Comscore Tracker

Medan Investment Business Forum, Pertemukan UMKM dan Calon Investor

Berikut jadwal acara untuk besok dan lusa

Medan, IDN Times - Pemko Medan resmi membuka acara Medan Investment Business Forum & Expo (MIBFE) 2022 di Focal Point Mall Medan, Kamis (24/11/2022) siang. Kegiatan ini menjadi wadah tempat bertemunya pelaku UMKM di Kota Medan dengan calon investor.

Para pelaku UMKM memamerkan usahanya dan setiap calon investor bisa bertanya tentang prospek bisnisnya. Lewat kegiatan ini, Pemerintah Kota Medan mendorong UMKM naik kelas dengan pemasaran melalui aplikasi berbasis teknologi dan komunikasi yang diharapkan dapat meningkatkan daya saing.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Medan Ferri Ichsan mengatakan ajang memperkenalkan produk-produk UMKM yang unggul dan terbaik di Kota Medan ini akan berlangsung selama tiga hari, hingga Sabtu (26/11/2022). 

"Pengunjung dan lembaga permodalan bisa bisa tatap muka. Bisa menjelaskan prospek pemasaran bisnisnya. Target kita minat dulu, setelah acara bisa komunikasi kembali," jelas Ferri.

1. Membuka pelayanan pengurusan izin usaha

Medan Investment Business Forum, Pertemukan UMKM dan Calon InvestorVespa listrik di pamerkan di Medan Investment-Business Forum dan Expo 2022 Focal Point Mall Medan (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Selain itu, di MIBFE 2022 ini juga membuka pelayanan pengurusan izin usaha dari DPMPTSP Kota Medan, sertifikat halal dari pihak BPOM. 

"Ini kita lakukan untuk mendukung terciptanya legalitas usaha. Target kita sebanyak-banyaknya mengurus izin. Kegiatan ini juga memberikan edukasi melalui narasumber tentang pengembangan usaha dan pemasaran di era digital saat ini. Sehingga dapat mendorong pertumbuhan UMKM lebih baik lagi ke depannya," ungkap Ferri.

Dari berbagai produk pameran yang dipajang para pelaku UMKM, Ferri tertarik dengan pajangan vespa listrik. Ia dan para pejabat Pemko Medan sempat lama berbincang dan mengulik seputar vespa listrik milik Victory Project ini.

Menurutnya Expo kewirausahaan ini diikuti oleh 10 pelaku usaha. Disamping dapat memperkenalkan bisnisnya pelaku usaha juga dapat mengikuti Business Matching atau kemitraan usaha. Kesepuluh usaha ini merupakan sampel dari delapan klaster usaha yakni, pangan, sandang, kesehatan, manufaktur, material maju, desain dan teknologi informasi serta jasa.

“MIBFE 2022 ini diharapkan menjadi pemicu dan inspirasi bagi pelaku usaha baru untuk menjalankan bisnis. Disamping itu perbincangan di sesi Business Talk juga diharapkan memberikan wawasan dan pemahaman pengunjung tentang dunia bisnis. Misalnya ide bisnis mikro bisnis berbasis fotografi dan literasi, pentingo social media strategi hingga perizinan dan akses pemodalan,” terangnya.

2. Pemko Medan mendorong pemodal untuk berinvestasi di sektor UMKM

Medan Investment Business Forum, Pertemukan UMKM dan Calon InvestorKepala DPMPTSP Kota Medan Ferri Ichsan (kanan) dan Plt Asisten Ekbang Mansyur Syah (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Plt Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Kota Medan Mansursyah menyampaikan hal itu pada pembukaan Medan Investment Business Forum & Expo di Focal Point Mall Medan, Kamis (24/11).

"Dalam beberapa tahun berakhir ini perkembangan teknologi pada sistem pembayaran telah menciptakan bisnis modul baru, memunculkan pemain baru dan membuat perubahan kebiasaan konsumen serta telah pula mengubah struktur ekonomi dan keuangan di berbagai negara," kata Mansur.

Ia berharap kegiatan ini memberikan kontribusi bagi kemajuan UMKM di Kota Medan dan mendorong pertumbuhan ekonomi di kota besar nomor tiga di Indonesia itu.

"UMKM tidak boleh tertinggal dan beragam bentuk pelatihan pemanfaatan teknologi digital harus kita upayakan secara maksimal," tutur Mansur.

Pemkot Medan terus mendorong pemodal untuk berinvestasi dalam sektor UMKM serta memberikan kontribusi dalam pertumbuhan dan kemajuan UMKM di kota ini.

"Para pemodal terus kita gerakkan untuk membantu UMKM," kata Mansur.

3. Berikut jadwal acara untuk besok dan lusa

Medan Investment Business Forum, Pertemukan UMKM dan Calon InvestorMedan Investment Business Forum & Expo (MIBFE) di Focal Point Mall Medan (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

MIBFE ini diisi berbagai kegiatan diantaranya Expo Kewirausahaan, Business Talk, Coaching dan Business Matching.

Berikut Jadwalnya:

Jumat 25 November 2022

Pukul 10.00.30 WIB - Business Talk: Mindset Entrepreneurship di Era Society 5.0 dan Product Lab to Market 

Pukul 15.00 WIB - Seminar: Urus Izin Sendiri Itu Mudah

Pukul 16.00 WIB - Business Talk: Ayo, Kita Ekspor!

Pukul 17.00 WIB - Business Talk: Bisnis Berbasis Literasi

 

Sabtu 26 November 2022

Pukul 14.30 WIB - Business Talk: Bisnis Berbasis Literasi

Pukul 15.30 WIB - Business Talk: Ide Bisnis Skala Mikro

Pukul 16.30 WIB - K-Pop Community Competition dan Cosplay Competition

Baca Juga: Mau Mengubah Hobi Jadi Bisnis, Yuk Ikuti Webinar Siberkreasi

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya