Comscore Tracker

Mengenal Radiapoh Sinaga, Anak Petani yang Jadi Bupati Simalungun

Pernah bekerja di Torganda milik DL Sitorus

Radiapoh Sinaga merupakan pengusaha sukses yang terkenal di Kepulauan Riau dan Kalimantan sebelum akhirnya dilantik menjadi Bupati Simalungun pada 26 April 2021.

Radiapoh Hasiholan Sinaga dikenal dengan nama singkatnya, RHS, merupakan seorang anak petani.

Yuk simak profilnya:

Baca Juga: Beredar Kabar Pemurtadan Massal di Langkat, Ini Penjelasan MUI

1. Pernah merantau ke Riau

Mengenal Radiapoh Sinaga, Anak Petani yang Jadi Bupati SimalungunRadiapoh Sinaga Bupati Simalungun (Dok. Istimewa)

RHS kecil selalu membantu orang tua di ladang sehabis pulang sekolah, sama seperti sebagian besar anak-anak di kampungnya.

Radiapoh muda memiliki ilmu yang cukup untuk ia bekerja menjadi petani setelah lulus sekolah menengah. Hasil bercocok tanam yang baik ternyata tidak berbanding lurus dengan harga jual saat itu, sehingga Radiapoh mengalami kerugian.

Tidak ingin putus asa, RHS tetap melanjutkan kehidupannya dengan menjadi buruh di peternakan milik seorang pejabat kantor perwakilan PBB di Indonesia, Hranggaol. Tidak berangsur lama, ikan-ikan di peternakan tersebut terkena virus yang mengharuskan RHS harus mencari sumber penghidupan lainnya.

Berbekal uang yang tidak banyak, Radiapoh merantau ke Riau untuk menawarkan jasanya ke perusahaan-perusahaan yang ingin membuka perkebunan kelapa sawit.

Kehidupan di perantauan tidaklah mudah dijalani RHS. Tidur di emperan toko atau gudang kosong pun dijalaninya.

Pekerjaan yang dijalaninya di dalam hutan ia sebut sebagai sebuah ancaman, baik dari binatang buas maupun perkelahian antar pekerja itu sendiri. RHS juga terserang penyakit Malaria Tropica akut yang akhirnya membuat RHS kembali ke tempat kelahirannya.

2. Pernah bekerja di Torganda milik DL Sitorus

Mengenal Radiapoh Sinaga, Anak Petani yang Jadi Bupati SimalungunRadiapoh Sinaga Bupati Simalungun dan Zonny Waldi Wakil Bupati Simalungun (Dok. Istimewa)

Radiapoh sempat mengalami keputusasaan karena penyakit yang dideritanya, namun ia tetap menjalani pengobatan sembari mencari pekerjaan. Tahun 1990, Radiopan diterima bekerja di PT. Torganda sebuah koperasi simpan pinjam milik DL Sitorus.

Selama 9 tahun memberikan upayanya untuk PT. Torganda, RHS akhirnya memutuskan membuka sendiri usahanya dengan membuka koperasi simpan – pinjam kecil di Tanjung Pinang. Usaha yang ia bangun pada akhirnya membuahkan hasil yang baik.

Seiring membaiknya kehidupan seorang Radiopan, ia pun menikahi kekasih hatinya pada tahun 1993. Lalu, ia melebarkan usahanya ke perkebunan sawit yang berkembang pesat di Riau dan Kalimantan.

Usaha RHS kemudian berlanjut ke bisnis properti yang kemudian disusul dengan rasa rindunya dengan kampung halaman. Perjalanan hidupnya yang tidak mudah membuat RHS ingin memajukan kota kebanggannya, Simalungun.

3. Jejak rekam Radiapoh

Mengenal Radiapoh Sinaga, Anak Petani yang Jadi Bupati SimalungunRadiapoh Sinaga Bupati Simalungun dan Zonny Waldi Wakil Bupati Simalungun (Dok. Istimewa)

RHS mengenyam bangku sekolah dasar di SDN 01 Tigarunggu, Simalungun. Kemudian melanjutkan masa belajarnya di MPN Tigarunggu Simalungun.

Tahun 1988, ia lulus dari Sekolah Menengah Teknologi (SMT) Negeri Pematang Raya. RHS baru menikmati bangku kuliah saat ia menjadi pengusaha pada tahun 2013 dan lulus pada tahun 2017 dari Fakultas Hukum Universitas Batam.

Setelah menjalani tahun-tahun yang sulit sebagai buruh harian lepas, RHS akhirnya dapat membuka usahanya sendiri dengan menjadi komisaris di PT. Prima Karya Asih (2010-2016). Lalu ia menjabat sebagi Komisaris Utama PT. Bayu Pariama Batam hingga saat ini.

Tidak banyak riwayat pekerjaannya di dunia politik, atas dasar kerinduan dan pengabdian, RHS mencalonkan diri dan terpilih sebagai bupati pada tahun 2021.

Ayah dari 4 orang anak ini juga sempat aktif dalam berorganisasi. RHS pernah menjadi Bendahara Pemuda Pancasila Kota Batam, Wakil Ketua Laskar Merah Putih, Ketua Paguyuban Toga Sinaga Wilayah Provinsi Kepulauan Riau, dan Anggota Majelis Pusat Gereja Kristen Protestan Simalungun.

Profil 

Nama : Radiopah Hasiholan Sinaga
Tempat, Tanggal Lahir : Tigarunggu, 18 Juni 1968
Agama : Kristen Protestan
Pasangan : Ratnawati Br. Sidabutar
Orang Tua : St. Jahisar Sinaga (Alm) dan Korlina Br. Saragih (Almh)
Latar Belakang

Baca Juga: Jadi Investor Medan Zoo, Raffi Ahmad: Rencananya Ada Wahana Salju

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya