digelar di Aula Martabe Kantor Gubsu ini dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia terhadap kepala daerah hasil Pilkada yang sudah habis masa jabatannya.

Umar Zunaidi Hasibuan lahir di Kota Tebing Tinggi, Sumatra Utara pada 1 Agustus 1956 dan kini dia sudah berusia 65 tahun. 

Umar Zunaidi Hasibuan menempuh Pendidikan dasar di SD Negeri Tebing Tinggi lulus tahun 1968, lalu lalu melanjutkan jenjang Pendidikan ke sekolah menengah pertama di SMP Negeri 3 Medan lulus tahun 1971 dan jenjang sekolah menengah atas di SMA Negeri 6 Medan lulus tahun 1974.

Setelah lulus dari SMA Umar melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi di USU Medan jurusan Teknik Sipil dan berhasil meraih gelar S1 pada tahun 1983, setelah itu Umar juga megambil Pendidikan pasca sarjana di USU Medan jurusan magister managemen dan meraih gelar S2 pada tahun 1999.

Umar Zunaidi Hasibuan pernah mengikuti diklat Sepadya di Medan pada tahun 1994 yang diadakan oleh DIKLAT PROVSU dan DIKLAT PIM TK .II di Medan pada tahun 2001 yang diadakan oleh DEPDAGRI PROVSU, dia juga pernah mengikuti seminar LOKAKARYA MANAJEMEN MUTU TERPADU di medan pada tahun 2000 yang diadakan oleh Ropeg dan USU.

Ia selalu menghimbau agar masyarakat Tebing Tinggi tidak melupakan sejarah dan budaya yang ada di kota Tebing Tinggi.

Rumah adat melayu dan kerajinan tenun songket adalah budaya yang dari dulu sudah ada di Kota Tebing Tinggi, karena perkembangan zaman dan perkembangan teknologi membuat masyarakat Kota Tebing Tinggi lupa terhadap budaya tersebut sehingga Wali Kota Tebing Tinggi meresmikan Rumah Adat Melayu sekaligus pembukaan pelatihan menenun kain songket di Rumah Adat Melayu, Jl. Badak, Kel. Bandar Utama, Kota Tebing Tinggi agar menjadi ikon baru Kota Tebing Tinggi dengan harapan akan menarik para wisatawan.  

2. Oki berdarah Aceh tapi berhasil menjabat di Sumut

Pamit, Ini Fakta Seputar Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tebing TinggiOki Doni Siregar (Dok. Istimewa)

Oki Doni Siregar merupakan darah asli Aceh yang lahir pada tanggal 29 Januari 1969 di Kuala Simpang, Aceh Tamiang, Aceh. Karir Oki Doni Siregar diawali dengan berkarir di Kota Tebing Tenggi.

Ia dikenal sebagai sosok yang aktif dalam berorganisasi dan memiliki relasi yang luas. Oki Doni aktif dalam beberapa organisasi antara lain dengan menjabat sebagai sekretaris  DPD KNPI Kota Tebing Tinggi pada Tahun 2007.

Saat ini, Oki Doni Siregar juga masih aktif dalam organisasi MPC Pemuda Pancasila. Oki Doni Siregar juga aktif dalam mengikuti kegiatan volunter dan relawan, Beliau juga sangat dekat dengan beberapa aktivis intelektual mahasiswa di kota Tebing Tinggi. 

Oki Doni Siregar juga menempati jabatan sebagai Dewan Penasehat di Beberapa Organisasi Mahasiswa antara lain HIMMAH, GPA, PMII, GP Ansor. Beliau juga saat ini masih menjabat sebagai Ketua Pimpinan Daerah Nahdlatul Ulama (NU) Kota Tebing Tinggi.

Dalam karir di bidang politik pemerintahannya, Oki Doni Siregar mengawali dengan bergabung dan menjadi anggota salah satu partai nasional yaitu partai Nasdem di Kota Tebing Tinggi. Oki Doni Siregar juga diamanahi untuk memangku jabatan sebagai Ketua Partai Nasdem Kota Tebing Tinggi.

Tidak sampai situ saja, jejak karir Oki Doni Siregar juga sangat baik. Sebelumnya dia pernah menjabat sebagai Direktur Umum PDAM Tirta Bulian. Namun, setelah Wakil Wali Kota Tebing Tinggi yaitu Irham Taufik meninggal dunia.

Kemudian, Wali Kota Tebing Tinggi yaitu Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan, MM mengusulkan Oki Doni Siregar untuk menduduki kursi jabatan  sebagai Wali Kota Tebing Tinggi yang menggantikan mantan Wakil Wali Kota Irham Taufik yang meninggal dunia. 

Oki Doni Siregar secara resmi dilantik oleh Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho, dalam Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kota Tebing Tinggi. Oki Doni Siregar sudah dilantik sejak tahun 2014.

3. Oki Doni Siregar dikenal memiliki pribadi yang baik dan ramah

Pamit, Ini Fakta Seputar Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tebing TinggiWali Kota Tebing Tinggi, Umar Zunaidi Hasibuan dan Wakil Wali Kota Oki Doni Siregar (Dok. Istimewa)

Oki Doni Siregar dikenal memiliki pribadi yang baik, ramah, dan memiliki wawasan yang luas. Ia juga sosok anak yang baik dengan orang tuanya. Hal ini di buktikan dengan postingan instagram pribadinya yang sedang memperingati hari ibu.

Tidak hanya itu, Oki Doni Siregar memiliki keluarga yang harmonis, ia merupakan sosok suami dan ayah yang baik untuk istri dan anak-anaknya.

Tentunya semua pencapaian yang dia miliki saat ini tidak bisa didapatkan dengan cara yang praktis dan waktu yang cepat. Hal ini juga dipengaruhi oleh usaha yang keras dan doa dari orang-orang di sekelilingnya.

Baca Juga: Mengenal Bakhtiar Sibarani, Bupati Tapteng yang Bertabur Prestasi

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya